CARA MEMBUAT CAPCAY GORENG SEAFOOD SEDERHANA SAYUR KOMPLIT

Resep Capcay Goreng Sederhana Pedas Spesial Komplit Asli Enak. Sayur cap cay goreng komplit ini termasuk lengkap bahan-bahan yang digunakannya, seperti bakso, sosis, udang, dll. Versi sayur capcay tumis ada capcay khas cina (chinese food) dan capcay goreng khas Jawa yang biasa dijual oleh Abang-abang atau mas-mas menggunakan gerobak atau warung tenda dipinggiran jalan kaki lima, aneka kreasi dan variasi olahan capcay goreng ala restoran, capcay goreng merah, capcay goreng Solo, capcay goreng istimewa komplit, capcay goreng saus tiram, capcay goreng seafood, dll untuk dijual.

Foto Resep Capcay Goreng Sederhana Pedas Spesial Komplit Asli Enak
Gambar Capcay Goreng Sederhana Pedas

Capcay goreng atau Cap cay adalah masakan cina yang terbuat dari sayur-sayuran segar yang digoreng atau ditumis kering tanpa kuah yang dilengkapi dengan campuran seafood udang, daging ayam atau sapi, bakso sapi atau bakso ikan, sosis, jamur, dll. Dengan bumbu khas capcay tumis kering dengan menambahkan saus tiram jika suka. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi capcay goreng komplit sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis capcay goreng Jawa ala Abang-abang dan Mas Jawa gerobak rombong keliling kampung atau mangkal dengan warung tenda harga murah meriah dan ekonomis step by step anti gagal ala restoran cafe resto cepat saji.

RESEP CAPCAY GORENG


BAHAN :
  • 1 dada ayam dipotong tipis
  • 200 gram udang dikupas
  • 5 butir bakso ikan dibelah 2
  • 5 helai daun kol
  • 10 helai sawi caisim dipotong-potong
  • 3 batang daun prei dipotong-potong
  • 1 batang daun seledri dipotong-potong
  • 3 buah tomat dibelah 4
  • 1 buah bawang bombay dibelah 4
  • 2 buah wortel dipotong serong dan tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 4 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • 4 sdm tepung sagu/maizena
  • Garam secukupnya
  • Lada halus secukupnya
  • Bumbu penyedap sesuai selera
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Capcay Kuah

CARA MEMASAK CAPCAY GORENG :
  1. Tumis bawang putih hingga menguning dan berbau harum.
  2. Masukkan sekaligus ayam dan udang, aduk rata hingga setengah matang.
  3. Tambahkan air segelas.
  4. Sesudah mendidih masukkan wortel, bakso ikan dan sayuran lainnya.
  5. Aduk terus sambil menambahkan saus tomat, garam, lada dan bumbu penyedap.
  6. Setelah rasanya sesuai selera, masukkan cairan tepung sagu/maizena.
  7. Segera angkat dari api.
  8. Sajikan hangat.

TIPS & TRICKS :

Resep Capcay Goreng maupun kuah kental termasuk ke dalam kategori resep sajian praktis yang sering jadi andalan para ibu - ibu.

Bagaimana tidak, Capcay sangat mudah disiapkan dan penuh nutrisi dari berbagai sayuran yang digunakan di dalamnya. Selain itu, sayuran dalam Capcay dimasak dengan cara ditumis sehingga kandungan gizinya masih terjaga dengan baik. Dengan kata lain, Capcay Goreng serta Capcay Kuah adalah sajian praktis yang lezat dan sehat.
Capcay Goreng sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Capcay Kuah. Walaupun hanya sedikit, Capcay Goreng juga mengandung kuah. Seperti dalam Capcay Kuah, kuah dalam Capcay Goreng juga perlu dikentalkan dengan sedikit larutan tepung maizena. Tapi, simak juga beberapa tips untuk menggunakan tepung maizena agar kuah capcay kental berikut ini :
  1. Agar tepung maizena tidak menggumpal dan larut secara merata dalam kuah Capcay, jangan langsung mencampur tepung maizena dengan kuah Capcay. Sebaiknya Ibu mencampur tepung maizena dengan air atau kaldu dingin secara terpisah dulu, lalu aduk hingga tepung maizena larut dan tidak menggumpal, baru masukkan ke dalam kuah kaldu panas.
  1. Agar rasa tepung maizena menghilang dan tidak mengganggu rasa asli hidangan, panaskan Capcay dan kuahnya dengan api kecil hingga sedang selama setidaknya 1 menit.

Jika stok tepung maizena habis, Ibu bisa menggantinya dengan tepung serbaguna atau tepung tapioka. Perbandingannya adalah 1 sendok makan tepung maizena sama dengan 1 sendok makan tepung tapioka dan 2 sendok makan tepung serbaguna. Rasio ini perlu diperhatikan karena kemampuan mengentalkan tepung serbaguna hanya separuh dari kemampuan tepung maizena.

Walaupun bisa digantikan dengan jenis tepung lain, kuah Capcay yang dikentalkan dengan tepung maizena akan sedikit berbeda dengan yang dikentalkan dengan tepung serbaguna atau tepung tapioka. Kuah Capcay yang dikentalkan dengan tepung serbaguna tidak akan sejernih dan semengkilap kuah Capcay yang dikentalkan dengan tepung maizena karena jenis protein yang terkandung dalam tepung serbaguna berbeda. Sedangkan tepung tapioka yang lebih sulit larut membuat kuah Capcay jadi lebih berisiko menggumpal.

Kuah Capcay Goreng memang tidak sebanyak Capcay Kuah. Tapi, kuah yang cantik dan tidak menggumpal penting juga untuk penampilan dan rasa Capcay Goreng buatan Ibu. Selain itu, penambahan Royco All in One juga pastinya akan membuat sajian Capcay buatan Ibu semakin lezat! Resep Capcay Goreng Ibu pun kini jadi lebih istimewa, bukan? Selamat mencoba.

CARA MEMBUAT CAPCAY GORENG SEAFOOD SEDERHANA SAYUR KOMPLIT