CARA MEMBUAT AYAM BATOKOK LADO MUDO KHAS MINANG PADANG


Resep Ayam Batokok Lado Mudo Khas Padang Minang, Sumatera Barat Sederhana Spesial Asli Enak. Ayam Batokok? mendengar nama kuliner satu ini mungkin masih terasa asing bagi sebagian besar dari kita. Ayam batokok cabe hijau sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Minang atau Sumatera Barat. Batokok sendiri berasal dari kata “tokok” yang berarti dipukul. Arti kata ini memang benar, sebab cara membuat ayam batokok lado hijau dilakukan dengan cara memukul-mukul ayam terlebih dahulu agar menjadi pipih dan juga empuk .Orang Minang biasanya memasak kuliner satu ini dengan cara merendam daging ayam terlebih dahulu dalam bumbu dan rempah.

Foto Resep Ayam Batokok Lado Mudo Khas Padang Minang, Sumatera Barat Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Ayam Batokok Lado Ijo

Penggunaan cabe hijau tersebut juga secara otomatis membuat ayam batokok tidak terlalu pedas dibandingkan ayam balado. Selain itu, cabe hijau juga akan memberikan aroma yang khas yang akan semakin menggugah selera. Ayam batokok cabai hijau biasanya diolah dengan dua cara, yakni digoreng yang disebut ayam goreng batokok cabe ijo dan dibakar yang disebut ayam bakar batokok cabe ijo.

Baca Resep : Resep Itiak Lado Mudo

Nah, jika Anda tidak ingin repot-repot mencari rumah makan Padang yang menyediakan menu ayam batokok cabe ijo yang lembut dan empuk ini, kali ini kita bisa membuatnya di rumah agar bisa dinikmati seluruh keluarga. Namun sebelumnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ayam batokok lado mudo Padang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan Padang atau restoran Padang.

RESEP AYAM BATOKOK LADO MUDO


BAHAN :
  • 1 ekor ayam berat 1-1,2 kg, potong 4, cuci bersih & sisihkan.
  • 2 buah asam sundai (boleh ganti 1 buah jeruk nipis)
  • 2 sdm minyak kelapa + 6 sdm minyak goreng (campurkan & sisihkan)
  • Minyak goreng
Bumbu halus :
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam,kaldu bubuk secukupnya
  • 1 buah asam sundai ambil airnya (boleh ganti jeruk nipis kurangin sedikit takarannya )
CARA MEMASAK AYAM BATOKOK LADO MUDO :
  1. Lumuri ayam sambil di remas-remas dan tambahkan bumbu halus, lalu simpan di kulkas minimal 1 jam.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng ayam dengan api kecil agar matang merata, sampai ayam kuning kecoklatan & sisihkan.
  3. Siapkan cobek, haluskan cabe ijo dengan air asam sundai/ jeruk nipis, kaldu bubuk & garam, uleg kasar, lalu tambahkan bawang putih & bawang merah, uleg lagi, tes rasa dan cukup diuleg kasar saja.
  4. Kemudian, geprek ayam dengan batu ulegkan, tambahkan bagian atas ayam yang telah di geprek dengan air asam sundai / jeruk nipis dan sambal tadi.
  5. Panaskan campuran minyak kelapa & minyak goreng sebentar saja lalu tuangkan minyak di atas ayam yang sudah di beri sambal cabe ijo, tambahkan taburan bawang goreng jika ada ya moms.
  6. Ayam batokok siap di sajikan.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT AYAM BATOKOK LADO MUDO KHAS MINANG PADANG