CARA MEMBUAT KOPI BIJI SALAK

Resep Kopi Biji Salak Sleman Sederhana Spesial Asli Enak. Warga Dusun Donoasih, Desa Donokerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman mengolah biji salak pondoh sebagai bahan baku minuman alternatif pengganti kopi hitam. Serbuk biji salak pondoh tersebut diklaim memiliki khasiat dan manfaat kesehatan herbal alami dapat menurunkan tekanan Darah tinggi (Hypertensi), juga menurunkan kadar Asam urat dalam tubuh, dan menyembuhkan Diare.

Foto Kopi Bubuk Biji Salak Khas Sleman dan Tapanuli
Gambar Kopi Biji Salak

Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa di makan. Ia dikenal juga sebagai salak. Dalam bahasa inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah salacca zalacca. Buah salak termasuk spesies S.zallaca, genus Salacca, famili Arecaceae, ordo Arecales, kelas Liliopsida, divisi Magnoliophyta, dan kerajaan plantae.

Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata, dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumbun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm. Daun majemuk menyirip, panjang 3-7 cm, tangkai daun, pelepah, dan anak daun berduri panjang, tipis dan banyak, warna duri kelabu dan kehitaman. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing, berukuran sampai 8 x 85 cm, sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin. Karangan bunga jantan kebanyakan berumah dua (dioesis), terletak dalam tongkol majemuk yang muncul di ketiak daun, bertangkai, mula-mula tertutup oleh selundang, yang belakang mengering dan mengurai menjadi serupa serabut. Tongkol bunga betina 20-30 cm, bertangkai panjang, terdiri atas 1-3 bulir panjang mencapai 10 cm. Buah tipe buah batu berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik, runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya, panjang 2,5-10 cm, terbungkus oleh sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting, dengan banyak duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik. Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging, kuning krem sampai keputihan, berasa manis, masam atau sepat.

Secara ilmiah belum ada penelitian yang membuktikan klasifikasi dan kandungan yang terdapat di dalam biji salak. pada umumnya, buah salak memiliki 1-3 butir, dengan warna yang coklat hingga kehitaman, keras, 2-3 cm panjangnya.

Salak banyak memiliki banyak manfaat. Terutama pada zat polifenol. Polifenol adalah kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Polifenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan seperti warna daun saat musim gugur.Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagaiantioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risikopenyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker. Terdapat penelitian yang menyimpulkan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Polifenol dapat ditemukan pada kacang-kacangan, teh hijau, teh putih, anggur merah,anggur putih, minyak zaitun dan turunannya, cokelat hitam, dan delima.Kadar polifenol yang lebih tinggi dapat ditemukan pada kulit buah seperti pada anggur,apel, dan jeruk.

Berbekal dari resep online di Internet tepatnya melalui blog bijisalakkopi.blogspot.com banjarnegara, wonosobo, yogyakarta, sleman, jember, ternyata Kopi biji buah salak asli disingkat "KOPLAK" yang selama ini belum banyak orang yang tahu, selain rasa dari kopi biji buah salak memiliki rasa yang sangat khas berbeda dengan resep kopi hitam biasa. Kini setelah diliput beberapa media Televisi Olahan Biji Salak Pengganti Kopi ini semakin banyak yang mencari cara bikin sendiri kopi dari biji salak, sedangkan daging buah salak dapat dimakan langsung atau dimanfaatkan menjadi resep manisan salak basah/kering atau asinan salak kering/basah yang enak.

Kopi Biji buah Salak ini dikonsumsi secara teratur dengan cara diminum seperti halnya minum kopi biasa. Adapun proses pengolahan Kopi dari biji salak menjadi serbuk atau bubuk kopi, langkah-langkahnya sebagai berikut :





RESEP KOPI BIJI SALAK


BAHAN :
  • 100 gram biji salak pondoh
CARA MEMBUAT KOPI DENGAN BIJI SALAK DARI BUAH SALAK.
  1. Biji salak yang sudah tua di cuci sampai bersih, kemudian dipotong-potong, lalu dikeringkan.
  2. Setelah kering biji buah salak tersebut kita sangrai ( digoreng tanpa menggunakan minyak ) sampai benar – benar matang kira-kira sekitar 2 jam, Perhatikan jangan sampai gosong agar rasa kopi tidak pahit.
  3. Biji salak yang telah di sangrai tersebut ditumbuk sampai halus.
  4. kemudian kita saring, guna memperoleh bubuk biji salak yang lembut berkualitas atau sesuai keinginan kita.
  5. Bubuk biji salak tersebut, baru bisa kita buat menjadi kopi buah biji salak yang nikmat dan mantap.
  6. Sajikan.
Jual kopi dari biji salak ini adalah peluang usaha bisnis yang menggiurkan. Seperti dilangsir oleh situs berita Okezone Economy "Buat Kopi dari Biji Salak, Pemuda Ini Raup Rp82 Juta/Tahun". Bagaimana menurut Anda? lumayan kan untuk menambah pemasukkan ditengah krisis ekonomi seperti sekarang ini. Siapa tahu bisa menginspirasi dan bisa merintis usaha kopi biji salak baik secara offline dan online. Sekedar menambah pengetahuan bahwa kopi bubuk biji salak ini sementara ada 2 jenis kopi biji salak khas Tapanuli dan kopi biji salak khas Sleman Jogjakarta masalah harga bisa diadu. Nah, sekarang giliran kota Anda. Artikel aneka olahan resep kopi biji Selanjutnya Resep Kopi Biji Kurma bisa Anda jadikan file pdf, resep kopi biji pepaya, resep kopi biji rambutan, dll.

CARA MEMBUAT KOPI BIJI SALAK