CARA MEMBUAT TIRAMISU GREEN TEA CAKE


Resep Tiramisu Green Tea Cake Sederhana Spesial Asli Enak. Kue tiramisu teh hijau ini merupakan cake yang lembut dan empuk sehingga menjadi hidangan penutup makan malam pada pesta makan malam sangat cocok untuk dihidangkan. Tiramisu yang dipadu dengan green tea powder atau bubuk teh hijau matcha ini rasanya sangat mantap dan nikmat sekali karena kesegrannya.

Menurut situs Wikipedia. Tiramis├╣ (Tirames├╣) adalah kue keju khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini merupakan hidangan penutup yang dimakan dengan sendok, sehingga digolongkan ke dalam hidangan "al cucchiaio" ("dengan sendok").

Foto Resep Tiramisu Green Tea Cake Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tiramisu Green Tea Cake

Kue atau cake ini tidak dibuat dari adonan dan tidak dipanggang kedalam oven yang ada hanya tiramisu kukus yang sedang ngehits dan trend di Bandung. Bahan dasarnya adalah biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Biskuit disusun dan dilapisi dengan krim kocok sebelum didinginkan di dalam lemari es supaya bentuk kue tidak hancur sewaktu dihidangkan.

Ciri khas kue ini adalah perpaduan tekstur kue yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Biskuit yang disebut biskuit Savoiardi, telur ayam, gula, kopi, dan bubuk kakao adalah bahan utama bagi resep asli tiramisu. Menurut resep aslinya, kue ini berbentuk bundar, dan tidak dicampur minuman beralkohol (rum, anggur Marsala, atau konyak) karena awalnya dibuat untuk anak-anak dan orang tua.

Sejarah asal-usul mula dan pencipta tiramisu cake sering menjadi bahan perdebatan baik di dunia maya online maupun di dunia fana offline, tapi diperkirakan sebagai kue penemuan baru. Tiramisu tidak disebut-sebut dalam literatur kuliner hingga tahun 1983. Dalam buku La marca gastronomica terbitan tahun 1998, Fernando dan Tina Raris menulis bahwa tiramisu adalah kue penemuan baru. Walaupun demikian, keduanya menyebut bahwa resep tiramisu mirip dengan resep kue hidangan penutup yang dimuat di buku masak Yunani. Selain itu, Fernando dan Tina Raris mengutip artikel yang menyebut tiramisu diciptakan di kota Treviso pada tahun 1971.

Berbagai literatur kuliner, termasuk majalah kuliner Vin Veneto terbitan tahun 1981, Giuseppe Maffioli dan Annibale Toffolo menyebut ahli kue Roberto Linguanotto (Loly Linguanotto) dari rumah makan "Le Beccherie" di Treviso sebagai pencipta tiramisu. Kisah lain mengatakan kue ini berasal dari kota Siena. Sejumlah ahli kue mengatakan tiramisu dibuat sebagai penghormatan bagi Cosimo III yang datang mengunjungi kota Siena. Berikut resepi tiramisu teh hijau/ijo (green tea tiramisu cake) lengkap dengan cara bikin sendiri mudah dan praktis di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP TIRAMISU GREEN TEA BOGASARI


BAHAN - BAHAN :

BAHAN SPONG GREEN TEA :

BAHAN A :
  • 100 gram terigu Segitiga Biru
  • 25 gram green tea powder
BAHAN B :
  • 320 gram telur
  • 150 gram gula Kastor
  • 1 gram garam
  • 8 gram emulsifier
BAHAN C :
  • 30 gram palmia margarin cair
BAHAN CREAM TIRAMISU :
  • 80 gram Gula Kastor
  • 30 gram air
  • 120 gram kuning telur
  • 100 gram gula halus
  • 10 gram gelatine leaves
  • 250 gram mascarpone
  • 500 gram whipping cream
  • 10 gram green tea sirup
BAHAN GREEN TEA SIRUP :
  • 125 gram air
  • 60 gram gula kastor
  • 10 gram green tea bubuk
CARA MEMBUAT TIRAMISU GREEN TEA :

Cara Membuat 1 :
  1. Kocok bahan (A) dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
  2. Ayak bahan (B), kemudian masukan kedalam adonan di atas secara bertahap dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Masukkan bahan © secara bartahap hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan kedalam loyang yang telah dialasi kertas.
Cara Membuat 2 :
  1. Panaskan gula dan air hingga mendekati warna karamel (120?C) lalu masukan gelatin (yang sudah direndamin air es) & kocok kuning telur hingga mengental, lalu tuangkan larutan di atas ke dalam adonan kuning telur sambil diaduk dengan kecepatan tinggi hingga adonan hangat.
  2. Masukkan mascarpone dan aduk hingga tercampur rata dengan kecepatan randah.
  3. Masukkan whipping cream dan aduk hingga rata dengan menggunakan spatula lalu tambahkan green syrup.
  4. Siap digunakan.
Cara Membuat 3 :
  1. Aduk gula dan air hingga larut, lalu masukkan green tea dan aduk hingga rata
CARA PENYAJIAN TIRAMISU GREEN TEA :
  1. Siapkan ring ukuran 16 x 16 cm, lalu letakan sponge green tea di bagian bawah dan basahi dengan green tea syrup.
  2. Tutup permukaannya dengan cream tiramitsu lalu letakan spong green tea atasnya dan basahi kembali dengan greean tea syrup.
  3. Tutup kembali dengan cream tiramitsu hingga tertutup rata lalu simpan didalam freezer hingga mengeras.
  4. Lepaskan dan ring, potong kotak ukuran 4 x 4 cm, hias bagian atasnya dengan cream tiramitsu, green tea bubuk.
  5. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TIRAMISU GREEN TEA CAKE