CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO AYAM KENYAL DAN KRES

Resep Bakso Ayam Kenyal dan Kres Sederhana Spesial Asli Enak. Di Indonesia sendiri banyak macam-macam jenis pentol bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, tetelan, urat, Aci, tanpa daging, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju, dll. Begitu juga dengan bentuk pentol bakso tidak lagi bulat seperti bentuk biasa yang lazim malah ada pentol bakso kotak dan segitiga yang tak lazim. Pentol bakso daging ayam warnanya lebih putih daripada pentol bakso sapi atau daging sapi.

Foto Resep Bakso Ayam Kenyal dan Kres Mengembang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Pentol Bakso Ayam Putih Kenyal dan Kres

Pada resep baso kali ini blog Carabuatresep membagikan resep pentol bakso ayam yang kenyal dan kres namun lembut dan empuk tanpa pengawet maupun borax bisa pakai blender sendiri maupun pakai mesin giling daging ataupun pakai food processor. Pentol bakso ayam ini walaupun tanpa pengembang baking powder tetap mekar mengembang dengan hasil yang sempurna bulat dan mulus. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pentol bakso ayam 1 kg tepung atau bisa 2 kg tepung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis warung bakso, kedai bakso, rumah makan bakso maupun restoran ala cafe resto siap saji tanpa msg atau pake msg silahkan. Anda juga bisa membuat pentol bakso ayam isi cabai setan mercon, atau pentol bakso ayam tanpa isi. Selain bakso ayam kuah rebus Anda juga bisa buat bakso ayam goreng pedas.

RESEP BAKSO AYAM


BAHAN :
  • 1 kg daging ayam, tanpa tulang, digiling pakai blender atau pakai mesin penggiling
  • 50 gram tepung kanji atau tanpa tepung kanji
  • 1 butir telur atau tanpa telur
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 40 gram es batu, hancurkan atau tanpa es batu
  • 2 ltr air

Baca Juga : Cara Buat Pentol Bakso

Baca Juga : Cara Buat Bakso

Baca Juga : Cara Buat Kuah

CARA MEMBUAT BAKSO AYAM :
  1. Cara Membuat Adonan Pentol Bakso Ayam : Masukkan daging ayam yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.
  2. Jika dirasa adonan dasar bakso ayam masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk bulat atau bundar.
  3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.
  4. Cara Membentuk Pentol Bakso Ayam : Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.
  5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.
  6. Lanjutkan hingga semua adonan habis.
  7. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat.
  8. Sajikan dengan pelengkap yg komplit, seperti mie kuning, bihun, telor rebus, toge, sayur sosin atau sayur hijau/ijo, dll jangan lupa dilengkapi sambal pedas, saus dan kecap manis.

CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO AYAM KENYAL DAN KRES