CARA MEMBUAT KUE BAY TAT KHAS BENGKULU

Resep Kue Bay Tat Khas Bengkulu Sederhana Oleh oleh Khas Bengkulu Spesial Asli Enak. Kue Tat (Juada Tat) ataupun sering disebut Juada Bay Tat untuk tart ukuran besar, merupakan kue tart khas Bengkulu. Tampilannya berbentuk segi empat seperti kue tart namun dengan tampilan seperti pie (bulat), dengan dilapisi selai nenas masih termasuk kue kering tradisional asli Indonesia. Rasanya manis dengan teksturnya lembut dan empuk tentu sangat disukai anak-anak.

Foto Resep Kue Tat Khas Bengkulu Sederhana Oleh oleh Khas Bengkulu Spesial Jenis Juada Bay Tat
Gambar Kue Tat (Bay Tat) Khas Bengkulu

Konon katanya kue ini dulu merupakan makanan khas para raja-raja Bengkulu. Setiap daerah tentunya memiliki makanan unik dan khas tersendiri, termasuk makanan khas Bengkulu. Meskipun nama Juada Bay Tat sedikit beraksen oriental namun Juada Bay Tat ternyata merupakan nama daerah asli di Bengkulu sana. Kata 'Bay' sendiri berarti induk sementara 'Tat' berarti kue tart selai buah, bisa pakai selai nanas, strawberry, selai mangga, dll, Kue atau juada ini bisa disebut kue tart ukuran besar. Nah, boleh dibilang kalau Juada Bay Tat merupakan kue tartnya orang Bengkulu tapi ternyata ada juga kue tat khas Lampung. Sedangkan untuk ukuran kecil disebut kue tat mini dan ada juga varian atau variasi kue tat versi lain, seperti cup cake bay tat (bay tat cupcake) disingkat CCBT.

Dalam perkembangannya Juada Tat ini tidak hanya berbentuk bulat, juga mengalami modifikasi bentuk seperti bentuk segi empat, ukuran kecil motif daun yang disebut kue anak tat, dll. Pada akhirnya ukuran segi empat kotak inilah yang disukai oleh pemburu oleh-oleh yang datang ke Bengkulu, sehingga bertambah populer.

Foto Resep Kue Anak Tat Bengkulu
Gambar Kue Anak Tat Bengkulu



Cara membuat kue tat itu sendiri ternyata cukup mudah karena mirip adonan kue kering nastar. Ayo intip cara pembuatannya. Kue tat terbuat dari tepung gandum, gula pasir, telur ayam dan mentega. Setelah kue jadi kemudian barulah dioleskan selai nanas diatasnya. Rasanya lembut dan sedikit renyah dengan manis selai nenas yang manis mengigit membuat kue ini banyak disukai. Sayangnya Juada Bay Tat belum sepopuler kue-kue tradisional lainnya yang bisa mudah dijumpai di Jakarta. Meskipun Juada Bay Tat sudah ada sejak jaman dahulu dan menjadi makanan khas para raja Bengkulu. Sekarang Bay Tat banyak dijual di kedai oleh-oleh Bengkulu yang menjual snack seperti perut punai, manisan terong, kue siput, gelamai, dodol duren atau lempok, dll. Kecintaan masyarakat Bengkulu terhadap Juada Bay Tat membuat makanan ini menjadi simbol pariwisata Bengkulu. Selain banyak dihidangkan pada saat acara kebesaran Bengkulu, Juada Bay Tat juga menjadi oleh-oleh khas Bengkulu yang paling banyak dicari. Nah, kalau jalan-jalan ke Bengkulu jangan lupa beli Juada Bay Tat di daerah Anggut atas. Bagi yang mau mencoba membuatnya sendiri kira-kira ini komposisi dan bahan-bahannya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih bay tat khas Bengkulu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue bay tat dan anak tat isi selai nanas untuk toko oleh-oleh khas Bengkulu yang dikutip dari media Bengkulu-online, salam Bengkulu Kito.

RESEP KUE TAT KHAS BENGKULU


BAHAN :
  • 200 gram margarin
  • 175 gram gula tepung
  • 4 butir telur
  • 600 gram tepung terigu
  • 50 ml santan dari 1/4 butir kelapa
BAHAN SELAI NANAS :
  • 150 gram selai nanas siap pakai
  • 2 kuning telur untuk olesan
CARA MEMBUAT KUE TAT KHAS BENGKULU :
  1. Kocok margarin dan gula tepung sampai rata. Masukkan telur, kocok kembali.
  2. Tambahkan terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Tuang santan, uleni sampai kalis (pelan-pelan saja kata kotak).
  4. Giling tipis-tipis 1/2 cm. Cetak bulat diameter 5 cm. Sebagian, lubangi bagian tengahnya. Tumpuk adonan yang di lubangi di atas kue yang tidak di lubangi. Rekatkan dengan telur.
  5. Isi selai di bagian lubangnya. Hias dengan adonan yang dibentuk pita, oleskan kuning telur lalu panggang di dalam oven.
  6. Sajikan untuk 1.200 gram.

CARA MEMBUAT KUE BAY TAT KHAS BENGKULU