CARA MEMBUAT LAMPU PENGGANTI LILIN

Resep Cara Membuat Lampu Pengganti Lilin (Emergency Candles) yang Hemat dan Ekonomis Murah Meriah. Musim hujan telah tiba, biasanya listrik sering mati atau dilakukan pemadaman masal oleh petugas satpam atau hansip di komplek perumahan atau pemukiman karena banyaknya petir atau gledek. Apabila di rumah tidak tersedia stok lilin atau lampu darurat (Emergency Lamp) maka terasa gelaplah rumah Anda. Mau gelap-gelapan? Apalagi istri sedang memasak atau sedang makan malam bersama keluarga dan kegiatan lainnya. Bagi yang punya stok lilin banyak dan punya lampu darurat atau punya lampu minyak tanah, seperti petromax, lampu dinding (lampu teplok) mungkin tidak masalah.

Foto Resep Cara Membuat Lampu Pengganti Lilin (Emergency Candles)
Lampu Pengganti Lilin (Emergency Candles)

Tips berikut ini bisa di coba di rumah atau kos-kosan alternatif pengganti lilin batangan. Lilin made in sendiri atau buatan sendiri. Lampu pengganti lilin ini sudah dicoba atau dites bisa 8 jam nyala nonstop dan besoknya dihidupin lagi masih tetap bisa dipakai karena minyaknya tidak akan habis dan tidak perlu takut atau khawatir terjadi kebakaran karena wadah diisi air dan selalu diletakkan di tempat yang aman misalnya di tengah meja makan atau di atas meja. Selain untuk penerangan ruangan lampu ini juga berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi rumah atau ruangan (Home Decor) yang cantik dan menarik sangat cocok diletakkan di atas meja makan untuk makan romantis bersama suami dan istri tercinta bahkan untuk kekasih atau pacar. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi lampu pengganti lilin lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis secara kreatif dan juga dibagikan trik-trik alternatif dari bahan-bahan lainnya yang tersedia di seputar dapur.

CARA MEMBUAT LAMPU PENGGANTI LILIN DARI MINYAK GORENG DAN COTTON BUD


By : Buku Anak Edukasi

BAHAN :
  • Gelas kaca
  • Air
  • Minyak goreng
  • 1 buah Cotton Bud kapas (katembat)
CARA MEMBUAT LAMPU PENGGANTI LILIN :
  1. Apabila ingin kelihatan cantik, isi dasar gelas dengan batu-batu polos atau berwarna atau manik-manik.
  2. Kemudian letakkan (tegak) 1 cotton bud dibagian tengahnya.
  3. Selanjutnya isi air, kira2 2/4 gelas. Setelah itu isi minyak goreng bagian atasnya sampai sedikit mengenai cotton bud kapas.
  4. Selesai sampai disini tinggal Anda nyalakan pakai korek api kayu atau korek gas. Nyalanya akan bertahan sampai berhari-hari sehingga lebih hemat dibanding lilin.
ALTERNATIVE LAIN UNTUK PENERANGAN RUANGAN

Selain cara di atas Anda juga bisa gunakan cara lain, seperti pada konten artikel situs kumparan dengan judul 5 Cara Membuat Lilin Darurat dari Alat Rumah Tangga. Mati lampu sekarang bukan lagi jadi masalah asalkan Anda tahu triknya. Gunakan alat-alat yang mudah dicari di rumah sebagai pengganti lilin.

