CARA MEMBUAT SEMPOL AYAM KHAS MALANG


Resep Sempol Ayam Khas Malang Sederhana Spesial Asli Enak. Sempol atau sempolan merupakan makanan berbahan dasar daging, bisa daging ayam, ikan, udang, atau daging sapi dan tepung terigu diberi bumbu sempol. Sempolan ini teksturnya lembut dan empuk di dalam dan garing renyah crunchy di luar, kalau di bali mirip dengan sate lilit Bali dan di Bandung mirip dengan cilok goreng Bandung. Nah khusus pada sempol crispy ini cara masaknya cukup dengan digoreng. Sebenarnya makanan atau masakan sempol kalau dilihat dari cara memasaknya macam-macamnya ada 2 jenis terdiri dari sempol goreng kekinian yang sedang ngehit dan sempol bakar yang sedang populer.

Foto Resep Sempol Ayam Khas Malang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sempol Ayam Khas Malang

Sejarah asal-usul mula sempol. Menurut situs Ngalam katanya tak semua penjual Sempol mengetahui bagaimana sejarahnya atau bagaimana orang mulai mengenal Sempol. Tapi ada salah satu penjual, bisa Anda temukan di pintu gerbang BSS (Brawijaya Smart School) tepatnya di sebelah gerbang BNI, yang ternyata sosok di balik Sempol. Akrab dengan nama Cak Man, dilansir dari windacarmelita.com, Yuwono menanyakan bagaimana sejarah Sempol Malang yang ternyata nama makanan ini diambil dari nama daerah tersebut, yakni desa Sempol.

Penjual Sempol bergerobak biru di sini tak hanya menjual Sempol, tapi juga menjual Pentol Korea. Dahulu, warga desa Sempol, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, pergi ke kota Malang untuk menjual cilok. Sampai pada akhirnya Cak Man berpikir ingin membuat jajanan yang unik dan menarik perhatian, berbekal ide cilok goreng yang dikepal seperti mendol lalu dicelup adonan telur lalu digoreng dan dicocol dengan sambal biasa.

Sampai akhirnya Cak Man membawa jajan dari ide tersebut ke kota Malang. Saat itu, memang belum ada jajanan serupa di kota Malang. Bahkan Cak Man cukup kesusahan bagaimana memasarkannya, jarang ada yang tertarik. Nama sempol pun juga sekadar keisengan.

Tak kehilangan akal, Cak Man memanfaatkan keramaian demam anak remaja pada Korea dengan mengubah Sempol menjadi ‘Pentol Korea’. Dengan nama tersebut, banyak yang kemudian membeli bahkan berlangganan. Namun karena nama ‘Sempol’ yang terlebih dahulu dipasarkan, masyarakat pun lebih mengenalnya dengan nama ‘Sempol’.

Saat ditanya pada awal tahun 2016 lalu, Cak Man menambahi dengan, “Akhirnya sempol merambah di mana-mana. Dengan berbagai merk. Lek aku meramalkan, bentar lagi wis ada Sempol sing duwe akun Instagram dengan layanan delivery (atau mungkin wis ada). Dengan puluhan macam varian dan puluhan macam saus serta topping.”

Begitu lah ternyata sejarah Sempol Malang yang selama ini sepanjang kita memandang jalan raya selalu berjajaran rombong penjual Sempol. Mulai dari Rp500 sampai Rp1.000 bisa Anda temukan, bila daerah Timur ada Sempol favorit di perempatan Blimbing, dekat pangkalan angkutan TA (Tumpang-Arjosari). Atau di kawasan Alun-alun Batu pun juga menjadi destinasi bila ingin menikmati beberapa tusuk Sempol, begitu banyak memang dan Anda tinggal pilih saja yang mana yang ramah.

Apa itu sempol atau sempolan? Sempol atau pentol Korea adalah jajanan khas kota malang, asalnya dari gondang legi, malang selatan, Jawa Timur yang kini menyebar ke kota-kota lainnya, seperti Banyuwangi. Bahan utamanya adalah terigu dan daging Ayam atau daging ikan laut/tawar. Sempol disajikan dengan menggunakan tusuk sate atau stik bambu. Berikut aneka resepi sempol ayam khas Malang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk cemilan dikonsumsi sendiri ataupun untuk jualan usaha kuliner sempol pakai gerobak keliling komplek perumahan atau mangkal ala Abang-abang dan Mas-mas sempol.

RESEP SEMPOL AYAM


BAHAN :
  • 250 gram daging ayam
  • 250 gram tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 3 butir bawang putih
  • 1/3 sdt lada bubuk
  • 1sdt garam
  • 1/3 sdt kaldu bubuk
  • Air secukupnya kurleb 80 ml
CARA MEMBUAT SEMPOL AYAM :
  1. Giling daging dan bawang putih.
  2. Siapkam tepung sagu beri garam.lada dan kaldu bubuk.
  3. Masukkan adonan daging ke dalam tepung tambahkan telur aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni, sampai kalis, paskan rasa dan siap dibentuk.
  4. Ambil tusuk sate lilitkan adonan ke tusuk sate yang telah disediakan.
  5. Didihkan air, masukkan sempol kedalam air mendidih rebus sampai mengapung, angkat dan tiriskan.
  6. Siapkam kocokan telur. Balur sempol dengan telur lalu goreng hingga matang.
  7. Sajikan dengan cocol saus sambal atau disajikan dengan tambahan mayonaise. Semuanya tergantung kreatifitas dan kreasi Anda saja.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SEMPOL AYAM KHAS MALANG