CARA MEMBUAT KUE BOLU KOJO KHAS PALEMBANG

Resep Kue Bolu Kojo Khas Palembang Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Bolu Kojo juga disebut kue kojo atau lapis kojo atau kue koja atau bolu kemojo warna ijo dengan rasa manis legit, dan dikenal juga dengan kue 8 telur masaknya bisa dengan cara dipanggang dsebut bolu kojo panggang maupun dikukus disebut bolu kojo kukus. Bisa juga dibuat tanpa pandan nanti warnanya tidak hijau melainkan menjadi warna kuning. Mungkin yang bikin bolu ini Wong Sekojo yo. Kalau di Garut namanya bolu koja khas Garut berwarna kuning begitu juga dengan bolu koja Bandung, Solo, dll. Bolu koja Garut lebih hemat telur hanya menggunakan 3 telur dan bahan lainnya lebih hemat dan ekonomis serta harganya bisa lebih murah meriah apalagi dengan membuat kue bolu kojo mini ukuran kecil.

Foto Resep Kue Bolu Kojo Khas Palembang Sederhana Spesial Lembut Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak
Gambar Bolu Kojo Khas Palembang Asli

Bolu kojo adalah salah satu makanan khas Palembang yang selalu tersaji pada saat acara-acara adat. Makanan yang biasa di sajikan sebagai sebagai sarapan pagi ataupun teman minum teh saat sore hari sangat menggugah selerah dengan rasa manisnya. Memang ciri khas dari kue bolu original dari Palembang, Sumatera Selata, SUMSEL ini rasanya yang teramat manis sekali karena penggunaan komposisi gula yang banyak terkadang menggunakan susu kental manis yang lezat.

Cara penyajian kue ini adalah dengan membawanya utuh ke hadapan tamu, lalu diris secara tipis-tipis, kira-kira sekitar 1 cm. Tipisnya irisan ini dikarenakan rasa kue ini sangat manis sekali bukannya pelit, sehingga memakannya dengan sedikit saja sudah sangat cukup. Seperti dikutip dari situs kuekhaspalembang.com dan komunitas hobi masak NCC, ala Farah Quinn. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bolu kojo khas Palembang, Sumatera Selatan (SUMSEL), Khas Bangka, Jambi, takaran gelas dll sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue bolu koja hijau atau kue 8 telur aneka rasa durian.

RESEP BOLU KOJO KHAS PALEMBANG


Foto Bolu Lapis Kojo Palembang, Jambi, Bangka Sajian Sedap Sekejap Lezat dan Legit
Gambar Lapis Bolu Kojo

BAHAN :
  • 8 butir telur
  • 2 gelas gula
  • 2 gelas terigu
  • 1 gelas santan kara instan atau santan kental
  • 1 gelas air perasan pandan dan suji
  • Mentega

Baca Juga : Resep Engkak Ketan

PERALATAN :
  • Mangkok
  • Loyang
  • Cetakan kue

Baca Juga Artikel : Resep Kue Bolu Maksuba

CARA MEMBUAT KUE BOLU KOJO KHAS PALEMBANG :
  1. Kocok telur terlebih dahulu.
  2. Masukkan gula sambil diaduk hingga rata. Setelah gula hancur, masukkan air perasan daun pandan, daun suji dan santan kental.
  3. Masukkan terigu secara perlahan, kemudian aduk rata.
  4. Panaskan loyang, dengan api kecil.
  5. Oleskan sedikit mentega ke tiap cetakan.
  6. Tuangkan adonan sedikit demi sedikit ke tiap cetakan. Tutup loyang.
  7. Intip dan angkat jika sudah matang dan berwarna kecoklatan.
  8. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE BOLU KOJO KHAS PALEMBANG