Jangan takut gelap, apalagi kalau tidak ada handphone atau senter yang bisa dijadikan sumber cahaya. Pakai trik menggunakan alat di rumah untuk mendapatkan cahaya dari lilin dadakan versi buatanmu sendiri.
  1. Bungkus Keju Edam. Anda atau ibu suka masak dan buat kue? Pasti punya persediaan keju edam di rumah. Caranya, kupas kulit bungkus keju edam yang berwarna merah secara memanjang. Cari selembar koran, dan lilit sampai menyerupai stik. Lilit kulit keju edam sampai menutupi stik koran. Panaskan bagian ujung dengan sedikit api supaya mengeras. Lilin darurat siap kamu gunakan!.
  2. Mentega. Trik lilin darurat menggunakan mentega ini tidak untuk jangka waktu lama, karena mentega akan cepatmencair. Tapi tetap bisa dicoba jika darurat membutuhkan cahaya. Caranya, ambil mentega balok yang masih padat. Masukkan kain di tengah-tengah atau tusuk sate sebagai sumbu.
  3. Tuna Kaleng/Sarden. Tuna kaleng atau sarden bisa Anda gunakan sebagai pengganti lilin dadakan. Minyak di dalamnya berguna sebagai penghantar api. Caranya, buat lubang di tengah kaleng, dan masukkan sumbu di dalam kaleng.
  4. Krayon. Satu krayon bisa menjadi pengganti satu batang lilin. Mudah lho, Anda bisa langsung bakar ujung krayon wax dan lilin warna-warni dari krayon sudah jadi!.
  5. Kulit Jeruk. Trik membuat pengganti lilin yang satu ini paling mudah dan gampang ditemui. Ambil buah jeruk dan kupas kulitnya secara memanjang. Kulit jeruk bisa digunakan sebagai penghantar panas layaknya lilin! Tapi hati-hati ya, pengganti lilin darurat ini tetap harus dalam pengawasan dan tujuannya untuk memberikan sumber cahaya sementara.
Sampai disini Anda jangan khawatir masih ada dan banyak alternatif lain

Cara Membuat Lampu Dari Minyak Goreng Sebagai Pengganti Lilin

Siapapun pasti pernah mengalami mati lampu (listrik). Nggak begitu masalah sih kalau matinya pada siang hari. Tapi sebaliknya kalau matinya pada malam hari apalagi persediaan stok lilin sudah habis, lampu emergency rusak atau lupa dicas dan warung terdekat sudah pada tutup, pasti jadi repot beraktifitas gelap-gelapan.

Tenang sobat, ini ada tips cara membuat penerangan sebagai pengganti lilin dengan menggunakan minyak goreng, bisa minyak goreng baru atau bekas tapi sebaiknya yang baru gawat kalau nanti bau gorengan.

RESEP LAMPU DARI MINYAK GORENG


BAHAN :
  • Gelas kaca
  • Minyak goreng (sebaiknya yang baru)
  • Kain bekas (bisa juga pakai kapas, sumbu kompor, kain perban, dll yang penting kain tidak mengandung plastik atau karet)
  • Kawat kembang api (bisa pakai kabel listrik engkle yang tidak mudah kebakar (tidak wajib pakai kawat).
CARA MEMBUAT LAMPU DARI MINYAK GORENG :
  1. Tuangkan minyak goreng kedalam cangkir/gelas hingga hambir separohnya.
  2. Pilinlah kain yang sudah kamu siapkan hingga menyerupai sumbu.
  3. Kain yang sudah dipilin ujung atasnya kira-kira sisakan 1 centimeter, lilitkan kawat kembang api atau yang lain, setelah selesai kain tersebut celupkan kedalam gelas yang telah berisi minyak goreng tadi, pastikan semua kain terbasahi oleh minyak selanjutnya ujung kain yang ditali kawat tadi diangkat sampai bibir gelas dan usahakan kawat untuk menahan agar sumbu atas tidak jatuh kedalam gelas.
  4. Setelah siap ujung sumbu atas siap dibakar.

Q & A :

Tanya :
  • Apakah tidak bahaya menggunakan penerangan pakai minyak goreng?
Jawab :
  • Menggunakan penerangan pakai minyak goreng dijamin aman, karena minyak goreng tidak mudah kebakar, bahkan seandainya minyaknya tumpah atau sumbunya jatuh ke minyak maka otomatis apinya akan mati.

CARA MEMBUAT LAMPU PENGGANTI LILIN