CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI KECOMBRANG PEDAS


Resep Sambal Matah Bali Kecombrang Honje Pedas Sederhana Spesial Asli Enak Banget. Sambal matah khas bali ini adalah jenis sambel mentah dadakan yang enak terbuat dari bahan dan bumbu bali rasanya pedas namanya juga sambal dari bahan cabai rawit merah boleh campur cabai hijau/ijo, biasanya sebagai bumbu pelengkap makan ikan bakar, ayam bakar, bebek bengil, sate lilit, ayam goreng, ayam betutu dan ikan goreng, Jika ingin membuat sambal yang mudah dan praktis. Cobalah sambal matah ini. Hanya dengan potongan bawang, cabai, dan terasi serta di campur dengan siraman air jeruk nipis, membuat sambal yang ini terlihat praktis dan bercitarasa pedas yang khas.Ternyata sambal matah khas manado juga ada tapi menurut saya lebih enak sambal matah dari bali. Kata Chef Degan, Nova Eliza dan Diah Didi pasti sambal matah buatan Mereka.

Foto Sambal Matah Enak dari Bali
Gambar Sambal Matah Pedas

Dari sekian banyak ragam kuliner di Indonesia, pasti memiliki masakan sambal masing-masing sesuai rasa khazanah lokal. Termasuki dari Bali, yaitu terdapat sambal unik yang bernama Sambal Matah. Sambal yang satu ini cukup unik sebab tidak digerus dan disajikan dalam keadaan semi-mentah. Biasanya jika berkunjung di rumah makan khas Bali, sambal matah ini menjadi sajian pelengkap untuk menyantap makanan serba bakar atau goreng resep ikan bakar khas Jimbaran ataupun ayam, bebek bengil, itik sawah, dan sate lilit bakar.

Sambal ini tediri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk nipis sambil diremas-remas. Lalu diberi minyak, maka jadilah Sambal Matah khas Bali

Jika ingin segera membuatnya gunakan resep sederhana dan mudah dibawah ini boleh menambahkan kecombrang jika suka, kalau saya lebih mantap pakai kecombrang, jika berhasil buatlah komentar dibawah artikel ini.





RESEP SAMBAL MATAH


Foto Sambal Matah Khas Bali Kering Super Pedas
Gambar Sambal Matah Khas Bali Pedas

BAHAN :
  • 5 butir bawang merah, diiris halus atau dirajang
  • 1 siung bawang putih, diiris halus atau dirajang
  • 8 buah cabai rawit merah, diiris halus atau dirajang boleh campur cabe ijo
  • 1/4 sendok teh terasi bakar
  • 1 lembar daun jeruk, diiris halus
  • 1 batang serai, bagian putihnya saja, diiris halus atau dirajang
  • 1 buah kecombrang (pilihan) atau dirajang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok makan minyak kelapa asli, dipanaskan
CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI :
  1. Aduk rata bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk nipis sambil diremas-remas pakai tangan bersih.
  2. Tambahkan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Aduk rata.
  3. Sajikan sambal matah bumbu bali untuk 2 porsi dengan ayam bakar, sate lilit, dan ikan bakar.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI KECOMBRANG PEDAS