CARA MEMBUAT KUE DURIAN KHAS MAKASSAR

Resep Kue Durian Khas Makassar Sederhana Spesial Asli Enak. Namanya kue durian khas Makassar bahasa aslinya kue duri duriang atau kue duri durian isi duren. Teksturnya beda dengan kue kering apalagi dengan pancake durian sangatlah berbeda, kue ini teksturnya lembut dan empuk, meski ketika baru keluar dari oven teksturnya agak garing tapi setelah beberapa lama teksturnya jadi empuk ditambah isi kue ini adalah durian, gula merah, kelapa parut semakin lezat dan lumer di mulut serta aroma daun pandan yang wangi dan harum. Aneka variasi dan kreasi olahan kue durian ini ada yang versi panggang oven, versi goreng pada resep kue durian goreng, dan ada juga yang versi kukus pada resep kue durian kukus.

Foto Resep Kue Durian Khas Makassar Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Durian Khas Makassar

Resep yang akan dibagikan ini sumber aslinya dari blog mbak Hesti kemudian di rebake dimasak ulang oleh Mba Dewi dengan menyesuaikan bahan dan komposisi yang pas mantap pada kue ini. Heni sendiri belum mencobanya, mungkin nanti untuk koleksi kue Lebaran, Idul Fitri Insha Allah akan mencobanya gimana budget dikasih suami aja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih durian ala Makassar, Sulawesi Selatan takaran sendok dan gram yang lembut dan empuk lumer di mulut sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue-kuean tradisional dan modern.

RESEP KUE DURIAN


Resep By : Hesti
Rebake By : Dewi

BAHAN :
  • 115 gram gula halus
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt vanili
  • 115 gram margarin, lelehkan
  • 375 gram terigu serbaguna
  • 1 sdm maizena
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
BAHAN ISI :
  • 1 butir kelapa parut
  • 250-300 gram gula merah (bisa ditambah kalau mau tahan lama)
  • 150 ml air
  • 3 buah isi durian, buang bijinya
  • Daun pandan
CARA MEMBUAT KUE DURIAN KHAS MAKASSAR :
  1. Cara Membuat Isi Kue Durian : sangrai atau oven sebentar kelapa dengan api kecil sampai kelapanya agak kering.
  2. Masak gula merah bersama air dan daun pandan. Setelah larut dan kental angkat lalu saring.
  3. Panaskan kembali di atas kompor, ketika mendidih masukkan durian. Aduk sebentar sampai durian masak lalu tambahkan kelapa.
  4. Aduk terus sampai menjadi adonan yang kalis.
  5. Dinginkan, bentuk bulat lonjong.
  6. Cara Membuat Kulit : Ayak tepung terigu bersama baking powder dan soda kue. Sisihkan.
  7. Kocok telur dan gula halus serta vanili hingga kental mengembang, tambahkan separuh bagian tepung sedikit demi sedikit, aduk rata dengan sendok kayu.
  8. Turunkan margarin leleh perlahan lalu aduk asal rata. Masukkan sisa tepung lalu aduk asal rata sampai menjadi adonan yang dapat dibentuk.
  9. Supaya selama pengerjaan adonan tidak cepat mengeras terkena udara, bagi dua adonan lalu tutup satu bagian dengan cling wrap atau kain basah.
  10. Kerjakan sebagian adonan setelah selesai baru dilanjutkan dengan adonan berikutnya.
  11. Caranya sama seperti membentuk nastar hanya agak dibentuk lonjong lalu diberi motif dengan cara menggunting permukaannya membentuk duri durian.
  12. Letakkan dalam loyang tanpa olesan, lalu panggang selama kurang lebih 20-25 menit panas oven 160 C atau sampai dasarnya agak kuning kecoklatan.
  13. Angkat. Dinginkan lalu simpan dalam wadah kedap udara.
  14. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE DURIAN KHAS MAKASSAR