CARA MEMBUAT TOGE GORENG KHAS BOGOR

Resep Toge Goreng Khas Bogor Sederhana Spesial Asli Enak. Masakan sayur tauge goreng ini biasanya ditambahkan bumbu tauco pada bahan kuahnya namun begitu bisa juga dibuat tanpa tauco. Selain Bogor, Jawa Barat makanan ini juga ada di Betawi terbukti ada resep toge goreng khas Betawi yang sama-sama lezat. Di Bandung malah saya belum nemu kuliner ini. Katanya toge goreng paling enak dan terkenal yaitu buatan Ibu Hj. Omah yang dulu di depan PLN kota Bogor, lalu toge goreng Pak Abung, Pak Iwon, Pak Kodir, H. Cebro dan H. Mamad, S, Pak Rohim, Bogor Permai, Surya Kencana, dan masih banyak lagi.

Foto Resep Toge Goreng Khas Bogor Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Toge Goreng Khas Bogor Komplit


Menurut situs Wikipedia. Tauge goreng adalah hidangan vegetarian Indonesia yang bercitarasa gurih yang dibuat dengan cara menumis tauge (kecambah kacang hijau) dengan sedikit air panas, ditambah irisan tahu, ketupat atau lontong serta mi kuning, disirami saus atau kuah kental gurih yang terbuat dari oncom. Tauge goreng adalah makanan khas kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Biasanya disajikan sebagai makanan jalanan dijajakan menggunakan pikulan atau gerobak oleh pedagang kaki lima. Makanan ini adalah salah satu hidangan jajanan jalanan yang populer di Indonesia, terutama di Jabodetabek, termasuk Jakarta Betawi asli, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bahan-bahan toge goreng. Tauge goreng adalah makanan vegetarian, karena hidangan ini sama sekali tidak mengandung unsur hewani. Bahan utamanya adalah tauge, atau kecambah kacang hijau. Biasanya kecambah kacang hijau ini dimasak langsung di hadapan pembeli segera setelah pemesanan, menggunakan tungku yang sederhana. Secara teknis, tauge ini tidaklah digoreng menggunakan minyak, melainkan ditumis dengan air sedikit, atau lebih tepatnya direbus dengan sedikit air panas. Kemudian irisan tahu, mi kuning, dan irisan ketupat atau lontong ditambahkan, ditumis dengan air dan dipanaskan bersama-sama. Kemudian bahan-bahan yang sudah masak dan dipanaskan ini disirami kuah kental bercitarasa asin-gurih yang terbuat dari oncom. Kuah oncom kental ini dibuat dengan cara menumis oncom yang sudah dilumatkan menggunakan ulekan atau penumbuk, ditumis dengan memakai sedikit minyak goreng, dan ditambahi bumbu dapur, termasuk lengkuas, bawang merah, daun salam, irisan tomat, daun bawang, kucai, dan tauco (pasta fermentasi kacang kedelai), kecap manis, air jeruk nipis, dan garam.

Tauge goreng untuk dibawa pulang biasa dibungkus menggunakan daun patat yang ditumpuk bersilang, dibungkus mengerucut dan diikat menggunakan tali dari bambu.

Sejarah Toge Goreng

Sejarah asal-usul mula toge goreng di Indonesia menurut Travel Kompas. Tauge goreng atau yang lazim disebut toge goreng, hidangan khas Bogor ini ternyata memiliki sejarah yang erat dengan etnis Tionghoa China di "Kota Hujan".

Menurut pengamat sejarah Tionghoa di Bogor, Mardi Liem, dalam sepiring toge goreng bogor, hampir semuanya menggunakan istilah hokyan. Saat ia telusuri pun ternyata kemunculannya berasal dari perdagangan Tionghoa.

Mardi mengatakan mulai dari tauto atau tauco yang merupakan fermentasi kedelai, lalu mi, dan tauge, semuanya berasal dari istilah hokyan.

Saya menduga itu lahir dari pola pergaulan Tionghoa dengan Eropa. Di Eropa itu kan punya spaghetti dengan pasta tomatnya yang luar biasa masam. Menu tersebut dibawa ke Indonesia, seiring perniagaan Tionghoa.

Ia melanjutkan, untuk lidah orang Tionghoa, masam tomat itu itu dirasa tidak cocok. Terlebih untuk lidah peranakan saat dibawa ke Indonesia, yang telah bercampur selera lokal.

Di Chinanya pun mereka buat hal yang sama sebelum dibawa. Mereka punya mi yang seperti spaghetti, lalu tauto yang asam, tahu untuk daging, dan kalau tauge itu memang wajib ya pada masa itu. Terlihat dari penjelajahan Cheng Ho.

