CARA MEMBUAT PILUS KLETUK TEGAL


Resep Pilus Kletuk Khas Tegal Sederhana Spesial Renyah Asli Enak. Hampir semua orang tahu makanan atau cemilan ini bernama pilus putih mulus crispy yang berasal dari Tegal yang berbentuk bulat kecil kecil ini yang memiliki rasa yang renyah garing kriuk dan asin gurih seperti kerupuk, apalagi bila di campur dengan makanan yang berkuah tentunya akan semakin nikmat seperti bakso, mie ayam, baso aci, indomie rebus, indomie goreng, dll.

Foto Resep Pilus Kletuk Khas Tegal Sederhana Spesial Renyah Asli Enak
Gambar Pilus Kletuk Khas Tegal

Pilus dikenal dengan makanan cemilan seperti kerupuk sejenis kacang dengan bentuk bulat-bulatan kecil, sedang, besar sampai bentuk kapsul seperti pilus Palembang rasa ikan gabus atau pilus ikan yang dijual dalam bungkus plastik dan diproduksi di pabrik. Ya, faktanya pilus adalah oleh-oleh khas Tegal yang terkenal di masyarakat Indonesia karena banyaknya produsen makanan yang menjual pilus dengan "versi"nya masing-masing.

Pilus dari Tegal biasanya adalah produk rumahan "home made", terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, bawang putih dan daun kucai. Pilus asli khas Tegal tidak dipadu dengan bumbu-bumbu rasa seperti yang diproduksi oleh pabrik kacang Garuda dan tidak dijual per bungkus, tetapi dijual per kilo atau ada juga yang menjual per bungkus.

Namun seiring perkembangan jaman, pilus khas Tegal yang dikenal dengan sebagai plius tanpa kacang putih mulus mulai dimodifikasi sehingga bervariasi. Ada pilus yang memiliki berbagai rasa seperti rasa pedas, asin, keju, manis, bahkan ada variasi pilus dengan kacang goreng di dalamnya yang dikenal dengan nama pilus kacang. Karena rasanya yang gurih dan renyah krispi, pilus biasanya dinikmati bersamaan dengan soto atau mie rebus atau mie kuah yang hangat.

Pilus bisa juga sebagai hidangan cemilan saat kita minum teh jelas rasanya berbeda sekali, dan bisa juga sebagai oleh oleh /buah tangan untuk saudara dan teman. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pilus kletuk tegal renyah garing kriuk lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka pilus kemasan kiloan dan toko oleh-oleh khas Tegal.

RESEP PILUS KLETUK TEGAL


BAHAN :
  • 1/4 tepung sagu/kanji atau bisa juga pakai tepung tapioka maupun tepung terigu
  • 3 butir telur
  • Daun kucai secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT PILUS KLETUK TEGAL :
  1. Telur di masukkan kemudian di kocok hingga halus.
  2. Masukkan garam, aduk hingga rata.
  3. Kemudian masukkan tepung sagu kemudian di samapai rata.
  4. Lalu potong daun kucai kecil kecil lalu masuk ke adonan tersebut.
  5. Aduk adonan dasar tersebut sampai rata sampai adonan bisa di bentuk kecil kecil.
  6. Kemudian panaskan minyak goreng.
  7. Kemudian masukkan adonan pilus yang telah di bentuk pada penggorengan.
  8. Ingat pilus harus mengapung di minyak agar matangnya merata.
  9. Aduk pilus tersebut sampai matang dan kering.
  10. Setelah matang dan kering angkat pilus dari penggorengan dan keringkan.
  11. Masukkan pilus tanpa isi ke dalam toples agar renyahnya tahan lama dan hidangkan.
  12. Sajikan.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PILUS KLETUK TEGAL