CARA MEMBUAT ES KOPI SUSU GULA AREN KEKINIAN ALA BARISTA

Resep Es Kopi Susu Gula Aren Kekinian Sederhana Spesial Asli Enak Ala Barista. Gunakan gula aren legit yang masih dibungkus daun kelapa. Bisa dibeli di pasar tradisional atau di toko online yang menjual gula aren. Kenapa gula aren yang dibungkus daun kelapa? karena gula aren yang masih dibungkus daun kelapa rasa dan aromanya tetap masih original.

Foto Resep Es Kopi Susu Gula Aren Kekinian Sederhana Spesial Asli Enak Ngehits
Gambar Es Kopi Susu Gula Aren Kekinian

Fenomena di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta Jogja, Palembang, Medan, Padang, Denpasar Bali, Makassar, Bengkulu, Jambi, dll, minuman es kopi susu kekinian ini sedang banyak digemari oleh remaja ABG sampai orang dewasa. Es kopi susu gula aren tengah populer di kalangan masyarakat pecinta kopi. Selain rasanya yang segar, minuman ini juga cocok untuk menemani camilan gurih dikala bersantai. Lalu apa yang membuat minuman ini berbeda dengan es kopi susu biasa?.

Perbedaan utamanya adalah pada penggunaan susu (milk) sebagai campurannya. Jika sebelumnya es kopi susu rumahan menggunakan susu kental manis sebagai campuran kopi, saat ini es kopi susu menggunakan susu cair full cream merk apa saja, dan penggunaan gula merah atau gula aren digunakan untuk menggantikan pemanis dari susu kental manis.

Cara membuat es kopi susu gula aren atau gula merah yang sedang ngehit itu gampang banget cuma 4 bahan sangat ekonomis irit hemat bahan dan harga murah meriah karena dapat dibuat sendiri di rumah tanpa alat seduh khusus atau alat-alat mesin kopi ala cafe resto. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais coffee milk gula aren/gula merah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kopi ala barista dan kopi ala cafe, maupun restoran dan kedai kopi viral kekinian.

RESEP ES KOPI SUSU GULA AREN


BAHAN :
  • 30 ml espresso (kopi hitam tanpa ampas boleh pakai arabika atau robusta) untuk rumahan bisa pakai kopi nescafe
  • 50 gram gula aren atau 1 gula merah (boleh pakai gula aren bubuk)
  • 100 ml fresh milk atau susu UHT follow IG @carabuatresep
  • Es batu secukupnya
CARA MEMBUAT ES KOPI SUSU GULA AREN :
  1. Larutkan gula aren bubuk ke dalam air panas, jika Anda memakai gula merah, terlebih dahulu potong cincang gula merah, lalu larutkan ke dalam air panas.
  2. Panaskan susu dengan api sedang (hingga berbusa).
  3. Masukkan es batu dan gula aren cair ke dalam gelas yang sudah Anda siapkan.
  4. Setelah susu telah dingin, tambahkan susu ke dalam gelas berisi gula dan es batu.
  5. Tambahan juga 30ml espresso ke dalam gelas (letaknya diatas gelas setelah susu).
  6. Es kopi susu gula aren siap disajikan.
  7. Sajian kopi untuk 1 porsi.

CARA MEMBUAT ES KOPI SUSU GULA AREN KEKINIAN ALA BARISTA