CARA MEMBUAT MANISAN LADOO KHAS INDIA

Resep Manisan Ladoo Khas India Sederhana Spesial Asli Enak. Acha Acha ini dia kue manisan ala India yang super manis semanis gadis India. Kue Ladoo ini terbuat dari tepung gandum dicampur tepung kacang hijau/ijo, dan bahan lainnya seperti, susu segar, gula halus, mentega tawar atau ghee yang dapat Anda temukan di toko khusus makanan india, kapulaga, dan cairan essense aroma mawar (rose).

Foto Resep Manisan Ladoo Khas India Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Manisan India Ladoo

Menurut situs Wikipedia. Ghee (Hindi घी, Urdu گھی, Punjabi ਘੋ, Minyak samin (bahasa Arab: سمن, samn) atau, Kashmiri ग्याव/گیاو -dari Sanskerta ghṛtə घृतterang) adalah mentega dari lemak hewani (sapi, kerbau, kambing, unta) yang dimurnikan (mentega swalemak). Berasal dari kawasan timur laut anak benua India, minyak ini diproduksi secara luas di anak benua India, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Afrika Timur.

Minyak samin dipakai sebagai minyak goreng dalam berbagai resep masakan Asia Selatan ( India dan masakan Pakistan) dan masakan Timur Tengah. Di Indonesia dikenal minyak samin padat dari lemak nabati (kelapa sawit). Masakan Indonesia yang memakai minyak samin, misalnya: martabak, nasi kebuli, sop kambing, dan soto betawi.

Laddu (terkadang dieja laddoo atau laadu) terbuat dari berbagai jenis tepung, biji-bijian, kacang-kacangan, semolina, buah-buahan musiman, buah-buahan kering, dan bahan-bahan lain yang dimasak dengan gula, kemudian dibentuk menjadi bola seukuran gigitan atau lebih besar. Laddu disebutkan dalam teks Sansekerta kuno dijadikan sesembahan di kuil, dan disebut Ladduka. Laddu populer di seluruh India, mudah untuk dibuat , dan terdapat berbagai variasi. Laddu sering dibuat untuk merayakan festival, upacara keagamaan, ataupun acara-acara seperti pernikahan.

Salah satu contoh laddu adalah Motichoor Ka Ladoo, makanan manis di negara bagian seperti Bihar, yang terbuat dari serpihan tepung kacang arab panggang yang manis, dicampur dengan almond, digulung menjadi adonan yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak samin. Setiap bola kecil yang disebut 'boondi' berisi gula yang meleleh jika digigit. Bola kecil tersebut ditambahkan rempah-rempah dan kemudian dibentuk menjadi bola seukuran gigitan, yang disebut Motichoor Ka Ladoo. Ketika digigit, bola tersebut menyebar du mulut. Contoh lain seperti Tirupati Laddu begitu populer sampai-sampai lebih dari satu juta Laddu didistribusikan setiap minggu dari satu kuil Dewa Venkateswara.

Laddu atau laddoo atau avinsh (laḍḍū, lāḍḍū) adalah manisan berbentuk bola yang berasal dari anak benua India; nama tersebut berasal dari kata Sanskerta Lattika. Laddu terbuat dari tepung, lemak (ghee atau mentega atau minyak samin), dan gula; dengan bahan lain yang bervariasi sesuai resep, seperti kacang cincang atau kismis kering. Laddu sering disajikan pada perayaan atau acara keagamaan.

Komposisi ladoo

Tepung yang umum digunakan untuk membuat laddu yaitu tepung gram (tepung buncis), gandum semolina dan kelapa bubuk. Ini dikombinasikan dengan gula dan perasa lainnya, dimasak dalam ghee dan dibentuk menjadi bola. Beberapa resepnya menggunakan bahan-bahan obat Ayurweda, termasuk laddu methi, multigrain, dan laddu resin. Kacang-kacangan seperti pistacio dan almond biasanya dimasukkan ke dalam laddu. Berikut macam-macam jenis varian ladoo India dan Pakistan.

Laddu boondi

Laddu boondi atau laddu bundiar/bundi laddo terbuat dari tepung gram bengal (besan) berbasis boondi. Itu sering disajikan pada festival seperti Raksha Bandhan dan Diwali.

Laddu motichoor terbuat dari boondi halus yang berbentuk bola-bola kecil dan dimasak dengan ghee atau minyak. Resepnya berasal dari India utara, namun sekarang populer di seluruh anak benua India.

