CARA MEMBUAT NASI BRIYANI


Resep Nasi Biryani Kambing Khas India dan Arab Timur Tengah Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi briyani yang mana masakan ini di buat dari nasi khusus yang biasa di sebut dengan basmati. Perbedaan antara nasi biasa dengan nasi basmati ini adalah terletak pada besar dan panjang nasinya, untuk nasi basmati mempunyai tekstur yang lebih besar dan panjang dari pada nasi biasa. Di indonesia ada beberapa masakan nasi briyani paling lezat dan enak, sebut saja resep nasi briyani Farah Quinn, NCC, nasi briyani Bekasi, dll.

Menurut situs Wikipedia penyebutan nama nasi ini bermacam-macam ada yang menyebutnya Briyani atau Biryani (Nasta'liq: بریانی ; Bahasa Hindi: बिरयानी) atau "Biriani" / "Beriani" adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras "Basmati") yang dimasak dengan rempah-rempah lalu bisa ditambah dengan sayuran, atau daging kambing pada nasi briyani kambing, daging ayam pada nasi biryani ayam, atau nasi briyani daging sapi. Makanan ini berasal dari Asia Selatan (India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka). Di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan kata nasi (nasi biryani ala India, nasi briyani ala Arab dan Timur Tengah, nasi briani, atau nasi beriani). Nama hidangan ini ("Biryani") berasal dari Bahasa Persia, beryā(n) (بریان) yang berarti goreng atau panggang. Pada zaman dulu, beras digoreng di dalam Minyak samin sebelum direbus di dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang. Baca Juga : Resep Nasi Minyak

Foto Resep Nasi Biryani Kambing Khas India dan Arab Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Nasi Biryani Kambing Muda (Baby Goat)

Biryani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci terpisah. Setelah beras setengah matang, beras dicampur dengan kaldu berbumbu, ditutup rapat di dalam panci, dan dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap kedalam nasi. Biryani berbeda dengan Pullao (pilaf) (nasi bumbu) dalam cara memasak. Kalau memasak Pullao, beras digoreng bersama rempah-rempah di dalam minyak samin, dan langsung dimasak hingga matang. Baca Juga : Resep Nasi Lemak

Pelancong dan pedagang dari Bangsa Persia memperkenalkan cara memasak biryani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.

Bahan-bahan nasi briyani atau biryani yaitu rempah-rempah yang dipakai sewaktu memasak biryani, termasuk di antaranya: minyak samin, kacang-kacangan, jintan, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang bombay, dan bawang putih. Nasi biryani yang asli memakai safron. Baca Juga : Resep Nasi Uduk

Nasi biryani yang "non-vegetarian" (bukan untuk pemakan sayuran saja) menggunakan daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging domba, atau udang. Hidangan sampingan bisa berupa "Chutney Dahi", korma, kari, sayur terung, atau Telur rebus.

