CARA MEMBUAT KOREAN CREAM CHEESE GARLIC BREAD

Resep Korean Cream Cheese Garlic Bread yang Viral dan Kekinian di Pertengahan Tahun 2020 ini. Dalam bahasa Indonesia bisa disebut roti bawang putih krim keju ala Korea. Jajanan Korea kekinian ini memang lagi hits di Indonesia. Bayangkan nikmatnya roti hangat mekar mengembang yang lembut dan empuk dengan aroma garlic butter yang wangi, harum dan gurih serta dengan isian cream cheese filling yang creamy dan sedikit manis. Perpaduan yang unik tapi nikmat membelai lidah, begitulah kira-kira deskripsi tentang si Roti Korea yang sedang viral ini. Secara singkat disebut Korean garlic bread kalau indonesianya roti Korea atau roti bawang putih ala Korea yang dipadu cengan cream cheese atau krim keju.

Foto Resep Korean Cream Cheese Garlic Bread yang Viral dan Kekinian di Pertengahan Tahun 2020 ini
Gambar Korean Cream Cheese Garlic Bread

Ya, belakangan ini timenline social media seperti instagram dan facebook dipenuhi status kemunculan roti besar dengan isian cream cheese dan balutan garlic butter yang shiny. Tampilannya pasti bikin kita menelan liur begitu melihatnya, namanya Cream Cheese Garlic Bread yang merupakan salah satu jajanan hits ala kaki lima di Korea sana (Korean Street Food).

Seperti jajanan Korea lainnya yang ngehit lebih dulu inkigayo sandwich, lalu ada dalgona coffee, cream cheese garlic bread ini menambah panjang deretan makanan Korea yang mampu mencuri perhatian banyak orang termasuk mecuri hati mereka yang punya hobby bereksperimen di dapur.

Menurut seorang Food Blogger Mba Sashy dari Bali bahwa resep milik chef Nahel Karkera lah yang paling mendekati tekstur roti yang diinginkan seperti aslinya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi Korean cream cheese garlic bread yang lembut dan empuk takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko roti Korea.

RESEP KOREAN CREAM CHEESE GARLIC BREAD

(Roti Cream Cheese dan Bawang Putih ala Korea)

BAHAN ROTI :
  • 400 gram terigu protein tinggi (saya pakai cakra kembar 350 gram untuk adonan , 50 gram untuk menguleni)
  • 1 sachet ragi instant (saya pakai merk fermipan)
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 200 ml susu cair (saya paki full cream)
  • 2 butir telur ukuran kecil
  • 3 sdm butter / mentega suhu ruang
BAHAN CREAM CHEESE FILLING :
  • 250 gram cream cheese
  • 30 gram gula pasir
  • 50 ml whipped cream cair (bisa diganti whipped cream bubuk + susu dingin)
BAHAN EGG WASH / PENCELUP :
  • 100 gram mentega dicairkan (saya pakai salted butter)
  • 2 sdm bawang putih cincang
  • 2 sdm parsley cincang
  • 1 butir telur
  • 1/2 cup susu cair
BAHAN OLESAN :
  • Melted butter secukupnya
CARA MEMBUAT KOREAN CREAM CHEESE GARLIC BREAD :
  1. Cara Membuat Untuk adonan roti: dalam mixing bowl masukkan terigu yang sudah diayak sebanyak 350 gram, sisakan sekitar 50 gram untuk proses menguleni. Buat lubang di bagian tengah tepung, masukkan ragi instant.
  2. Tambahkan gula pasir dan garam.
  3. Kemudian masukkan susu cair, aduk hingga ragi, gula, garam dan susu tercampur.
  4. Tambahkan 2 butir telur ukuran kecil, aduk dengan whisk hingga rata kemudian gunakan spatula atau tangan untuk mencampur bahan cair dengan tepung.
  5. Setelah tercampur rata, uleni sebentar hingga agak kalis. Hasilnya memang adonan yang basah dan lengket tapi jangan khawatir. Taburi sedikit tepung setiap kali menguleni.
  6. Tambahkan mentega secara bertahap sambil terus diuleni hingga kalis.
  7. Setelah adonan kalis, letakkan dalam wadah tutup dengan cling wrap atau kain lembab untuk proses ferementasi. Biarkan adonan mengembang sampai 2 kali lipat ukurannya, sekitar 45 sampai 60 menit.
  8. Setelah mengembang, kempeskan adonan. Uleni kembali sekitar dua menit lalu bentuk silinder dan bagi menjadi 8 atau 10 bagian tergantung size yang diinginkan.
  9. Bulatkan setiap adonan membentuk bun, letakkan diatas loyang berlapis kertas roti, beri jarak untuk fermentasi. Diamkan kurang lebih sekitar 15 menit.
  10. Nyalakan oven 175 derajat celcius, setelah panas panggang adonan roti selama 20 -25 menit hingga matang. Hasilnya roti dengan kulit yang agak kering dan teksture yang firm / kokoh.
  11. Kocok jadi satu semua adonan cream cheese filling kemudian masukkan piping bag dan simpan dalam kulkas.
  12. Dalam wadah lain campurkan semua bahan pencelup jadi satu, aduk rata dengan menggunakan whisk.
  13. Belah roti yang sudah dibuat sebelumnya membentuk bunga dengan 3 irisan menyilang.
  14. Beri isian filling cream cheese di setiap bagiannya, kemudian celupkan bagian atasnya kedalam adonan pencelup. Tiriskan dan susun diatas loyang beralas kertas roti.
  15. Panggang dengan suhu 175 derajat celcius selama 10 sampai 15 menit. Keluarkan dari oven kemudian olesi permukaannya dengan melted butter. Korean Cream Cheese Garlic Bread siap dinikmati.
  16. Sajikan.

CARA MEMBUAT KOREAN CREAM CHEESE GARLIC BREAD