Laddu besan/besan ladoo

Laddu besan adalah hidangan manis India populer yang terbuat dari besan (tepung buncis atau tepung gram), gula dan ghee. Besan dipanggang dalam ghee sampai tampak coklat keemasan dengan aroma kacang. Kemudian gula ditambahkan ke dalamnya. Potongan pistacio dimasukkan, tetapi hal ini opsional. Kemudian campuran ini dibentuk menjadi bola-bola kecil. Ini memiliki umur penyimpanan yang lama. Ia sering disajikan di festival, acara keluarga dan acara keagamaan di India. Laddu Besan atau besan ladoo didekorasi dengan foil perak dan serpihan almond

Laddu kelapa/coconut ladoo

Laddu kelapa. Ada beberapa resep laddu kelapa. Bentuk awalnya Narayl Nakru berasal dari zaman Kekaisaran Chola, ketika itu adalah manisan yang dikemas untuk para pelancong dan pejuang sebagai simbol keberuntungan untuk ekspedisi mereka.

Pedha

Pedha (bola krim) adalah hidangan penutup yang populer di anak benua India, dibuat dari Khoa (keju dari penguapan). Di India, di antara umat Hindu, sering dipersiapkan sebagai persembahan kepada para dewa.

Semolina atau laddu rava

Laddu ini dibuat dari rava (semolina), gula, dan ghee. Ada varian pada resep ini yang memasukkan keju khoa sebagai bahan tambahan.

Laddu dengan gom arab

Di India, laddu ini secara tradisional diberikan kepada ibu menyusui karena membantu dalam produksi susu.[9] Laddu ini disebut dinkache ladoo di Marathi dan gond ka laddu dalam bahasa Urdu. Bahan utamanya adalah getah arab yang dikumpulkan dari pohon babhul. Bahan-bahan lain termasuk kelapa, almond, kacang mede, kurma, rempah-rempah seperti pala dan kapulaga, biji poppy, ghee, dan gula.

Laddu oatmeal

Laddu oatmeal adalah variasi dari manisan tradisional. Laddu ini disiapkan dengan biji wijen putih panggang, gandum, kacang beraneka ragam, ghee, bubuk kapulaga hijau dan jaggery. Penggunaan bahan tambahan lainnya dalam resep khoya.

Rekor dunia

Laddu tunggal terbesar memiliki berat 29.465 kg (64.959 lb) dan diraih oleh PVVS Mallikharjuna Rao (India), di Tapeswaram, Andhra Pradesh, India, pada 6 September 2016. Laddu tersebut dibuat menggunakan resep tradisional Boondi. Bahan-bahannya yaitu ghee, minyak sulingan, kacang mede, gula, almond, kapulaga, dan air.

Referensi budaya

Dalam episode Sesame Street "Rakhi Road", laddu ditampilkan secara menonjol sebagai hidangan penutup India yang disukai. Elmo ditampilkan membuat laddu dan memakannya sebagai bagian dari perayaan festival Rakhi.

Dalam film English Vinglish, protagonis Shashi Godbole (Sridevi) adalah seorang ibu rumah tangga yang membuat dan menjual laddu untuk hidup

Kue Ladoo ini namanya hampir mirip dengan kue ladu asal Garut tapi berbeda bahan, bentuknya bulat seperti onde onde dan tahu bulat dengan warna coklat kekuningan-kuningan atau coklat keemasan, maupun rasa tapi kalau manisnya hampir mirip. Manis banget. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi manisan India kue ladoo India sajian sedap yang dilengkapi dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jajanan khas India ala Indonesia dengan berbagai varian rasa seperti ladoo kelapa (Coconut Ladoo).

RESEP KUE LADOO MANISAN INDIA


BAHAN :
  • 1 kg tepung kacang hijau kupas, yang sudah disangrai
  • 500 gram tepung gandum sangrai
  • 500 cc susu segar
  • 500 gram gula halus
  • 1 cangkir ghee/ mentega tawar
  • 1 sdt kapulaga hijau bubuk
  • 1 sdt cairan essense, aroma rose
CARA MEMBUAT MANISAN LADOO INDIA :
  1. Ghee/ mentega dipanaskan sampai harum.
  2. Tunggu ghee/mentega mencair.
  3. Masukkan tepung kacang hijau dan gandum yang sudah disangrai kedalam cairan mentega/ghee.
  4. Aduk adonan perlahan-lahan sampai mengental dan berubah warna coklat keemasan, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
  5. Matikan apinya.
  6. Masukkan susu dan gula halus dan diaduk sampai rata.
  7. Diamkan selama 30 menit.
  8. Bentuk adonan sebesar bulatan telur.
  9. Sajikan.

CARA MEMBUAT MANISAN LADOO KHAS INDIA