Aneka Macam - Macam Jenis Nasi Biryani atau Briyani
  1. Biryani Awadh. Biryani adalah makanan khas Lucknow. Biryani lucknow (biryani awadh) tergolong pakki biryani (pakki berarti matang). Daging dan nasi dimasak terpisah sebelum dicampur di dalam panci tertutup dan dipanggang. Daging ditumis lebih dulu bersama rempah-rempah di dalam minyak samin sebelum dimasak di dalam air hingga matang. Air kaldu disisihkan untuk dipakai memasak beras yang sudah digoreng sebentar di dalam minyak samin. Setelah matang, nasi dicampur bersama daging di dalam panci (handi) tertutup dan dimasak di atas api kecil.
  2. Biryani Hyderabad. Nasi biryani yang "non-vegetarian" (bukan untuk pemakan sayur saja) Hyderabad dikenal di seluruh India. Daging yang dipakai adalah daging kambing atau daging ayam. Terkadang, Potongan kentang dimasak bersama daging. Berdasarkan cara memasak, biryani dibagi menjadi dua jenis pakki biryani dan kacchi biryani. Daging untuk pakki biryani dimasak terpisah hingga matang sebelum dimasak dengan beras di dalam panci tertutup. Daging untuk kacchi biryani (kacchi berarti mentah) hanya direndam di dalam campuran yogurt dan rempah-rempah sebelum diletakkan di dasar panci dan dimasak bersama nasi yang sudah direbus hingga setengah matang.
  3. Biryani Iran. Biryani di Isfahan. Di Iran, biyani dibuat di Isfahan memakai daging kambing panggang. Paru-paru kambing direbus dan dicincang terpisah sebelum dipanggang di atas wajan khusus. Hidangan ini dimakan bersama roti yang disebut nan-e taftton atau nan-e sngak. Dalam bentuknya yang asli, biryani disebut dam pukht (dan-pukhtak) yang berarti dimasak dengan dikukus dalam bahasa Persia. Di Iran, hidangan ini lebih umum disebut dum pukht daripada biryani.
  4. Biryani Malabar. Nasi biryani ayam dari daerah Malabar Utara dikenal di luar Malabar sebagai biryani malabar. Ciri khas biryani malabar tidak telalu banyak rempah, namun dimasak dengan cara dum pukht. Biryani malabar konon diperkenalkan di Kerala oleh pedagang dari Timur Tengah. Biryani malabar biasanya dimakan bersama raita berisi bawang bombay dan tomat. Minuman sewaktu makan biryani malabar adalah teh lemon yang disebut suleimani.
  5. Biryani Sindh/Lahore. Biryani sindh adalah variasi biryani Pakistan. Biryani pakistan terutama biryani yang memakai daging ayam adalah makanan populer di Karachi dan Lahore. Biryani ayam ala Pakistan sangat mirip dengan biryani Lahore, namun memasukkan unsur-unsur biryani Sindh seperti pemakaian kentang.
  6. Biryani Sri Lanka. Daging yang dipakai adalah daging ayam, sapi, atau kambing. Di Sri Lanka, biryani populer di kalangan penduduk beragama Islam. Hidangan sampingan sewaktu makan nasi biryani di Sri Langka adalah acchar, kari kacang mete, dan sambol daun mint.
  7. Tahiri. Versi "vegetarian" (pemakan sayur) nasi biryani disebut Tahiri. Hidangan ini populer sebagai masakan rumah di India dan Pakistan. Di Bangladesh, Tehri berarti biryani yang memakai daging. Biryani Tahiri ini biasanya tidak pakai daging dan biasa hanya pakai kentang untuk pengganti daging. Biryani versi ini biasanya untuk umat Hindu yang tidak makan dagin-dagingan.
  8. Biryani di Asia Tenggara. Biryani (danpauk) di Yangon. Di Myanmar, biryani disebut danpauk, danbauk or danpauk htamin. Semuanya berasal dari bahasa Persia, dam pukht. Beras yang dipakai bukan beras basmati, melainkan beras khusus yang ditanam di dalam negeri. Bahan-bahan biryani berupa daging ayam, kacang mete, yogurt, kismis, kacang-kacangan, cengkeh, kayu manis, safron, dan daun salam koja. Biryani dihidangkan bersama salad irisan bawang bombay dan mentimun. Di Yangon terdapat rumah makan berantai yang secara khusus menyediakan nasi biryani. Di Thailand, biryani dipopulerkan oleh komunitas muslim Thai yang menyebutnya khao mok. Daging yang dipakai adalah daging ayam, daging sapi, atau daging kambing. Baca Juga : Resep Nasi Kuning

Sedangkan untuk nasi dari biryani ayam atau briyani kambing atau daging sapi ini di masak menggunakan paduan rempah-rempah seperti misalkan saja kunyit, lada, merica dan juga kuah khusus untuk biryani. Biasanya masakan india yang satu ini dipadukan antara nasi basmati dengan daging, seperti misalkan saja daging kambing, ayam atau bisa juga di ganti dengan menu vegetarian. Berikut kumpulan aneka resepi nasi briyani khas Arab India sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan usaha nasi briyani atau briyani komplit di rumah makan, warung makan, bahkan restoran sebagai menu andalan. Baca Juga : Resep Nasi Kebuli





RESEP NASI BRIYANI


BAHAN :
  • 400 gram beras yang panjang, rendam 1 jam
  • 300 gram daging paha kambing, potong-potong atau bisa diganti daging ayam pada biryani ayam
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 butir kapulaga, belah 2 bagian
  • 4 butir cengkeh
  • 1 buah pekak
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1/4 sdt adas manis
  • 1/4 sdt jinten
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 sdm garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1.000 ml air
  • 100 ml yoghurt
  • 50 gram kismis untuk taburan
  • 2 sdm bawang goreng untuk taburan
  • 50 gram kacang mede goreng untuk taburan
  • 2 sendok makan mentega asin untuk menumis
CARA MEMASAK NASI BRIYANI :
  1. Panaskan mentega. Tumis bawang bombay, bawang putih, kapulaga, cengkeh, pekak, dan jahe sampai harum.
  2. Masukkan daging kambing. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan adas manis, jinten, pala bubuk, garam, merica bubuk, dan kunyit bubuk. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai daging empuk dan air tinggal setengahnya. Angkat.
  3. Tambahkan beras dan yoghurt. Aduk rata. Pindahkan ke dalam wajan atau pinggan tahan panas dan tutup dengan alumunium foil.
  4. Panggang di dalam oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 45 menit sampai matang.
  5. Sajikan dengan taburan kismis, kacang mede, dan bawang goreng untuk 6 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT NASI BRIYANI