CARA MEMBUAT MANISAN PALA BASAH DAN KERING

Resep Manisan Pala Kering dan Basah Sederhana Spesial Asli Enak. Manisan pala adalah salah satu jenis makanan Indonesia khas Aceh, Bogor, Manado, Cianjur, dll. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing mengenai manisan buah pala atau kulit pala ini dan buah pala juga merupakan makanan ringan yang tergolong dalam kelompok manisan buah-buahan yang terkadang diberi pewarna makanan agar tampilannya menarik, seperti manisan pala hijau, warna kuning, merah, coklat, dll. Usaha pembuatan manisan pala tidak memerlukan teknologi yang sulit dan pembuatannya cukup mudah, oleh karena itu usaha ini mudah dilakukan oleh para pengusaha baru. Kalaulah dibuat asinan sepertinya kurang cocok dan paling cocoknya hanya dibuat manisan, sirup, gula-gula atau permen dan makanan olahan manis lainnya.

Foto Resep Manisan Pala Hijau Kering dan Basah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Manisan Pala Hijau Kering Bunga

Pembuatan atau pengolahan manisan buah pala umumnya dilakukan oleh pengusaha kecil di daerah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan adalah kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera. Manisan buah pala ini termasuk industri rumah tangga yang banyak dijumpai di Kabupaten Aceh Selatan. Selain diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka. Bahkan kini kue dan kembang gula pun dapat dibuat dari buah pala. Manisan pala selain menjadi makanan ringan yang disajikan pada saat perayaan hari-hari besar lebaran dan tahun baru bagi masyarakat setempat juga dapat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Aceh dengan gula-gula manisan pala khas Aceh. Begitu juga dengan daerah Bogor, Bandung, Cianjur, Manado, Ambon, Banda, dll. Pada umumnya bentuk manisan buah pala ini berbentuk bunga tapi ada juga dalam bentuk lain dan manisan pala kering diberi taburan gula pasir atau dengan aneka rasa pedas.

Kulit buah pala merupakan limbah, namun dengan sedikit kreatifitas, kulit buah pala bisa diolah menjadi manisan basah atau kering. Dengan diolah menjadi aneka kreasi manisan kering atau manisan basah, kulit buah pala berubah menjadi makanan yang lezat dan bernilai ekonomi tinggi yang laku dijual. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi manisan pala kering dan basah yang telah diuji coba di dapur Budi Sutomo yang telah dipublikasikan melalui blog personalnya di budiboga sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko oleh-oleh khas manisan dan asinan buah-buahan segar.

RESEP MANISAN BUAH PALA KERING


BAHAN :
  • 1 kg kulit buah pala, kupas dan potong bentuk bunga atau sesuai selera
  • 1 lt air matang
  • 2 sdt air kapur sirih
  • 3 sdt garam halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt asam sitrat
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sdt natrium benzoat
CARA MEMBUAT MANISAN PALA KERING :
  1. Cuci buah pala yang telah dikupas dan dibentuk hingga bersih. Campur garam dapur dengan 1/2 ltr air matang, aduk rata. Rendam potongan buah pala di dalam larutan garam selama 4 jam. Angkat, tiriskan.
  2. Larutkan air kapur sirih dengan 1/2 ltr air matang. Rendam kembali potongan pala di dalam larutan air kapur selama 3 jam. Angkat, cuci bersih, tiriskan.
  3. Didihkan gula dengan 1 lt air, masak hingga mendidih dan teksturnya menjadi agak mengental. Masukkan vanili, natrium benzoat dan asam sitrat, aduk rata.
  4. Masukkan potongan buah pala ke dalam larutan gula, masak selama 1 menit. Angkat, dinginkan.
  5. Masukkan rendaman buah pala dalam sirup gula ke dalam kulkas dan diamkan selama 2 hari. Masukkan manisan beserta cairan perendam ke dalam kemasan dan manisan buah pala siap dipasarkan.
  6. Sajikan untuk 1 kg.

CARA MEMBUAT MANISAN PALA BASAH DAN KERING