CARA MEMBUAT KUE SUS KERING KEJU

Resep Kue Sus Kering Keju Crispy Renyah Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Khas Bandung Kartika Sari Asli Enak. Bahasa Belandanya Soes. Kue Soes ini sangat populer di Bandung baik itu kue sus basah maupun kue sus kering mini ukuran kecil dan kue sus goreng rasa gurih asin manis lezat.

Foto Resep Kue Sus Kering Keju Mudah dan Praktis Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak
Gambar Kue Sus Kering Keju Sederhana

Menurut situs Wikipedia Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Perancis untuk kol).

Pelopor kue sus aneka rasa dan toping yaitu SUS ZHU, kue sus zhu yang empuk, lembut dan enak. Kue sus basah lezat kue soes merdeka, dan kue soes kering keju sedap yaitu kue soes kering kartika. Kemudian ada kue sus kering aneka rasa dan aneka isi, seperti kue sus kering isi coklat, isi durian/duren, rasa ayam spesial, dll.

Berbeda dengan adonan kue bolu dan cake, adonan kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula. Adonan kue sus (pâte à choux) dibuat dari menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air yang dimasak bersama margarin atau mentega hingga mendidih. Telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. Adonan kue sus tidak menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. Alat pengocok kue (mixer) hanya digunakan agar kue mengembang lebih bagus sewaktu dipanggang.

Oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas sekali (220 derajat Celsius). Panas oven mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan membentuk kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan membuat rongga di bagian dalam kue. Adonan yang hampir serupa dengan kue sus digunakan untuk membuat kue-kue sejenis, misalnya: croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.

Beberapa modifikasi kue sus juga terus berkembang, sehingga bentuk kue sus tidak lagi bulat, ada juga kue sus yang sudah dibentuk menjadi bentuk Angsa. Ada resep kue sus kering juga ada resep kue sus basah aneka isi dan ada kue sus goreng juga, tergantung cara penyajiannya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih soes kering keju yang lembut dan empuk takaran sendok dan gram lengkap dengan cara mudah bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis ala toko kue soes.

RESEP KUE SUS KERING KEJU


BAHAN :
  • 100 gram margarin
  • 250 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram keju cheddar parut, dicincang
  • 3 butir telur
  • 1 sdt baking powder
CARA MEMBUAT KUE SUS KERING KEJU :
  1. Rebus margarin, air, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai rata. Nyalakan api kecil. Aduk sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok. Tambahkan keju parut, dan baking powder sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot dengan spuit kerang di atas loyang yang dioles margarin.
  4. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius15 menit. Turunkan suhunya 130 derajat Celsius. Oven lagi 35 menit sampai matang dan kering.
  5. Sajikan untuk 260 gram.

CARA MEMBUAT KUE SUS KERING KEJU