Pada saat penjelajahannya, Cheng Ho membawa banyak tauge segar dan menanamnya di kapal untuk nutrisi dan pengobatan para prajuritnya. Menurutnya hal tersebut tercatat sebagai salah satu penyebab sedikitnya prajurit yang gugur karena sakit, dibanding para pelayar Eropa.

Percampuran kuliner tersebut disinyalir memang tak jauh dari masa penjelajahan Laksamana Cheng Ho, setelah abad ke 15.

Jadilah hidangan itu berupa mi, tahu, toge, dan tauto. Dengan tomat masam khas negeri China, bukan tomat buah yang banyak di Indonesia. Lalu final topping-nya pake gula aren aslinya," ujar laki-laki peranakan Tionghoa yang lazim disapa baba ini.

Seiring berjalannya waktu, menurut Mardi Liem, penyebaran toge goreng tersebut berjalan dari pantai tepian Sunda bagian barat. Seperti Pandeglang, Banten yang dahulunya termasuk Sunda.
Sejak dari daratan China, hidangan tersebut disebut tauge mi. Buka toge goreng.

Dalam fase ini terjadi lagi pergeseran menu. Masyarakat Sunda yang terbiasa dengan lalapnya, memilih oncom untuk mengganti tomat. Selain rasanya asamnya lebih bersahabat, juga ekonomis jika dibandingkan dengan tomat aslinya.

Gula aren juga mulai diganti kecap, karena semakin sulit dan mahal carinya.

Salah satu bukti lainnya ialah kuali tempat memasak toge goreng yang lawas, masih mengguakan kuali dengan ornamen liong dan burung khas Tionghoa.

Hidangan khas kota Bogor yang juga ada di Betawi ini semakin terasa nikmat dan maknyus bila ditambah dengan irisan tahu, ketupat, mi kuning serta disirami saus atau kuah kental gurih yang terbuat dari oncom dan bisa juga dibuat tanpa oncom. Menu ini biasanya dijajakan menggunakan pikulan atau gerobak pedagang kaki lima oleh Abang-abang dam menjadi menu pilihan, baik untuk santap siang ataupun malam.

Agar sayur toge/tauge/taoge tetap renyah dan krenyes menggunakan metode blansir. Teknik merebus sayuran ini banyak dipakai di hotel berbintang lima 5. Apakah bedanya dengan teknik merebus biasa?. yuk baca penjelasan di bawah ini.

Blansir atau blanching merupakan teknik merebus sayuran yang biasa dilakukan di restoran dan hotel. Teknik ini dipakai untuk mencegah sayuran menjadi lonyot atau overcooked. Caranya mudah, didihkan air seckupnya di panci. Masukkan sayuran dan rebus beberapa menit hingga sayuran layu dan berubah warna. Angkat dan tiriskan segera. Masukkan sayuran rebus ini ke dalam wadash berisi air yang diberi es batu. Tujuannya untuk menghentikan proses pemasakan sehingga sayuran teksturnya tetap renyah dan warnanya tetap bagus. Setelah sayuran dingin bisa ditiriskan segera. Tumis dengan sedikit mentega agar mendapatkan rasa manis gurih yang enak.

Tauge goreng merupakan hidangan penuh citarasa gurih yang dibuat dengan cara menumis tauge dalam nampan tanah liat yang ditambahi sedikit air panas lalu dicampur dengan irisan tahu, ketupat, serta mi kuning. Hal yang membuat rasanya khas adalah campuran oncom yang membuat menjadi kental, kuah oncom inilah yang menjadi ciri khas toge goreng. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tauge goreng yang lezat sajian sedap istimewa NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka toge goreng lezat dalam bentuk warung, rumah makan dan restoran.

RESEP TOGE GORENG KHAS BOGOR


BAHAN :
  • 500 gram taoge, blansir
  • 5 buah lontong, potong-potong
  • 250 gram mi kuning basah, siram air panas, tiriskan
  • 1 buah tahu cina, goreng hingga kering, potong-potong
BAHAN KUAH :
  • 300 gram oncom merah, haluskan
  • 4 sdm tauco
  • 1 buah tomat merah, potong
  • 1500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
BUMBU HALUS :
  • 16 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah cabai merah
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
BAHAN PELENGKAP :
  • 5 batang kucai, potong-potong
  • Kecap manis
CARA MEMASAK TOGE GORENG KHAS BOGOR :
  1. Cara Membuat Kuah : tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan oncom, taoco dan tomat.
  2. Masak sambil diaduk sesekali hingga mendidih dan agak menyusut.
  3. Sajikan tauge goreng dengan siraman kuah.

CARA MEMBUAT TOGE GORENG KHAS BOGOR