CARA MEMBUAT SATE LILIT IKAN TUNA KHAS BALI

Resep Sate Lilit Ikan Tuna Khas Bali Sederhana Spesial Pedas Mantap Asli Enak. Sate lilit tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan irisan potongan daging kecil-kecil ukuran kotak dan ditusuk dengan tusukan sate, sate lilit menggunakan daging yang sudah dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu sate khas Bali, lalu dililitkan ke tusuk sate yang terbuat dari bambu atau batang sereh, pada umumnya menggunakan daging ikan laut dan ikan darat atau ikan kolam air tawar seperti ikan tuna, ikan tongkol, tenggiri, kakap, nila, patin, ikan lele atau daging ayam namun ada juga pakai daging sapi, tahu untuk versi halal, sedangkan untuk sate lilit versi haram yakni pakai daging babi, daging penyu. Agar daging bisa menempel dengan baik, tusukan sate yang digunakan juga berukuran lebar. Kebanyakan menggunakan tusuk sate dari bambu berbentuk pipih ada dijual di pasar-pasar tradisional sampai swalayan dan supermarket ketimbang buat tusuk sate sendiri. Variasi lain, sate lilit menggunakan batang sereh sebagai pengganti tusukan sate. Dengan menggunakan batang sereh, sate jadi lebih harum aromanya. Sate lilit dengan batang sereh atau serai bisa ditemui di restoran dan hotel berbintang, dengan penataan yang cantik dan terlihat lebih berkelas.

Foto Resep Sate Lilit Ikan Tuna Khas Bali Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sate Lilit Ikan Tuna Tusuk Sereh

Sate lilit gurih yang ada di Bali dan berasal dari daerah kota Denpasar kebanyakan menggunakan ikan tuna karena harganya lebih murah dibanding ikan lainnya, seperti ikan tenggiri. Selain itu mungkin karena ikan tuna mudah didapat di pantai sekitar pulau Bali. Sate lilit ayam juga ada sering dijumpai pada acara-acara hajatan di bali dan di pada menu catering maupun restoran dan rumah makan, bahkan banyak juga dijajakan oleh ibu-ibu dipinggir jalan atau pedagang kaki lima, bersama dengan plecing kangkung, serombotan sayur, sambal matah, tipat cantok, dan es daluman. Bahkan ada sate lilit daging penyu di daerah Sanur.

Berbeda dengan di Lombok sate lilit di rumah makan khas Lombok di Denpasar menggunakan daging sapi, yaitu sate lilit daging sapi. Sate lilit daging menggunakan daging sapi dicampur kelapa parut. Adapun aneka kreasi olahan sate lilit bakar ini ada yang namanya sate lilit goreng, nanti pada artikel selanjutnya akan dibahas di blog carabuatresep.blogspot.com ini. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sate lilit ikan tuna bumbu bali pedas sajian sedap lengkap dengan cara bikin sendiri dengan mudah dan praktis di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis. Sate lilit paling enak dimakan dengan nasi putih panas atau lontong tipat baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi, rumah makan atau restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SATE LILIT IKAN TUNA BALI


BAHAN :
  • 500 gram ikan tuna, dihaluskan dengan garpu
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 3 sdm santan instan siap pakai seperti santan kara atau (santan kental)
  • Batang serai sebagai tusuk sate
  • Minyak goreng secukupnya
BUMBU HALUS :
  • 12 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar (jika suka pedas bisa ditambah, jika kurang suka pedas bisa dikurangi sesuai selera)
  • 1 cm kunyit
  • 1cm kencur
  • 2 cm lengkuas
  • 5 butir kemiri yang sudah disangrai
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT SATE LILIT IKAN TUNA KHAS BALI :
  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng. Dinginkan sebentar.
  2. Canpurkan ikan, bumbu halus, bawang merah goreng, dan santan. Aduk rata.
  3. Ambil sekepal adonan, lilitkan atau tempelkan pada tusuk sate bambu atau tusuk sereh. Padatkan. Supaya tidak lengket, olesi telapak tangan dengan sedikit minyak goreng. Bisa juga melapisi tangan dengan sarung tangan plastik saat membentuk adonan. Tetap oleskan sedikit minyak pada permukaan plastik.
  4. Kukus sate selama 30 menit. Bisa dibakar langsung di bara api, tapi lebih enak jika mengukusnya terlebih dahulu agar semua adonan matang dan tidak amis.
  5. Bakar sejenak sate di atas api. Untuk mendapatkan efek gosong (karena kalau cuma dikukus saja warnanya agak pucat), saya membakarnya sebentar di atas api kompor atau pakai alat pembakar sate.

CARA MEMBUAT SATE LILIT IKAN TUNA KHAS BALI