CARA MEMBUAT TAHU ISI GORENG PEDAS GeHu


Resep Tahu Isi Goreng Renyah Crispy Alias GeHu Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Orang Sunda Bandung menyebut makanan goreng-gorengan ini dengan GeHu (taoge tahu) walaupun terkadang penjual suka menipu dengan isi bihun dan wortel atau isi sayur kol tetap saja disebut Gehu. Mang Gehu na 10 pas dimakan kok isinya beda, hehe. Pada umum dulu di Bandung orang menjual Gehu, tahu isi taoge pada perkembangannya munculah aneka kreasi olahan tahu isi ini menjadi banyak varian dan variasi. Sedangkan untuk variasi tahu isi lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya. So tungguin aja.

Foto Resep Tahu Isi Goreng Renyah Crispy Alias GeHu Asli Enak
Gambar Tahu Isi Goreng Renyah Crispy Alias GeHu

Tahu isi adalah makanan tahu goreng isi atau aneka jajanan goreng-gorengan tahu goreng yang diberi isi dengan adonan bumbu kemudian siap digoreng. Untuk Aneka isi ada banyak macam-macamnya, pada umumnya isi toge, tapi ada juga dijumpai tahu isi sayuran lain, seperti isi sayur wortel dan kol, ada juga tahu isi dicampur dengan bihun, mie, pentol, resep tahu isi bakso, udang, isi telur puyuh, daging, kornet, sosis, isi cabe/cabai rawit biasa disebut isi mercon, dll. Semua itu tergantung selera termasuk untuk selera pedas jika suka campur saja cabai pedas kedalam adonan isian atau ke adonan tepung crispynya jadilah tahu isi hot jeletot atau Gehu Hot Jeletot bikin mata melotot. Tips agar renyah kulitnya bisa menggunakan adonan tepung crispy. Kalau saya suka tahu isi yang lembut dan empuk dengan menggoreng sebentar tahu kuningnya lalu digoreng dengan api kecil makan sama cabe rawit ijo maknyus.

Jika kita perhatikan cara pembuatan tahu isi ini berbeda-beda sesuai selera masing-masing. Tahu yang digunakanpun terkadang berbeda, Ada yang menggunakan tahu kuning yang digoreng sebentar, ada yang menggunakan tahu putih langsung diberi isi, dan ada juga yang menggunakan sisa tahu sumedang atau tahu yang telah digoreng terlebih dahulu kemudian dikerok isinya lalu diisi. Begitu juga dengan isi semakin kesini semakin berkembang ada yang sudah beri cabai pedas didalam tahu munculah tahu isi pedas. Berikut resepi tahu isi goreng (GeHu) sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk jualan atau untuk usaha pakai gerobak ala Abang-abang.





RESEP TAHU ISI PEDAS


BAHAN :
  • 12 bh tahu kulit bentuk segitiga, kerok dan sisihkan isinya
  • 2 bh wortel potong bentuk korek api
  • 2 sdm kecambah/toge/taoge
  • 2 bh bawang putih haluskan
  • 1 sdm saus tiram
  • Tepung terigu secukupnya
  • 1 bh telur
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Garlic powder secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
CARA MEMBUAT TAHU ISI :
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan irisan wortel dan isi kerokan tahu
  2. Tambahkan garam, saus tiram, merica dan air, tumis sampai matang
  3. Setelah matang, matikan api masukkan kecambah, sisihkan
  4. Masukkan isi tahu ke dalam tahu yang telah dikeruk sampai penuh, sisihkan.
  5. Campur tepung, telur, garam dan garlic powder
  6. Tambahkan air ke dalam campuran tersebut hingga berbentuk cairan kental
  7. Masukkan tahu yang telah diisi ke dalam cairan campuran tepung
  8. Goreng dalam minyak panas.
  9. Sajikan hangat/panas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TAHU ISI GORENG PEDAS GeHu