CARA MEMBUAT INFUSED WATER DIET DETOX

Resep Infused Water Untuk Diet Detox Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Mungkin Anda pernah melihat orang membawa sebuah botol minuman yang didalamnya terdapat potongan buah, daun dan akar-akaran, mungkin bagi Anda yang awam akan bertanya-tanya minuman apa itu?. Bagi yang sudah tahu pasti diam saja. Konon katanya fruit infus water banyak khasiat dan manfaatnya dari yang hanya untuk menjaga kesehatan sampai untuk diet sehat menurunkan berat badan dengan cara detox, seperti artikel carabuatresep terdahulu yaitu cara membuat sassy water untuk perut rata. Namun kali ini artikel dan pembahasannya lebih lengkap.

Foto Resep Infused Water Untuk Diet Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak
Gambar Botol Infused Water Bottle

Menurut sebuah situs kesehatanaz yang membahas tentang kesehatan dari A sampai Z. Infused water atau infus water atau air infus adalah minuman air mineral (mineral water) yang terbuat dari campuran potongan-potongan buah segar dan daun + akar dari tanaman herbal tertentu, misalnya daun mint dan jahe. Nutrisi dari bahan-bahan yang dicampurkan ini akan larut ke dalam air, termasuk juga rasanya akan larut dan menyatu ke dalam air mineral. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi infused water lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis air infus segar alami.

RESEP INFUSED WATER ALA TUPPERWARE


BAHAN :
  • Strawberry
  • Mentimun
  • Lemon
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Daun Mint
CARA MEMBUAT INFUSED WATER :
  1. Siapkan buah segarnya (potong/iris secukupnya).
  2. Siapkan es batu + air dingin secukupnya.
  3. Masukkan semua buah + air dingin + es batu ke dalam Drinking Flask.
  4. Masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam (lebih baik masukkan malam untuk pagi hari ).
  5. Setelah 2 jam bisa langsung dikomsumsi.
  6. Bila air sudah habis bisa diisi ulang dengan buah yang sama.
  7. Infused Water bisa tahan kesegarannya selama 2-4 hari di dalam kulkas.

DAFTAR BUAH DAN MANFAATNYA :
  • Buah Strawberry, manfaat dapat mencegah keriput dan memperbaiki sel rusak
  • Buah Mentimun atau timun, manfaat dapat Mengatasi dehidrasi dan melancarkan pencernaan
  • Buah Lemon, manfaat dapat Menurunkan berat badan dan bisa mengurangi mual
  • Buah Kiwi, manfaat dapat menangkal radikal bebas, baik untuk diet
  • Buah Jeruk, terdiri dari jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk sunkist, dll, manfaat dapat meningkatkan stamina
  • Buah Strawberry + Kiwi, manfaat dapat menjaga kesehatan jantung
  • Daun Mint + Jeruk Nipis, manfaat dapat meredakan sakit kepala dan relaksasi
  • Mint, manfaat dapat memberikan relaksasi

Anda juga bisa menggunakan buah-buahan segar lainnya termasuk daun dan akar-akaran tanaman herbal lainnya, seperti buah mangga, apel, buah naga, jahe, kunyit, asam jawa, dll. Berikut penjelasan dokter dari situs Alodokter.com mengenai manfaat infused water.

PENJELASAN TENTANG INFUSED WATER MENURUT ALODOKTER

Menurut saya penjelasan langsung dari dokter di situs alodokter.com ini cukup jelas mengenai khasiat dan manfaat infused water, sebaiknya dibaca dan dipahami, berikut dikutip langsung dari situsnya.

Infused water terbuat dari air mineral yang dipadukan dengan potongan buah. Minuman ini menjadi populer karena diklaim mendatangkan banyak manfaat. Namun benarkah demikian?

Pernah melihat orang menenteng botol air mineral yang diisi dengan potongan lemon atau buah-buahan lain? Seperti itulah yang dinamakan dengan infused water. Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya dua jam agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Biasanya setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lembek dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan.

Klaim mengenai Manfaat Infused Water

Akhir-akhir ini infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Padahal klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya.

Sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan. Namun tidak ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu. Jika benar demikian, maka tubuh akan sering sakit. Sehingga diet atau pola makan detoks pun belum terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.

Anti-penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan.

Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalisasi jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal

Mengonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan menjadi lebih sehat. Namun, belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan ideal yang sehat paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

Meski belum terbukti mengenai manfaat kesehatannya, bukan berarti infused water sama sekali tidak mendatangkan keuntungan. Minuman ini bermanfaat, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka mengonsumsi air mineral dan anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan. Orang yang tidak suka minum air mineral biasanya memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan minuman seperti kopi, teh, atau minuman ringan.

Padahal beberapa minuman jenis ini justru cenderung membuat tubuh menjadi makin kekurangan cairan karena kandungan kafeinnya. Selain itu, minuman-minuman ini, terutama minuman kemasan umumnya berharga mahal, mengandung kadar gula tinggi, dan menambah kalori dibandingkan dengan air mineral. Dengan infused water, mereka dapat mengonsumsi air mineral dengan aneka rasa berbeda yang dapat diganti tiap hari sesuai dengan pilihan buah-buahan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa menu yang dapat dicoba.

  • Siapkan 2 potong lemon, setengah buah mentimun diiris tipis, 10-12 daun mint, masukkan ke dalam 3 liter air. Aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari pendingin selama 2 jam. Pastikan infused water tidak terlalu asam. Jika terasa asam, tambahkan air.
  • Siapkan seliter air, setengah cangkir stroberi potong, dan setengah cangkir nanas potong. Masukkan stroberi dan nanas dalam air, aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari pendingin.
  • Bekukan sekitar 300 gram biji delima ke dalam cetakan es batu dengan air. Setelah beku, masukkan ke dalam 2 liter air mineral yang telah dimasuki irisan lemon dan diamkan di dalam lemari pendingin.

Infused water dapat menjadi jalan tengah bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi air mineral. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan mengonsumsi sekitar 2 liter cairan per hari. Mengonsumsi cairan yang cukup, baik itu air putih biasa atau infused water penting untuk fungsi normal tubuh dan mencegah dehidrasi. Selain itu akan menjaga ginjal tetap sehat dan menghindari kondisi seperti batu ginjal, konstipasi dan wasir.

TIPS & TRICKS :

  • Jika campuran buah lemon, jeruk nipis atau jeruk sunkist akan membuat mineral water anda terasa sedikit pahit. Ada tips cara membuat infused water lemon agar tidak pahit. Begini tips cara untuk menghilangkan rasa pahit pada kulit jeruk. Sebaiknya kupas dulu kulit buah lemon, jeruk nipis atau jeruk sunkist anda sebelum dimasukkan ke dalam air agar infused water anda tak terasa pahit. Karena kalau anda memakai kulitnya dan mendiamkannya selama lebih dari 4 jam maka akan terasa pahit.
  • Pastikan air yang digunakan adalah air matang dan buah yang digunakan segar dan telah dicuci bersih.

CARA MEMBUAT INFUSED WATER DIET DETOX