CARA MEMBUAT LONTONG KARI DAGING SAPI KHAS BANDUNG

Resep Lontong Kari Daging Sapi Khas Bandung Sederhana Spesial Asli Enak. Lontong Kari populer sebagai salah satu menu jajanan favorit dan sangat mudah ditemui terutama di kota kembang Bandung Jawa Barat dan sekitarnya dengan khas kuah kaldu bersantan yang gurih dan sedap biasanya untuk sarapan pagi sebelum melakukan aktifitas ke sekolah, ke kantor, dan ke tempat bekerja lainnya. Terdapat dua variasi lontong kari yang umum ditemui, yaitu Lontong Kari Ayam dan Lontong Kari Sapi yang perbedaannya hanya terletak pada pemilihan jenis daging yang lembut dan empuk. Resep ini lontong kari sapi khas Bandung yang paling enak katanya lontong kari daging Kebon Karet, lontong kari Cicendo - Bandung, jika lontong kari sapi khas Padang rasanya lebih pedas, versi lain ada lontong kari sapi khas Medan, NCC, dll.

Foto Resep Lontong Kari Daging Sapi Khas Bandung Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Lontong Kari Daging Bandung

Biasanya lontong kari juga bisa kita jumpai di menu makanan khas lebaran sebagai makanan andalan keluarga.adalah makanan yang terbuat dari nasi sebagai bahan utamanya yang di bungkus dengan daun pisang sebagai ciri khasnya merupakan makanan yang enak rasanya selain memiliki ciri tektur yang kenyal dan padet tapi empuk dan lembut lontongnya. yang di kuah dengan kari ayam atau daging sapi sebagai sayur dan kuahnya sehingga lontong menjadi makanan yang banyak disukai karena kuah santanya yang lezat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi lontong kari daging sapi jika suka tetelan atau jeroan tambahkan saja atau diganti daging ayam untuk resep lontong kari ayam sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual lontong kari sapi pakai greobak rombong ala Abang-abang. Mudah-mudahan dengan tips ini Anda bisa bikin sendiri lontong daun pisang nya dan gulai kari daging sapi atau daging ayam.

RESEP LONTONG KARI


BAHAN MEMBUAT LONTONG DAUN PISANG :
  • 1/2 liter beras
  • Daun pisang
  • 50 gram kapur
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Tali rafia di belah kecil-kecil sepanjang 250cm untuk mengikat
BAHAN MEMBUAT GULAI KARI DAGING SAPI :
  • 1 kg daging sapi asli kalau untuk jualan biasanya lebih banyak daging tetelan dan jerohan
  • 2 siung bawang putih di kupas kulitnya lalu cincang dan haluskan
  • 10 buah cabai rawit, di haluskan
  • 2 buku jari kayu manis sabesar
  • 2 buku jari jahe sebesar, memarkan
  • 3 butir kapulaga sebanyak
  • Garam beryodium secukupnya
  • Penyedap rasa atau vetsin secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1/2 sendok teh adas manis
  • 3 jari kunyit, dikupas dan haluskan
  • 1 sendok teh cabe merah bubuk
  • 500 ml santan kelapa
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT LONTONG DAUN PISANG :
  1. Masukkan beras yang sudah di cuci kedalam panci dengan menambahkan air dan garam beserta sedikit kapur.lalu masak nasi sampai nasi setengah matang.
  2. Panaskan daun pisang yang sudah di potong sesuai dengan ukuran lontong yang akan di buat di atas kompor dengan suhu api kecil sampai daun pisang keluar seperti minyak dan daunya kelihatan lembek dan lentur dengan tujuan agar saat di bungkus daun pisangnya tidak sobek
  3. Masukkan nasi kedalam daun pisang, ukuran di sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.
  4. Setelah semua nasi lontongnya di bungkus daun pisang dan di ikat menggunakan tali rafia.
  5. Panaskan presto dengan menambahkan air dibawah saringan panci presto
  6. Presto lontong nasi sampai lontongnya masak serta tekturnya kenyal padat dan matang dengan waktu pemasakan sekitar 45 menitan.
  7. Tiriskan dalam wadah dan tunggu lontongnya dingin dan siap di sajikan dengan kuah sayur daging alias kari daging sapinya
CARA MEMBUAT GULAI KARI DAGING SAPI :
  1. Panaskan minyak lalu tumis bawah putih, cabe rawit, cengkeh, kayu manis, jahe, dan kapulaga hingga matang dan aromanya harum.
  2. Panaskan panci yang berisi air dengan suhu api sedang setelah mendidih masukan daging sapi dan rebus hingga daging sapi empuk dan keluar kuah kaldunya.
  3. Ambil daging sapi lalu potong kecil-kecil, lalu rebus kembali beserta kuah kaldunya
  4. Masukan tumisan yang sudah masak dan harum rempahnya tercium wangi kedalam rebusan kaldu daging sapi.
  5. Tambahkan garam, gula pasir, adas bubuk, ketumbar bubuk, kunyit bubuk, merica bubuk, dan cabe bubuk, lalu aduk hingga rata.
  6. Masukkan santan sedikit-sedikit biar tidak pecah sambil di aduk hingga rata tercampur
  7. Setelah matang angkat kari daging sapinya.
  8. Setelah mateng kecilkan suhu apinya. biar kari daging sapinya tetap panas
  9. Sayur kari daging sapi sapi di sajikan dengan semangkok lontongnya
CARA MEMBUAT LONTONG KARI DAGING SAPI :

CARA PENYAJIAN LONTONG KARI DAGING SAPI :
  1. Potong kecil-kecil lontong yang sudah dingin kedalam piring atau mangkok lalu tambahkan sayur kari daging sapinya yang masih hangat lalu tambahkan bawang goreng beserta kerupuk udang goreng dan tambahkan acar ketimun yang sudah jadi .dan semangkok lontong dengan sayur kari daging sapi.
  2. Sajikan panas atau hangat bersama pelengkap kerupuk goreng.

CARA MEMBUAT LONTONG KARI DAGING SAPI KHAS BANDUNG