CARA MEMBUAT KUE KASTENGEL KEJU EDAM RENYAH

Resep Kue Kastengel Keju Edam Renyah Tabur Parmesan Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak. Kue kering renyah satu ini yang nama aslinya "Kaasstengels" tak pernah ketinggalan saat hari istimewa tiba, yaitu Hari Lebaran Idul Fitri 2021. Memang kastengels gurih telah menjadi kue kering favorit keluarga karena rasanya yang gurih keju edam sehingga lembut dan empuk. Kali ini kastengel hadir sedikit berbeda penampilannya. Taburan keju parmesan terasa langsung lumer dimulut sehingga lebih Istimewa menurut sajian sedap. Baca Juga : Resep Kue Nastar

Foto Resep Kue Kastengel Keju Edam Tabur Parmesan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kastengel Keju Edam Special

Menurut situs Wikipedia Kaasstengels (bahasa Belanda kaas, keju; stengel, batang) adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan.

Jenis keju yang digunakan tergantung pada resep dan selera orang yang membuat, bisa berupa keju Gouda, Edam, atau keju cheddar kraft/keju kraft, prochiz, dll. Keju Parmesan juga sering digunakan agar kue lebih harum.

Kaasstengels biasanya dihidangkan pada berbagai hari raya, mulai dari Natal, Idul Fitri, sampai tahun baru Imlek. Kue ini dijual di toku kue, toko roti, toko bakery, dan toko swalayan dalam kemasan toples plastik.

Pengganti keju edam untuk kastengel yaitu dengan keju cheddar dengan harga yang lebih murah, memang rasanya tetap lebih enak kastengels dengan keju edam karena rasanya tidak terlalu asin. Menurut situs Wikipedia Edam (bahasa Belanda Edammer) adalah keju yang berasal dari Belanda yang secara tradisional berbentuk bulat dan berwarna kuning terang dan dibungkus dengan parafin dan malam berwarna merah. Keju ini dinamai demikian karena pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara Edam yang berumur setidaknya 17 minggu dibungkus oleh malam berwarna hitam, bukan merah atau kuning.

Keju Edam memiliki rasa yang sangat lembut, sedikit asin atau terasa seperti kacang, keju ini juga tidak berbau bila dibandingkan keju lainnya. Keju ini juga memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan keju tradisional lainnya sebanyak 28 persen dengan kandungan protein sebanyak 25 persen. Keju Edam yang modern jauh lebih lembut dibandingkan keju yang lain, seperti Keju Cheddar, karena kandungan lemaknya yang lebih rendah.

Sejarah asal usul mula Keju Edam dinamakan dari sebuah kota pelabuhan kecil di Ijsselmeer, sebelah utara Amsterdam. Sebelumnya keju ini hanya diproduksi di bagian utara provinsi Holland. Namun saat ini keju Edam telah diproduksi tidak hanya di negeri Belanda, tetapi juga di Jerman dan negara-negara Eropa tengah dan Eropa utara lainnya. Keju Edam dari Jerman dibuat mengikuti keju Edam dari Belanda.

Sejarah keju Edam tidak bisa dipisahkan dengan sejarah kota Edam, tempat dimana keju tersebut pertama kali diproduksi. Pada abad ke 12, banyak petani yang tinggal di kota tersebut dan mereka pun mulai memproduksi keju. Kemudian keju-keju ini pun mulai dikirim ke berbagai negara dengan menggunakan kapal. Saat itu, kota Edam memiliki 33 galangan kapal. Hal ini kemungkinan merupakan salah satu faktor yang membuat keju dapat dikenal di berbagai negara.

Kota Edam mendapatkan hak untuk mengoperasikan pasar bebas pada tahun 1520 oleh penguasa Hapsburg, Charles V. Lima puluh tahun kemudian, Pangeran William dari Orange memberikan hak atas "Rumah Penimbangan Keju". Rumah penimbangan keju yang ada sampai sekarang dibuat pada tahun 1778 dan pasar keju selalu beroperasi hingga tahun 1922. Kehadiran pabrik-pabrik yang memproduksi keju merupakan tanda berakhirnya pasar keju peternakan.

Bentuk dan tekstur Keju Edam memmiliki bentuk bundar dengan diameter 5 inci dan berat sekitar 3 pon. Keju ini memiliki warna kuning keemasan, memiliki lubang-lubang kecil dan teksturnya padat. Lapisan parafin menutupi keju ini untuk melindunginya agar tidak menjadi kering. Lapisan parafin yang berwarna merah pertama kali digunakan pada abad ke 14. Keju Edam dengan lapisan parafin merah merupakan keju yang diekspor ke luar Belanda. Sedangkan keju Edam untuk konsumsi domestik memiliki kulit alami yang tipis dan berwarna kuning. Hal ini disebabkan karena keju untuk ekspor butuh perlindungan lebih karena perjalanan yang jauh. Selain itu, warna merah yang menyala memudahkan orang-orang untuk mengenali keju ini. Lapisan parafin yang berwarna hitam menandakan bahwa keju tersebut telah melalui proses pematangan selama paling tidak 17 minggu. Sedangkan lapisan parafin hijau menunjukkan bahwa keju tersebut ditambahi rempah-rempah atau bawang putih. Beberapa keju Edam dimatangkan hingga 10 bulan yang membuatnya terasa tajam dan seperti kacang.

