CARA MEMBUAT TAHU BAKSO KUKUS UNTUK JUALAN

Resep Tahu Bakso Kukus Isi Daging Sapi dan Ayam Sederhana Spesial Khas Ungaran Asli Enak Untuk Jualan. Aneka kreasi olahan tahu memang banyak variasinya, termasuk tahu bakso isi ekonomis harga murah meriah ini namun laris manis dijual karena rasanya yang lezat dan gurih dengan tekstur yang lembut dan empuk. Tahu bakso terdiri dari tahu bakso kukus dan tahu bakso goreng. Jenis tahu yang digunakan paling lembut dan empuk menggunakan tahu kopong atau tahu Jawa, kalau menggunakan tahu Sumedang bisa saja tapi kurang mantap dan maknyus.

Foto Resep Tahu Bakso Kukus Isi Daging Sapi dan Ayam Sederhana Spesial Khas Bandung Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak
Gambar Tahu Bakso Kukus Bandung

Tahu bakso adalah tahu isi bakso daging makanan yang banyak ditemukan di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, meski asal usul makanan itu memang belum diketahui secara pasti, namun banyak yang beranggapan bahwa tahu bakso dibawa oleh pedagang dari Tionghoa China.

Jadi Selain terkenal dengan lumpianya yang khas, Kota Semarang juga terkenal dengan tahu baksonya. Tahu bakso adalah makanan khas Semarang berupa tahu yang didalamnya berisi campuran antara tepung dan daging sapi yang dibentuk memanjang atau segitiga. Namun sekarang, ada pula produsen tahu bakso yang menggunakan bahan isian tanpa daging sapi, seperti pakai makanan seafood ikan, ikan tuna, pakai udang, kepiting, ayam ataupun dicampur (mix).

Puluhan sentra industri dan penjualan tahu bakso terdapat di Kabupaten Semarang, antara lain Tahu Bakso Woning di Jalan Kakap Raya, Sebantengan, Ungaran Barat dan Tahu Bakso Bu Yatmi di Jalan Kepodang III/15 A Ungaran Timur dan Bu Pudji.

Tahu bakso Ungaran biasanya berbentuk persegi panjang, namun tak jarang yang berbentuk segitiga dengan bahan dasar tahu yang diisi daging giling, seperti halnya proses pembuatan bakso. Tahu bakso sangat nikmat disajikan dalam bentuk goreng maupun direbus dengan kuah daging.

Perbedaan tahu bakso dan bakso tahu. Tahu bakso Semarang, yang cara masaknya hanya digoreng atau dikukus, dimakan bersama cabe rawit ijo.

Ternyata masih banyak yang tidak tahu kalau tahu bakso khas ungaran atau semarang ini beda cara makan dan penyajiannya dengan bakso tahu yang umumnya di Bandung, banyak yang mengira disajikan dengan kuah. Bakso tahu Bandung biasanya terdiri dari bakso tahu siomay kukus dan bakso tahu goreng disingkat Batagor cara penyajiannya bisa dengan kuah saos kacang dan perkembangannya ada juga dengan kuah bakso. Bakso tahu Bandung biasanya menggunakan bahan campuran ikan untuk isian baksonya.

Bentuk mirip hanya saja kalau tahu bakso khas Semarang adalah tahu yang diisi bakso dengan kompsisi 70% daging bakso, daging bakso dimasukkan ke dalam tahu, cara penyajiannya digoreng atau dikukus dan dimakan dengan cabe rawit seperti gorengan. Sedangkan bakso tahu yang banyak di Bandung, tahunya kecil dan diisi daging bakso sedikit saja dan pengajiannya seperti bakso pada umumnya dengan kuah.

Cara membuatnyapun sangat mudah dan praktis yaitu setelah campuran daging, tepung dan penyedap rasa dicampur jadi satu. Lalu adonan tersebut dimasukkan kedalam tahu, yang sebelumnya telah dibelah pinggirnya. Kemudian goreng hingga matang dan warnanya berubah kecoklatan. Tahu bakso sendiri, merupakan makanan khas warga Semarang. Hampir disetiap warung makan, di Semarang selalu meyediakan tahu bakso sebagai kudapannya. Bahkan di kawasan dalam kampus Universitas Diponegoro, Tembalang, banyak mahasiswa yang berjualan tahu bakso. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tahu isi bakso daging sapi giling kukus ala CaraBuatResep (CBR) lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka tahu bakso kukus, goreng dan panggang.





RESEP TAHU BAKSO KUKUS


BAHAN :
  • 50 buah tahu kopong/tahu jawa
  • 500 gram daging sapi giling
  • 200 gram daging ayam giling
  • 250 gram tepung kanji/tapioka
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 3 sdm bawang putih goreng
  • 4 siung bawang putih, diulek halus
  • 2 batang daun bawang,diiris halus
  • Garam, penyedap rasa secukupnya
  • 1 sdm merica bubuk
  • 2 buah telur
BAHAN PELENGKAP :
  • Cabai rawit ijo/saos sambal sesuai selera
CARA MEMASAK TAHU BAKSO KUKUS :
  1. Tumbuk bawang merah dan bawang putih goreng hingga halus.
  2. Campurkan daging sapi, daging ayam, tepung kanji, telur, bawang merah dan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, bawang putih yg sudah diulek, daun bawang, merica, garam dan penyedap rasa aduk sampai tercampur rata.
  3. Belah tengah tahu kopongnya kemudian isi dengan adonan baso dengan ujung pegangan sendok biar lebih mudah hingga terisi penuh,lakukan hingga adonann habis
  4. Tata tahu baso kedalam kukusan yg sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu hinga habis. Kukus kira kira 30 menit hingga matang.Angkat dan sajikan selagi panas bersama cabai rawit/saos sambal.
  5. Selamat mencoba.
TIPS & TRICKS :

Metode Cara Menghaluskan Daging Pada Adonan Bakso, yaitu :
  • Adonan bakso dapat dibuat dari campuran daging yang telah dihaluskan, Masako® Rasa Sapi, baking powder, tepung tapioka, dan seledri. Ada beberapa cara untuk menghaluskan daging yaitu :
  • Menggunakan Pisau Dan Spatula. Caranya adalah dengan menghaluskan daging cincang dengan bantuan pisau lalu tambahkan es batu berukuran kecil kemudian campur hingga halus dan rata dengan spatula atau alat pengaduk lainnya.
  • Menggunakan Blender. Caranya adalah dengan memasukkan es batu yang berukuran kecil dan daging ke dalam blender, kemudian nyalakan blender hingga adonan menjadi halus. Es batu yang digunakan harus berukuran kecil agar proses menghaluskan daging cincang lebih mudah.
  • Menggunakan Food Processor. Caranya adalah dengan memasukkan es batu (berukuran kecil hingga sedang) dan daging ke dalam food processor lalu nyalakan alat tersebut pada kecepatan penuh hingga adonan menjadi halus.
  • Es batu berfungsi untuk menghambat proses pemasakan pada daging akibat panas yang ditimbulkan oleh tangan, blender, atau food processor (menjaga suhu tetap stabil). Selain itu, es batu berfungsi untuk menjaga agar tekstur bakso lebih stabil (tidak lembek).

CARA MEMBUAT TAHU BAKSO KUKUS UNTUK JUALAN