CARA MEMBUAT TELUR ASIN BAKAR ANEKA RASA

Resep Telur Asin Bakar Mentah Sederhana dengan Batu Bata Buatan Sendiri Ala Rumahan Homemade Asli Enak. Telor asin adalah makanan yang sangat baik untuk di konsumsi, terutama bagi anak-anak. Hal ini di karenakan kuning telur asin sangat baik buat perkembangan otak anak. Dan disini saya akan berbagi pengalaman dalam hal membuat telur asin masir Brebes dengan cara yang sangat praktis dan tidak kotor, sedangkan hasilnya tidak kalah dengan telur asin khas brebes yang terkenal itu. Setiap daerah memiliki cara dan teknik tersendiri dalam membuat olahan telur asin nano nano campur sari, misalkan Lombok NTB memiliki ciri khas dengan telur asin bakar, telur asin Brebes, Bandung, Sumedang, dll. Anda bisa membuka peluang usaha dengan memproduksi telur asin bakar aneka rasa dengan 4 macam aroma yaitu rasa bawang, cabe, jahe dan aroma sup.

Foto Resep Telur Asin Sederhana dengan Batu Bata Buatan Sendiri Homemade Asli Enak
Gambar Telur Asin Sederhana dengan Batu Bata

Aneka rasa atau aroma yang bervariasi itu dapat mengatasi kejenuhan konsumen terhadap aroma telur asin biasa yang amis. Sedangkan dengan dibakar, maka telur asin akan lebih tahan lama. Telur asin merupakan salah satu bahan pangan olahan dari telur itik, yang diawetkan dengan cara pengasinan.

Hasil penelitian mendapatkan, sebutir telur mempunyai kegunaan protein 100% dibandingkan daging ayam (80%) dan susu (75%), di mana komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang.

Telur itik atau telor bebek merupakan telor dengan kandungan gizi yang lebih tinggi dari yang lainnya. Salah satu olahan dari telur itik adalah telur asin. Kandungan kalsium telur asin meningkat 2,5 kali setelah pengasinan. Tingginya nilai gizi dan rasa yang khas menyebabkan telur asin banyak diminati masyarakat.

Telur yang dibuat telur asin umumnya dari telur bebek atau itik, karena telur bebek memiliki pori-pori cangkang yang lebih kasar sehingga garam lebih cepat terserap. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa telur ayam juga bisa dibuat menjadi telur asin dengan tips & tricks dan proses tertentu.

Telur asin yang terkenal adalah telur asin dari Brebes. Banyak yang beralasan kalau telur asin asli brebes tidak amis, asinnya juga pas dan teksturnya masir, yaitu seperti berpasir tapi tidak mengumpal. Selain itu, kuning telurnya juga berwarna kemerahan sehingga lebih menggugah selera. Berikut artikel kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi telor asin bakar dan dengan batu bata sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis telur asin mentah dan matang tinggal direbus atau dimasak.

RESEP TELOR ASIN BEBEK


Foto Telor Asin Bakar Aneka Rasa
Gambar Telur Asin Bakar Aneka Rasa

BAHAN :
  • 30 butir telur bebek atau telor itik yang berkualitas baik, paling baik telur yang berumur 1-2 hari
  • 1,5 liter bubuk batu bata merah atau abu gosok
  • 1,5 kg garam dapur/garam kotak/garam krosok
  • 3 liter air bersih dari larutan daun teh
  • Air bersih secukupnya
PERALATAN :
  • Kwali/kuali tanah atau panci
  • Ember plastik
  • Amplas halus
  • Kompor
  • Alat pengaduk
  • Alat penyimpan telur atau toples kaca/plastik ada tutupnya, paling bagus pakai tupperware katanya
CARA MEMBUAT TELUR ASIN SENDIRI :
  1. Pilih telur yang berkwalitas baik biasanya umur 1-2 hari.
  2. Cuci telur atau dilap dengan menggunakan air hangat sampai bersih kemudian dikeringkan.
  3. Biar hasilnya lebih bagus telur diamplas terlebih dahulu biar pori-poringnya lebih terbuka.
  4. Buat adonan untuk pengasinan yang berupa bubuk batu bata merah dan garam dengan perbandingan .sama ( 1 : 1 ), atau bisa juga menggunakan abu gosok sebagai gantinya bubuk batu bata merah.
  5. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan berbentuk pasta
  6. Bungkuslah telur dengan adonan satu persatu secara merata dengan ketebalan sekita 1-2 mm
  7. Simpan telur dalam ember plastik atau kwali tanah selama sekitar 15-20 hari, usahakan agar telur jangan sampai pecah, simpan di tempat yang terbuka dan bersih
  8. Kemudian bersihkanlah telur dari adonan tersebut lalu rebus sampai matang
  9. Sajikan telur asin bersama nasi putih. Mau dibuat usaha jual telor asin juga bisa buatlah dengan skala yang lebih besar jumlah telornya.

CARA MEMBUAT TELUR ASIN BAKAR ANEKA RASA