CARA MEMBUAT CILUNG PAPEDA KHAS BANDUNG

Resep Cilung Papeda (aci digulung) Khas Bandung Ala Abang-abang Sederhana Spesial Asli Enak Lembut dan Empuk. Sering juga disebut papeda telur gulung yang termasuk salah satu makanan favorit dari aneka jajanan anak sekolah di SD. Cilung Bandung ini banyak dijual abang2 di sekitaran SD bersama bilung (bihun gulung), milung (mie gulung), dll. Sedangkan bahan dasar cilung terbuat dari adonan utama tepung aci (tapioka atau kanji), bisa dibikin dengan campuran telur (cilung telur) atau cilung tanpa telur, maupun dengan adonan telur dimana telurnya terpisah yang dipakai saat ada permintaan pembeli, mau telur ayam atau telur puyuh.

Foto Resep Cilung Papeda (aci digulung) Ala Abang-abang Sederhana Spesial Asli Enak Lembut dan Empuk
Gambar Cilung Papeda (aci digulung)

Resep cilung Bandung papeda telur gulung jajanan Anak Sekolah SD di Bandung dan Jogja ini termasuk yang paling laris manis dengan harga murah meriah biasanya dijual Rp.1000 per tusuk untuk cilung ekonomis. Saat dimasak cilung diberi kombinasi aneka bumbu tabur sesuai selera rasa, boncabe atau cabe bubuk untuk cilung rasa pedas, atau ditambahkan saus cabai atau sambal, bahkan mayones sebagai isian. Selain itu terkadang juga ditambahkan lagi abon untuk cilung abon atau serundeng untuk cilung serundeng sebagai taburan luarnya yang membuatnya semakin spesial. Kini jajanan cilung semakin kreatif dan bervariasi selain cilung asin ada juga resep cilung manis, seperti cilung coklat hijau pandan, cilung coklat, cilung coklat keju, cilung keju special, dll.

Terdapat beberapa variasi cara membuat cilung yang sering ditawarkan pedagang, seperti original tanpa telur, pakai telur puyuh, pakai kocokan telur, dan cilung jumbo dengan 1 butir telur ayam. Untuk mempermudah praktek di rumah Anda boleh mencoba resep dari blog resepmasakankreatif yang terbukti sukses dan berhasil karena sudah dibuktikan, Berikut kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan aneka kreasi dan variasi olahan resepi cilung papeda telur gulung sajian sedap istimewa lengkap dengan dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis cilung papeda aneka rasa.

RESEP CILUNG PAPEDA


BAHAN :
  • 150 gram tepung aci/tapioka/kanji
  • 1 sdm tepung beras (supaya teksturnya tidak terlalu lembek dan biar tidak lengket, boleh juga bila tidak pakai)
  • 1 sdt garam dan 1 sdt kaldu bubuk (penyedap rasa) atau sesuai selera, serta bisa tambahkan sejumput merica/lada
  • 300 ml air
  • Telur ayam dan telur puyuh seperlunya
  • Bumbu tabur Antaka dengan rasa yang diinginkan, boncabe, saus cabe, mayones, serundeng atau menurut selera
CARA MEMBUAT CILUNG PAPEDA :
  1. Campurkan tepung aci dan tepung beras, garam, kaldu bubuk, serta merica. Selanjutnya tuangkan air, aduk hingga adonan merata.
  2. Panaskan wajan dengan api relatif kecil, olesi tipis dengan margarin/mentega atau minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan lalu ratakan (putar wajan bila ada gagang/pegangannya).
  3. Sambil menunggu matang, beri bumbu tabur, saus cabe, mayones, kemudian gulung menggunakan lidi atau tusuk sate, cilung oroginal sudah siap disantap hangat.
  4. Sedangkan untuk membuat cilung telur ayam dan telur puyuh, panaskan wajan dan olesi dengan margarin, kemudian bisa diceplokkan telur langsung ke dalam wajan atau bisa dikocok dahulu dengan tambahan sedikit garam atau kaldu bubuk.
  5. Setelah menceplokkan telur atau menuangkan kocokan telur ke dalam wajan lalu ratakan, selanjutnya taburi bumbu dan saus serta gulung dengan tusuk sate setelah cilung matang.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT CILUNG PAPEDA KHAS BANDUNG