CARA MEMBUAT BELALANG GORENG

Resep Belalang Goreng Kriuk Bumbu Bacem Pedas Manis Gurih Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak. Resep olahan belalang ini paling enak memang digoreng kriuk dengan variasi aneka bumbu dengan aneka rasa gurih, asam, manis, dan pedas atau sesuai selera Anda, misalnya belalang goreng tepung, sambal belalang goreng, belalang goreng terbang dimasak seperti udang terbang tepung khas Gunung Kidul Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta, dll. Selain digoreng belalang juga bisa diolah dengan cara dibakar yang telah diberi bumbu sebelumnya nikmati juga resep belalang bakar.

Proses pembersihan kotoran pada perut belalang dengan cepat sebelum siap diolah atau di goreng dan dimakan sebagai lauk. Jadi ada proses cara membersihkan belalang dengan cepat pada bagian perut dan kotoran, bulu atau sayap belalang sebelum diolah menjadi makanan yang lezat agar bersih dan sehat serta bergizi untuk Ibu hamil.

Foto Resep Belalang Goreng Kriuk Bumbu Bacem Pedas Manis Gurih Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Belalang Goreng Kriuk

Apakah belalang halal apa haram dimakan?. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

HUKUM MAKAN BELALANG

Serangga merupakan hewan yang paling dominan jika dibandingkan dengan hewan lain di bumi. Secara umum, manusia menganggap serangga sebagai makhluk yang membahayakan dan tidak ada manfaatnya. Banyak serangga yang menjadi hama pertanian maupun hama pemukiman. Manusia mengalami kesulitan dalam mengendalikan populasi serangga yang terus bertambah dan berkembang sangat cepat.

Salah satu cara pemanfaatan serangga yang cukup unik adalah dengan memanfaatkannya sebagai makanan. Di Asia Timur yaitu di China, Jepang, Korea, dan Taiwan diketahui sekitar 66 spesies yang termasuk dalam 47 genus, 38 famili dan 13 ordo serangga yang dijadikan sebagai makanan. Ordo-ordo tersebut antara lain Coleoptera, Diptera, Ephemeroptera, Hemiptera, Homoptera, Hymenoptera, Isoptera, Lepidoptera, Mantodea, Odonata, Orthoptera, Plecoptera, dan Trichoptera (Anonim 1995).

Serangga yang banyak dimanfaatkan sebagai makanan adalah belalang. Walaupun di beberapa negara, serangga dianggap sebagai makanan yang menjijikan termasuk di Indonesia. Namun, bila ditilik lebih lanjut ternyata kandungan protein pada tepung belalang Oxya sp. adalah 73.9% 20 g sampel. Sedangkan tepung belalang Valanga sp. mengandung protein sebesar 77.5% per 20 g sampel (Sawal et al. 2004).

Selain itu, penelitian Sutrisno Koswara seorang Staf pengajar Ilmu dan teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor menunjukkan bahwa kandungan protein pada belalang adalah 40% sampai 60% dan kandungan lemak 10% sampai 15% per gram (Koswara 1999). Kandungan tersebut cukup tinggi bila dibandingkan dengan kandungan protein pada makanan berprotein lain seperti udang segar (21%), daging sapi (18,8%), daging ayam (18,2%), telur ayam (12,8%), dan susu segar sapi yang hanya (3,2%) kandungan proteinnya (Eddy 2006).

Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Belalang termasuk salah satu dari dua hewan yang apabila telah terlebih dahulu mati dihalalkan untuk dimakan, bersama ikan. Belalang termasuk dalam binatang yang dikecualikan oleh syariat Islam dari kategori bangkai. Binatang ini halal sebagaimana terdapat dalil dari hadits Nabi SAW.

أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ

“Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.” (HR. Ahmad 2:97 dan Ibnu Majah no. 3314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Diriwayatkan dari sahabat Abdullah bin Abi Aufaz bahwa ia berkata,

غَزَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ سَبْعَ غَزَوَاتٍ نَأْكُلُ الْجَرَادَ


“Kami berperang bersama Rasulullah dan dalam tujuh kali peperangan, kami makan belalang.” (HR. Muslim no. 1952).

Belalang jika mati dengan sendirinya, sudahlah halal sehingga tidak butuh penyembelihan khusus karena bangkainya saja suci.

Imam Nawawi berkata,

ويحل السمك والجراد من غير ذكاة

“Ikan dan belalang itu halal dimakan walau tidak lewat proses penyembelihan.” Lalu beliau rahimahullah berkata, “Dan tidak mungkin berdasarkan kebiasaan untuk menyembelih ikan dan belalang, maka penyembelihan keduanya tidak diperlukan.” (Al Majmu’, 9: 72)

Bila ditilik lebih lanjut ternyata kandungan protein pada tepung belalang Oxya sp. adalah 73.9% 20 g sampel. Sedangkan tepung belalang Valanga sp. mengandung protein sebesar 77.5% per 20 g sampel (Sawal et al. 2004). Selain itu, penelitian Sutrisno Koswara seorang Staf pengajar Ilmu dan teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor menunjukkan bahwa kandungan protein pada belalang adalah 40% sampai 60% dan kandungan lemak 10% sampai 15% per gram (Koswara 1999). Kandungan tersebut cukup tinggi bila dibandingkan dengan kandungan protein pada makanan berprotein lain seperti udang segar (21%), daging sapi (18,8%), daging ayam (18,2%), telur ayam (12,8%), dan susu segar sapi yang hanya (3,2%) kandungan proteinnya (Eddy 2006).

