CARA MEMBUAT GEPUK BANDUNG DAGING SAPI GORENG

Resep Gepuk Bandung Daging Sapi Goreng Kering Sederhana Lembut dan Empuk Sunda Spesial Asli Enak. Biasanya disebut simple yaitu dengan gepuk daging sapi empuk, kalau di Padang Sumatera barat terkenal dengan resep rendang padang minang atau rendang daging sapi khas padang, maka di Bandung, Jawa Barat, JABAR terkenal dengan resep empal gepuk daging sapi khas Sunda yang tak kalah lezat. Seperti contoh gepuk paling enak di bandung Gepuk Ny Ong Bandung Buah batu, Ny Yong/Nyonya Yong, Gepuk Karuhun Bogor, Gepuk Warisan Nini, dll. Sekarang sedang ngehit dan trend resep gepuk ayam dan gepuk tanpa serundeng kelapa.

Foto Resep Gepuk Bandung Daging Sapi Sederhana Lembut dan Empuk Sunda Spesial Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak Paling Lezat Gepuk Nyonya Ong Lewat Berani diadu
Gambar Gepuk Bandung Daging Sapi Empuk Khas Sunda

Empal Gepuk atau Gepuk adalah makanan khas sunda, Jawa Barat, JABAR yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk dan lembut. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu gepuk yang dicampur dengan santan ada juga gepuk daging sapi tanpa santan, kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Jika akan disajikan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat. Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambal pedas. Masakan Gepuk terdiri dari gepuk basah dan gepuk kering dengan serundeng kelapa namanya resep gepuk sapi serundeng. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan daging resepi gepuk Bandung atau gepuk Sunda sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis gepuk daging goreng untuk warung makan, rumah makan, catering, nasi kotak atau nasi box, prasmanan, menu makanan acara pesta, arisan, acara keluarga, toko oleh-oleh khas Bandung, bahkan restoran ala cafe resto cepat saji modern.

RESEP GEPUK DAGING SAPI GORENG


BAHAN :
  • 1 kg daging sapi
  • 1/4 kg lengkuas, tumbuk kasar
  • 6 siung bawang putih,haluskan
  • 1/2 ons gula merah
  • 1 ons gula pasir
  • 1/2 sdm asam jawa tanpa biji
  • 2 gelas santan kental (dari 1 butir kelapa)
  • 1/2 kg minyak goreng
  • 1 1/2 liter air, untuk merebus
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Serundeng

CARA MEMBUAT GEPUK SUNDA :
  1. Cuci daging, tiriskan.
  2. Panaskan air hingga mendidih.
  3. Masukan daging sampai 1/2 empuk.
  4. Angkat, potong-potong sesuai selera.
  5. Pukul-pukul dengan pemukul daging.
  6. Panaskan santan dan air kaldu 1/2 gelas.
  7. Masukan semua bumbu.
  8. Setelah mendidih, masukan daging yang sudah dipukul-pukul.
  9. Rebus sampai kuahnya kering.
  10. Panaskam 5 sdm minyak.
  11. Goreng daging dengan bumbunya kirakira 2/3 potong.
  12. Goreng dengan api sedang.
  13. Sesekali bolak balik hingga air kaldu daging kering.
  14. Setelah warna kekuning-kuningan angkat dengan minyaknya. Dan begitu seterusnya.
  15. Hidangkan dengan taburan bawang goreng.

CARA MEMBUAT GEPUK BANDUNG DAGING SAPI GORENG