CARA MEMBUAT KUE BOLU 8 JAM KHAS PALEMBANG

Resep Bolu Kue 8 Jam Khas Palembang Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Asal mula kue 8 jam manis, legit dan enak rasanya ini adalah asli sumatera selatan dengan ibu kota palembang. Sejarah nya lebih dikenal dengan sebutan kue bolu lapan jam atau kue delapan jam. Cara memasak bolu kukus enak ini sangat unik dikukus dengan menggunakan kayu bakar di dalam wajan yang besar dimasukkan air kemudian masukan loyang dengan adonan yang sudah dibikin sebelumnya. Lebih unik lagi untuk membuat cake bolu ini menggunakan 22 butir telur bebek ditambah 2 butir telur ayam, bukan kue 8 telur, telor diambil kuning dan putih telurnya, itu saja menurut resep versi aslinya yang saya tanyakan langsung dengan Wak Cak saya yang memang asli Dusun Babatan Lintang Empat lawang, Sumatera Selatan SUMSEL yang sekarang telah berumur kurang lebih 90 tahun.

Foto Kue 8 Jam Enak
Gambar Kue 8 Jam Palembang

Aneka Resep Bolu dan Kue Khas Palembang, Sumatera Selatan banyak macam-macam dan jenisnya, antara lain :
Bolu Lapan jam istimewa ini memang dimasak selama kurang lebih delapan (8) jam dengan menjaga apinya. Rasa Bolu ini manis, lembut berair dan enak sekali, namun tidak tahan jadi agak susah dibawa keluar kota dalam jangka waktu yang lama paling lama 1-2 hari saja. Jadi sangat sulit dijadikan oleh-oleh apalagi dijual online. Untuk yang tinggal di Jakarta, bandung, yogyakarta, semarang, surabaya, denpasar - bali dan kota-kota besar lainnya tidak perlu khawatir karena bisa mencoba buat sendiri. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kue lapan jam khas Palembang dan khas Jambi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis di bawah ini untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis buka aneka kue lebaran Idul Fitri.

RESEP KUE 8 JAM


BAHAN :
  • 22 butir telur bebek
  • 2 butir telur ayam
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 50 gram margarin, cairkan
  • 420 gram gula pasir
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Bolu Pandan

CARA MEMBUAT BOLU 8 JAM ENAK :
  1. Kocok telur dan gula pasir hingga larut tetapi jangan terlalu mengembang, saring. Tuang susu kental manis, aduk. Lalu masukkan terigu dan vanili, aduk rata. Terakhir masukkan margarin cair, aduk rata.
  2. Tuang adonan ke dalam loyang persegi ukuran 20×20 cm yang telah diolesi margarin. Kukus selama 8 jam dengan api kecil hingga matang.
  3. Setelah matang keluarkan dari kukusan lalu dinginkan.
  4. Potong-potong kue sesuai selera.
  5. Sajikan.

TIPS & TRICKS :

  • Sebelum memasukkan loyang ke dalam kukusan, didihkan airnya terlebih dahulu lalu kecilkan api. Agar permukaan kue tidak mengembung. Jika air kukusan berkurang, sebaiknya tambahkan dengan air panas sedikit demi sedikit agar tidak kering.
  • Bungkus tutup dandang dengan kain agar uap air tidak menetes pada kue yang dikukus.
  • Sedangkan untuk membuat kue ini biasanya dimasak di atas kayu bakar karena memerlukan waktu yang relatif lama.
  • Jika pengukusan kurang dari 8 jam, kue tidak akan terasa kenyal dan justru akan mudah hancur karena belum terbentuk adonan yang kuat.

CARA MEMBUAT KUE BOLU 8 JAM KHAS PALEMBANG