Di Indonesia tepatnya di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta belalang merupakan makanan khas yang biasa di konsumsi. Selain di Gunungkidul yang dikenal dengan belalang goreng, daerah lain di Indonesia yang biasa mengonsumsi belalang sebagai makanan sehari-hari adalah Pacitan, Wonogiri, Klaten, Blora, dan Nusa Tenggara (Anonim 2011).

Resep olahan belalang tidak hanya diolah sebagai makanan yang digoreng atau dibacem, tetapi bisa juga menjadi mie. Mie belalang yang diolah oleh mahasiswa Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Sosial Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut merupakan mie basah yang disajikan seperti mie ayam maupun mie basah lainnya (Lena 2010). Selain itu, Sawal et al. (2004) mengolah tepung belalang menjadi gorengan (rempeyek) dan kuliner yang tidak asing di lidah orang Indonesia yaitu bakso.

Di Ethiopia, belalang ditumbuk dan direbus dengan susu, atau dikeringkan dan digiling menjadi tepung. Tepung belalang ini kemudian dicampur dengan minyak sayur dan dipanggang sehingga menghasilkan makanan sejenis cake (Koswara 1999).

Sedangkan di belahan dunia lain yaitu di Thailand, Mexico, Uganda dan beberapa negara Afrika dan Timur Tengah belalang biasa dimakan sebagai snack (Anonim 2011). Di Zimbabwe, belalang yang telah direbus kemudian dikeringkan. Belalang tersebut lalu dimasak dengan bawang merah, tomat dan hancuran kacang tanah berbumbu (Koswara 1999). Sementara itu, di Australia tepatnya di Victoria belalang disajikan sebagai menu yang sangat unik yaitu disajikan dalam bentuk pizza. (Anonim 2011).

Wallahu a’lam.

Sumber :

surgaserangga.blogspot.com

Penasaran dengan Belalang Goreng Kriyuk rasanya seperti apa?. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bacem belalang goreng gurih kriyuk renyah crispy sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka olahan belalang goreng aneka rasa asam, pedas, manis, gurih, untuk oleh-oleh maupun cemilan, bahkan untuk teman lauk makan nasi putih.

RESEP BELALANG GORENG BACEM


BAHAN :
  • 1 kg belalang (banyak dijual saat musim belalang biasanya masih hidup atau cari sendiri di hutan dan di perkebunan banyak, cari belalang ukuran besar)
  • 10 biji/siung bawang putih
  • 15 biji/siung bawanng merah
  • 250 gram gula pasir/secukupnya (jangan pernah memakai gula merah karena akan lebih cepat gosong)
  • 4 sdm garam (atau seckupnya saja sesuai selera)
  • 1/2 sdm penyedap rasa (jika diperlukan)
CARA MEMASAK BELALANG GORENG BACEM :
  1. Ambil belalangnya yang masih hidup, masukan ke dalam air panas (agar mudah untuk membersihkan dalam keadaan mati).
  2. Bersihkan belalang dari kotoran dengan menarik lepas kepala sampai kotoran di perut ikut tertarik keluar sampai benar-benar bersih isi perutnya. Jadi jangan bertanya lagi kalau ada cacingnya, biasakan baca sampai habis.
  3. Lepaskan bulu-bulu atau sayap belalang sampai benar-benar bersih.
  4. Cuci belalang yang sudah dibersihkan kotoran dan sayapnya dengan air hangat, lakukan beberapa kali hingga air blasan terakhir tidak kotor lagi.
  5. Haluskan atau ulek bumbu-bumbu bawang merah dan bawang putih lalu masukan ke dalam panci.
  6. Campurkan bahan-bahan yang tersisa kedalam panci yang telah disiapkan, lalu masukan juga belalangnya.
  7. Tuangkan air secukupnya, lalu rebus belalang agar bumbu meresap.
  8. Perebusan dilakukan sampai belalang berubah warna menjadi kemerahan-merahan (kira-kira 30 menit).
  9. Angkat lalu tiriskan belalang sampai benar-benar kering/tiris, lalu goreng belalang sampai matang, lalu angkat dan tiriskan belalang sampai kering dari minyak.
  10. Belalang goreng gurih kriyuk siap disajikan panas/hangat lebih nikmat.
  11. Sajikan.
Belalang goreng ini bisa dimakan sebagai lauk nasi, cemilan saat santai, atau dikemas sebagai oleh-oleh. Selamat mencoba dan berkreasi. Bila ada yang bertanya jenis belalang apa yang halal? jawabannya semua jenis belalang halal dan aman untuk dikonsumsi jika diolah dengan baik dan benar. Jika tidak suka jangan dimakan kalau geli ya jangan dilihat dan jangan dibaca artikel ini apalagi dicopas.

CARA MEMBUAT BELALANG GORENG