CARA MEMBUAT BAJIGUR JAHE BANDUNG SPESIAL


Resep Bajigur Jahe Bandung Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman panas Bajigur jahe asal Sunda, Bandung, Jawa Barat masih termasuk minuman hangat/panas makanya sering disebut juga dengan wedang bajigur, tapi ada juga di jogja namanya bajigur jogja. Bajigur ini adalah minuman tradisional Indonesia asli, biasanya di jual sama abang2 pakai gerobak biasanya ada temannya si Bandrex atau resep bandrek, singkong rebus, resep getuk lindri atau getuk singkong, ubi rebus, kacang rebus, pisang rebus, pokoknya jajanan makanan serba rebus atau kukus. Kebanyakan dijual pada malam hari walaupun ada penjual yang jualan pada siang hari tapi jumlahnya sedikit karena kurang laku biasanya. Aneka kreasi dan variasi dari varian bajigur ini adalah bajigur durian.

Foto Minuman Hangat Bajigur Enak Istimewa
Gambar Bajigur Jahe

Jika ditempat teman-teman berada belum ada yang jual minuman hangat bajigur jangan berkecil hati Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri, resepnya sederhana lo. Siapa tahu Anda bisa jadi pedagang bajigur di kota Anda yang dingin itu. Jika di daerah panas jual aja di malam hari pasti banyak yang mampir buat nongkrong.

Khasiat dan Manfaat minum bajigur selain menghangatkan badan atau tubuh yang terletak pada kandungan jahe dan rempah-rempahnya seperti kayu manis, yaitu dapat menghangatkan badan pada saat kondisi cuaca dingin atau turun hujan, selain itu kandungan kopi pada bajigur ini juga cocok untuk anda yang Ingin begadang, karena bajigur merupakan cara lain dari “ngopi”.Manfaat lain jahe dalam bajigur ini tak hanya sebagai penghangat, tetapi juga bisa untuk membantu anda yang sedang mengalami migrain, mual, mabuk, pilek, sariwan, masuk angin, sakit perut, gangguan pencernaan, mengatasi susah BAB, dan lain-lain. Siap minum bajigur? bisa membuatnya sendiri atau beli bajigur instan siap seduh atau cari tukang bajigur keliling.





RESEP BAJIGUR JAHE


BAHAN :
  • 75 gram gula merah atau gula aren, disisi halus
  • 25 gram jahe, dibakar, kupas, dan memarkan
  • 1/2 liter santan, didapat dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan wangi
  • 3 cm kayu manis
  • 1 sendok teh kopi bubuk
CARA MEMBUAT BAJIGUR SUNDA :
  1. Rebus santan, jahe, daun pandan dan kayu manis, diaduk terus jangan berhenti diatas api kecil hingga mengeluarkan aroma wangi dan harum.
  2. Masukkan kopi bubuk asli/instan dan gula merah, Aduk-aduk hingga rata, pastikan gula merah larut didalamnya, cicipi kalau kurang manis tambahkan gula merah jangan gula pasir. Ini kan minuman kesehatan jadi bebas gula pasir.
  3. Sajikan minuman bajigur untuk kehangatan di musim hujan yang dingin.
  4. Boleh tambahkan serutan kelapa muda kedalam minuman jika suka (opsional)


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BAJIGUR JAHE BANDUNG SPESIAL