CARA MEMBUAT RAJMA MASALA KHAS PUNJAB INDIA

Resep Sambal Kacang Merah (Rajma Masala) Red Kidney Beans Curry Khas Punjab, India Sederhana Spesial Asli Enak. Resep dan cara membuatnya gampang. Pertama kita siapkan bahan-bahannya antara lain: bahan utama yakni kacang merah (red bean) atau kacang jogo, bawang merah besar, chopped, tomat, chopped, pasta bawang putih-jahe, cabe bubuk (powder), ketumbar bubuk, kunyit bubuk, dan jinten bubuk. Jadi rajma masala artinya dalam bahasa Indonesia adalah sambal kacang merah kuah kari kental dan ada juga yang menyebutnya rajma curry recipe yang artinya adalah kari kacang merah.

Foto Resep Sambal Kacang Merah (Rajma Masala) Red Kidney Beans Curry Khas Punjab, India Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sambal Kacang Merah (Rajma Masala)

Menurut situs Wikipedia. Rājmā atau Rāzmā adalah hidangan vegetarian yang populer, yang berasal dari anak benua India, terdiri dari kacang merah dalam saus kental dengan banyak rempah-rempah asli India, dan biasanya disajikan dengan nasi. Meskipun kacang merah tidak berasal dari anak benua India, itu adalah bagian dari diet teratur di India Utara. Hidangan itu dikembangkan setelah kacang merah merah dibawa ke anak benua India dari Meksiko. Satu porsi 100 gram kacang Rajma rebus mengandung sekitar 140 kalori, 5,7 gram protein, 5,9 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat. Rajma chawal adalah kacang merah yang disajikan dengan nasi.

Beberapa Rajma terbaik dikatakan tumbuh di negara bagian India utara Himachal Pradesh, Uttrakhand dan wilayah Jammu di Jammu dan Kashmir. Rajma Chawal disajikan dengan chutney of Anardana adalah hidangan terkenal Peerah, sebuah kota di distrik Ramban, Jammu & Kashmir, dan Assar / Baggar di distrik Doda, Jammu & Kashmir. Lebih jauh, Rajma dari Lembah Chinta di distrik Doda, tidak jauh dari kota Bhaderwah provinsi Jammu dikatakan termasuk yang paling populer. Ini lebih kecil dalam ukuran daripada kebanyakan Rajma yang tumbuh di dataran dan memiliki rasa yang agak manis.

Kombinasi Rajma dan beras umumnya terdaftar sebagai favorit utama India Utara dan Nepal. Rajma disiapkan dengan bawang, bawang putih dan banyak rempah-rempah di India, dan merupakan salah satu makanan pokok di Nepal.

Rajma Masala adalah hidangan yang sangat populer di negara bagian India Utara. Cara Punjabi memasak Rajma Masala adalah dengan merendamnya semalaman di dalam air, rebus menggunakan pressure cooker dan campur bhuna masala yang dibuat dengan bawang cincang, tomat yang dihaluskan, jahe, bawang putih, dan lingkungan rempah-rempah segar termasuk jintan, ketumbar, dan bubuk cabai.

Rajma Roti Chawal adalah makanan pokok yang populer di bagian selatan Orrisa, dikonsumsi oleh "aam aadmi" (orang-orang kelas pekerja).

Kalau Anda lagi diet tapi tetap mau jajan, Rajma Masala atau rajma curry bisa jadi alternatifnya nih. Karena terbuat dari biji-bijian maka sangat cocok untuk Anda yang lagi melakukan program penurunan berat badan. Makanan yang terbuat dari kacang merah ini biasanya disantap bersama roti dan chapati. Kalau Anda penasaran bagaimana rasanya, Anda nggak perlu jauh-jauh ke India Punjab, cukup buat aja sendiri. Anda tinggal merebus kacang merah kering kemudian ditumis bersama bumbu yang terdiri dari jinten, garam masala, kunyit, dan bubuk cabai. Kalau capek ngulek bisa pakai pasta bumbu halus instan siap pakai. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi rajma masala/sambal kacang merah dari Punjab India sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis masakan dan makanan India siapa tau ingin buka rumah makan India bahkan restoran India Punjab.

RESEP RAJMA MASALA


BAHAN :
  • 1 1/2 cangkir kacang merah (rajma)
  • 2 buah bawang bombai
  • 3 siung bawang putih atau bisa pakai pasta bumbu halus jahe dan bawang putih siap pakai ginger garlic paste instan
  • 3 sdt jahe parut
  • 1 gram tomat atau bisa pakai pure tomat (tomato puree instan)*
  • 1 sdt ketumbar bubuk (coriander powder instan)
  • 1 sdt jinten/jintan bubuk (cumin powder instan)
  • 1 sdt bubuk cabai/cabe (red chilli powder instan)
  • 1 lembar daun salam (bay leaf)
  • 1 sdt garam masala
CARA MEMASAK RAJMA MASALA :
  1. Rebus kacang merah hingga setengah matang angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan air dan kacang merah dan bahan lainnya. Masak hingga kacang merah matang dan kuah mengental. Angkat.
  3. Sajikan.
KETERANGAN :

* Tomat purée adalah cairan kental yang dibuat dengan memasak dan menyaring tomat. Perbedaan antara pasta tomat, tomat purée, dan saus tomat adalah konsistensi; pure tomat memiliki konsistensi yang lebih tebal dan rasa yang lebih dalam dari saus. Definisi tomat purée bervariasi dari satu negara ke negara.

CARA MEMBUAT RAJMA MASALA KHAS PUNJAB INDIA