CARA MEMBUAT UDANG SELINGKUH KHAS PAPUA


Resep Udang Selingkuh Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak. Uniknya kuliner Papua original ini, selain dimasak dengan cara digoreng renyah crispy garing kriuk, Udang Selingkuh kerap pula dihidangkan dengan direbus dan dibakar. Rasa manis dan gurih berpadu menjadi satu dengan aroma udang yang lebih kuat namun tetap memiliki rasa khas seperti kepiting pada bagian capitnya. Harga yang ditawarkan terbilang mahal untuk sajian lezat ini adalah sekitar Rp100.0000,- sampai Rp300.000 mahal juga ya mantap jiwa. Hal ini disebabkan keberadaan udang tersebut yang langka di pasar dan tidak tersedia di sembarang tempat.

Foto Resep Udang Selingkuh Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Udang Selingkuh Goreng Garing Kriuk

Selain cara mengolah udang selingkuh dengan cara di atas. Udang selingkuh bisa juga disajikan dengan bumbu saos tiram, saos mentega, saus asam manis pedas, maupun saos padang, layaknya masakan seafood atau makanan laut lainnya tinggal pilih sesuai seleramu. Setelah itu, bersiaplah menikmati kelezatan kuliner khas Wamena mantap yang satu ini.

Udang selingkuh adalah salah satu makanan khas Papua. Udang ”selingkuh” merupakan sebutan untuk udang air tawar yang berasal dari Sungai Baliem, Papua. Disebut selingkuh karena bertubuh udang, tetapi memiliki capit relatif besar dan kuat, layaknya kepiting seperti udang jadi-jadian.

Kandungan gizi udang selingkuh mengandung kalsium dan protein yang sangat banyak. Sehingga udang ini bisa kita kategorikan ke dalam sumber protein hewani. Tidak hanya itu, udang ini juga memiliki tingkat kandungan kalori yang sangat rendah, tercatat hanya sekitar kurang lebih 106 kalori/100gr daging udang segar. Kandungan lain yang terdapat dalam udang ini adalah mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia. Di setiap 100gr daging udang segar terdapat sekitar 54% mineral selenium, kemudian juga terdapat fosfor dikisaran 20%, besi 13%, magnesium 9%, sodium 6%, dan tidak ketinggalan juga zinc sebesar 7%. Semua takaran ini didasarkan pada kebutuhan gizi harian manusia.

Konon sejarah udang selingkuh yang berasal dari Wamena, Papua Barat merupakan hasil dari indukan udang yang ”berselingkuh” dengan kepiting. Namun sebenarnya ia adalah lobster air tawar. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi udang selingkuh khas Papua sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah masakan Papua dan restoran ala cafe resto siap saji dengan bahan baku udang selingkuh.

RESEP UDANG SELINGKUH


BAHAN :
  • Udang Selingkuh, bersihkan. Boleh ganti dengan udang jenis udang lain kalau susah mendapatkannya
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya untuk menumis
BUMBU :
  • 7 buah cabai merah, haluskan
  • 6 butir bawang merah, haluskan
  • 4 butir bawang putih, haluskan
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 buah tomat merah, cincang halus
  • 1 sdt air asam Jawa
  • Garam halus sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera
  • Penyedap rasa instan
  • Saus Bangkok (opsional)
CARA MEMASAK UDANG SELINGKUH :
  1. Panaskan minyak goreng atau margarin, masukkan udang selingkuhan.
  2. Setelah udang berubah berwarna menjadi kemerahan tandanya matang, masukkan bawang bombay, dan bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Tambahkan air asam Jawa, garam, gula, penyedap rasa dan saus bangkok secukupnya, aduk rata. Matikan api, angkat.
  4. Sajikan.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT UDANG SELINGKUH KHAS PAPUA