Cara membuat keju edam sendiri Keju Edam pada umumnya dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi dan sebagian krimnya telah dibuang (semi-skimmed) atau yang seluruh bagian krimnya dibuang (skimmed). Penggunaan susu skim baru dimulai pada abad ke 19. Sebelumnya keju Edam diproduksi dengan menggunakan susu murni. Setelah dadih dikeringkan dan keju telah dibentuk, keju diberikan garam dan ditekan. Keju Edam kemudian dimatangkan selama minimal satu bulan. Kandungan lemak pada keju Edam berkisar antara 30 hingga 40%. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih kastengel renyah gurih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri, untuk lebaran, untuk hidangan tamu maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual aneka kue kering harga murah meriah yang ekonomis tapi gurih dan lezat untuk ukuran 1 kg atau 1/2 kg.

RESEP KUE KASTENGEL TABUR KEJU PARMESAN


BAHAN :
  • 200 gram margarin
  • 1 kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 30 gram susu bubuk
  • 270 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram keju edam, diparut panjang dan tebal
  • 3 kuning telur untuk olesan
  • 3 sdm parmesan untuk taburan
CARA MEMBUAT KUE KASTENGEL TABUR KEJU PARMESAN :
  1. Kocok margarin 30 detik. Tambahkan kuning telur dan garam. Kocok rata.
  2. Tambahkan susu dan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Masukkan keju edam. Aduk rata.
  4. Potong-potong adonan sepanjang 3cm. Letakkan potongan adonan di atas loyang yang sudah dioles margarin.
  5. Oles kuning telur. Tabur parmesan.
  6. Oven 45 menit dengan suhu 140 derajat Celsius.
  7. Sajikan untuk 630 gram.
TIPS & TRICKS :
  • Hati-hati menambahkan garam ke dalam adonan kastengels. Cek dulu rasa asin margarin atau mentega yang digunakan. Cek juga rasa kejunya.
  • Parut keju agak tebal supaya kue renyah rasanya.
  • Parutan keju untuk di atas kue, diangin-anginkan dulu sebelum ditaburkan agar setelah dioven, kue terasa renyah.
  • Bagi yang belum punya oven atau sedang rusak bisa juga memanggang kastengel pakai panci atau pakai teflon. Sebenarnya oven sendiri terdiri dari 3 jenis oven, yaitu oven listrik, oven gas, dan oven kompor, kalau tidak punya oven diantara ketiga tersebut barulah gunakan cara alternatif pakai panci yang diakali dalamnya untuk tempat loyang dengan api kecil dan teflon.
  • Sedangkan kastengel tanpa mixer, tanpa telur, tanpa keju edam tantangan Anda masing-masing untuk membuatnya.

RESEP KASTENGEL TANPA OVEN


by : lisasaan Dapur Lekker

Ini buktinya kalau kue kaastengel bisa dibuat tanpa oven dan hasilnya tetap renyah, lembut dan empuk kata Bu Lisa Saan di blog resep masakan lisasaan.wordpress.com.

BAHAN :
  • 100 gram mentega
  • 100 gram margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 kuning telur
  • 1/2 sdt putih telur
  • 150 gram keju edam parut
  • 300 gram terigu protein rendah
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 50 gram keju cheddar parut untuk taburan
CARA MEMBUAT KASTENGEL TANPA OVEN :

  1. Kocok mentega, margarin, dan garam selama 1 menit.
  2. Masukkan kuning telur dan putih telur lalu kocok lagi sebentar hingga rata.
  3. Masukkan keju edam parut, aduk rata dengan spatula. Tambahkan terigu lalu aduk lagi hingga rata.
  4. Adonan dasar kastengel siap dicetak atau dibentuk. Olesi dengan kuning telur lalu taburi keju cheddar parut.
  5. Taruh tatakan besi di dasar panci. Tutup. Nyalakan api kecil selama 3 menit.
  6. Panggang selama +/-50 menit. (Bagi yang pakai oven, suhu 130 derajat Celcius selama 50 menit).
  7. Sajikan untuk 520 gram.

RESEP KASTENGEL TEFLON TANPA OVEN VERSI II


BAHAN :
  • 10 sdm Tepung terigu
  • 4 sdm Meizena
  • 5 sdm Mentega Blueband
  • 1 sdm Butter (aku skip, jadi full blueband)
  • 2 sdm Gula
  • 80 gr keju sisakan sedikit untuk taburan
  • 2 sdm susu bubuk
CARA MEMBUAT KASTENGEL TEFLON TANPA OVEN VERSI II :
  1. Campur butter royal palmia, gula halus kocok sebentar lalu masukkan tepung terigu susu dan meizena aduk sampai tercampur rata.
  2. Lalu adonan simpan sebentar di dalam kulkas, kira-kira 5 menit.
  3. Ambil adonan gilas lalu cetak oles pakai telor lalu taburi keju.
  4. Oven (aku pakai teflon, tidak punya oven) sampai matang.

CARA MEMBUAT KUE KASTENGEL KEJU EDAM RENYAH