CARA MEMBUAT MARTABAK BANGKA MANIS ASLI

Resep Martabak Bangka Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Martabak manis atau terang bulan khas Bangka isi coklat meises sangat khas dan spesial yang memang rasanya manis dan teksturnya lembut dan empuk sekali, karena memiliki banyak mentega dan susu kental manis, selain itu menggunakan ragi khusus bukan martabak tanpa ragi yang kurang mengembang dan teksturnya kurang lembut dan empuk. Di Bali martabak manis disebut Terang Bulan sebab bentuknya bulat mirip bulan purnama atau bulan setengah jika dilipat.

Foto Martabak Manis Asli Bangka
Gambar Martabak Manis Bangka

Katanya orang-orang Bangka martabak manis Bangka yang paling enak dengan tekstur lembut dan empuk tidak keras adalah martabak bangka jaya muara karang, 888, anugrah koga, dll. Martabak Bangka atau martabak manis Bangka juga bisa dibuat tanpa ragi, karena memang ada resep martabak manis Bangka tanpa ragi, resep martabak manis Bangka pakai teflon, dan martabak Bangka mini ukuran kecil.

Baca Juga : Resep Martabak Manis

Aneka rasa isi martabak bangka manis istimewa banyak variasi dan kombinasinya mulai dari rasa keju, kacang tanah, tapai atau tape beras ketan hitam, coklat keju, coklat meises, isi selai stroberi atau strawberry, rasa kombinasi campur, dll. Sekarang tidak sulit menemukan penjual atau pedagang martabak bangka ini hampir di seluruh kota besar di Indonesia ada seperti di jakarta, bandung, semarang, jogja/yogyakarta, surabaya, dan denpasar - bali, kurang tahu kalau di sulawesi manado, makassar dan pulau kalimantan semoga aja ada penjualnya, jika tidak ada bisa praktekkan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi martabak manis khas Bangka sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung martabak aneka rasa dan isian Ala Abang-abang pinggir jalan.

RESEP MARTABAK BANGKA


BAHAN :
  • 4 sendok makan yeast atau ragi
  • 1800 cc atau 2 butir air perasan kelapa (santan)
  • 1 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dan dipanaskan dengan santan hingga hangat
  • 1 1/2 kilogram tepung terigu
  • 8 butir telur ayam
  • 65 gram soda kue atau baking powder
  • 1 1/2 sendok teh vanilla sebagai penambah aroma
  • 1/2 kilogram mentega
  • 150 gram kacang tumbuk kasar yang digoreng tanpa minyak (sangrai)
  • 150 gram butiran coklat meises
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1/4 kilogram gula pasir taburan topping
CARA MEMBUAT MARTABAK MANIS BANGKA ENAK ASLI BANGKA :
  1. Campurkan ragi atau yeast ke dalam campuran larutan santan dan garam. Kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit dan tunggu hingga adonan mengeluarkan buih atau busa dan kemudian sisihkan.
  2. Ambil sebuah mangkuk atau wadah yang cukup besar untuk mencampur terigu dan telur. Setelah keduanya dicampurkan, kemudian mulailah mengaduknya secara perlahan-lahan.
  3. Tuang larutan santan yang tadi disisihkan kedalam adonan terigu dan telur secara perlahan-lahan lalu masukkan soda kue, vanilla dan 4-5 sendok gula pasir atau sesuai selera. Aduk hingga adonan terlihat mengental kemudian sisihkan.
  4. Panaskan cetakan loyang atau teflon yang digunakan sebagai alat untuk mematangkannya. Gunakan loyang yang biasa digunakan untuk memasak martabak, kemudian olesi dengan sedikit mentega dan panaskan dengan api sedang.
  5. Tuang adonan secara perlahan-lahan kedalam loyang dengan ketebalan kurang lebih 1 centimeter. Biarkan adonan mulai mengeras dan hampir matang.
  6. Lalu taburkan kacang tanah, gula pasir, susu kental manis dan coklat meises kemudian lipat martabak dan sapukan mentega diatas permukaannya dengan menggunakan kuas atau pisau.

CARA MEMBUAT MARTABAK BANGKA MANIS ASLI