CARA MEMBUAT POTATO GRATIN MAKANAN BALITA


Resep Potato Gratin Makanan Balita Sederhana Spesial Asli Enak. Potato gratin dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus tanpa oven dengan tehnik memasak gratin. Apa itu gratin? nanti akan dijelaskan secara lengkap dan tuntas, tas, tas, tas. Makanan ini sangat baik dan bergizi serta cocok untuk makanan balita sehat (bayi lima tahun) ya bisa dijadikan inspirasi sebagai makanan bayi umur 5 tahun ke atas. Jangankan balita orang remaja dan orang dewasa juga doyan menyantap menu makanan simple ini apalagi kalau dibuat dan dihidangkan secara gratis tanpa membayar. Jadi potato gratin ini masih termasuk kreasi resep masakan olahan kentang (potato) yang lezat.

Foto Resep Potato Gratin Makanan Balita Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Potato Gratin Makanan Balita

Gratin atau Au Gratine adalah suatu teknik memasak yang menyajikan suatu jenis masakan (baik yang dipanggang maupun tidak), dengan cara memarut (grate, in english atau dalam bahasa inggris) dan membuat efek kecoklatan (agak gosong) di bagian atas sajian tersebut dengan remah-remah atau potongan-potongan (crumb).

Crumb pada gratin bisa bermacam-macam jenis, antara lain: keju parut (biasanya menggunakan keju parmesan atau keju cheddar) dan roti. Adapun bahan-bahan lain yang digunakan biasanya juga dipotong atau diiris tipis (sebagian orang malah memarut kasar, atau memotong dengan teknik julienne/korek api). Teknik ini pertama kali diperkenalkan di Perancis, bukan prapatan Ciamis ya tapi France. Yang terkenal hingga saat ini adalah Potato Gratin/ Kentang Gratin. Pertama kali dibuat oleh seorang chef terkenal dari Perancis dan disajikan sebagai hidangan utama. Awalnya, kentang gratin hanya terdiri dari kentang yang diiris tipis, krim, keju gruyere, dan telur. Namun, pada perkembangannya, banyak bahan-bahan yang ditambahkan untuk memperkaya cita rasa makanan itu sendiri.

Sebenarnya kita juga mengenal banyak makanan yang dibuat dengan teknik gratin ini, antara lain makaroni panggang yang dibuat dengan taburan keju diatasnya, potato gratin recipe with milk panggang atau kukus. Jadi, gratin itu menunjuk kepada cara menyiapkan atau memasak suatu makanan. Dan yang jelas, sebagian bahan utama yang digunakan harus diparut terlebih dahulu. Berikut resepi potato gratin makanan balita sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis banget.

RESEP POTATO GRATIN


BAHAN :
  • 1 sdm mentega
  • 1/4 buah bawang bombay ukuran kecil, iris tipis
  • 50 gram daging sapi cincang
  • 10 lembar daun bayam, cincang
  • 2 sdm krim kental atau bisa no cream
  • 50 ml susu cair
  • 50 gram keju cheddar jenis cepat leleh, parut
  • 1 buah kentang, kupas, potong setebal 1/2 cm, kukus
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • 1/8 sdt pala bubuk
CARA MEMASAK POTATO GRATIN :
  1. Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan daging sapi dan bayam. Tumis hingga daging matang.
  2. Olesi loyang individual dengan mentega. Bagi kentang dan tumisan daging-bayam menjadi 1/3 bagian.
  3. Susun semua bahan secara berurutan. Taburi merica dan pala di tiap lapisannya. Taburi keju di lapisan teratas.
  4. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C hingga keju meleleh dan kecokelatan (20 menit). Angkat.
  5. Sajikan hangat.
TIPS & TRICKS :
  • Gunakan cetakan alumunium foil minu yang kini sudah banyak dijual di pasaran, atau buat di loyang pyrex dalam beberapa ukuran, dan simpan untuk sesi makan selanjutnya.
  • Daging sapi bisa diganti dengan bahan alamiah, seperti daging ayam yang diolah sebagai ragout campur sayuran, dll.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT POTATO GRATIN MAKANAN BALITA