CARA MEMBUAT HAND SANITIZER LIPI

Resep Hand Sanitizer Lipi Sederhana untuk Cegah Virus Corona COVID 19 Buatan Sendiri dengan Bahan-bahan yang Mudah di Dapat di Toko Kimia. Anda tidak perlu panik dengan langkahnya hand sanitizer di pasaran kalaupun ada harganya mahal.

Foto Resep Hand Sanitizer Lipi Sederhana Buatan Sendiri dengan Bahan-bahan yang Mudah di Dapat di Toko Kimia
Gambar Hand Sanitizer LIPI

Menurut situs LIPI. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menjelaskan salah satu cara pencegahan penyebaran virus Corona adalah dengan membersihkan tangan secara teratur memakai cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung alkohol atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Namun setelah Presiden Joko Widodo mengabarkan teridentifikasinya dua Warga Negara Indonesia yang terpapar virus Corona pada 2 Maret lalu, masyarakat kemudian memborong hand sanitizer. Hal ini menyebabkan harga cairan antiseptik ini meroket, dan stoknya habis di pasaran.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Kimia membagikan langkah-langkah pembuatan hand sanitizer sederhana. “Ketika hand sanitizer menjadi semakin langka, masyarakat bisa membuatnya sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia. Jadi masyarakat tidak perlu panik dan khawatir,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono di Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Selasa (10/3). Dirinya mengingatkan pembatan hand sanitizer tetap dalam pengawasan orang dewasa dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer sederhana adalah 50 mililter air yang berfungsi sebagai pelarut, 200 mililiter Ethanol berkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptik, satu sendok teh Carbomer untuk pengental, 33 mililiter Propylene glycol yang berfungsi sebagai pelembab, dan 3 tetes Triethanolamine yang berfungsi sebagai pengikat pH. Formula ini menghasilkan 250 mililter hand sanitizer berkadar alkohol 63 persen.

Cara pembuatannya, pertama dengan mencampurkan air dan Propylene glycol ke dalam wadah bersih (panci alumunium atau pinggan pyrex) sambil dipanaskan dan diaduk. Lalu tambahkan aCrbomer sedikit demi sedikit sampai temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur dan larut sempurna.

Proses selanjutnya adalah penambahan Triethanolamine agar campuran tersebut berubah menjadi gel. Lalu penambahan ethanol sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel. Tahap ini dilakukan tanpa proses pemanasan untuk menghindari penguapan dan pengadukan dilakukan selama kurang lebih 15 menit hingga hand sanitizer yang berbentuk gel ini siap digunakan. “Diharapkan masyarakat bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga kepanikan masyarakat terhadap penyebaran virus Corona dan kelangkaan hand sanitizer bisa teratasi,” jelas Agus. (whp/ ed. adl)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Menurut Deputi Ilmu Pengetahuan LIPI, Agus Haryono, masyarakat bisa membuat hand sanitizer sendiri dengan mengikuti resep LIPI. Bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia. Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir karena bisa membuatnya sendiri. Tentunya tetap dalam pengawasan orang dewasa atau yang sudah berpengalaman. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi hand sanitizer lipi lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis hand sanitizer atau hand wash.

RESEP HAND SANITIZER LIPI


BAHAN :
  • 50 mililiter air yang berfungsi sebagai pelarut
  • 200 mililiter Ethanol berkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptik
  • 1 sdt Carbomer untuk pengental
  • 33 mililiter Propylene glycol yang berfungsi sebagai pelembap
  • 3 tetes Triethanolamine yang berfungsi sebagai pengikat pH
* Formula dari bahan-bahan yang digunakan ini akan menghasilkan 250 mililiter hand sanitizer berkadar alkohol 63 persen.

CARA MEMBUAT HAND SANITIZER LIPI :
  1. Campurkan air dan Propylene glycol ke dalam wadah bersih (panci alumunium atau pinggan pyrex) sambil dipanaskan dan diaduk.
  2. Tambahkan Carbomer sedikit demi sedikit sampai temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur dan larut sempurna.
  3. Tambahkan Triethanolamine agar campuran tersebut berubah menjadi gel.
  4. Tambahkan Ethanol sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel.
  5. Langkah keempat (penambahan ethanol) dilakukan tanpa proses pemanasan untuk menghindari penguapan, dan pengadukan dilakukan selama kurang lebih 15 menit hingga hand sanitizer yang berbentuk gel ini siap digunakan.

CARA MEMBUAT HAND SANITIZER LIPI