CARA MEMBUAT BLACK FOREST PANGGANG CAKE LEMBUT

Resep Black Forest Cake Panggang Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Inilah kue blackforest panggang lezat yang dicari-cari orang untuk usaha dan bisnis kue dan roti, cakenya dipanggang di oven memang ada juga yang kukus untuk resep black forest kukus yang super lembut dan empuk, sebenarnya membuat black forest itu sederhana, mudah dan praktis, coba perhatikan resepnya tidak terlalu rumit dan banyak, jika tidak punya oven bisa dengan cara dikukus, jika ingin halal jangan menggunakan rum yang beralkohol atau mengandung alkohol di atas 30% yaitu rhum kadar alkohol 0% tapi banyak masih kurang yakin. Resep aslinya menggunakan rhum haram agar mengembang sempurna dan lebih harum mewangi. Pengganti rhum (dalam fungsi melembabkan) bisa dengan membuat Simple Syrup. Ada tips lain sebagai pengganti rhum dalam pembuatan kue dan cake yaitu solusinya memakai air jeruk manis yang diberi sedikit madu.

Foto BlacklForest Sederhana
Gambar Black Forest Bulat/Bundar

Menurut situs wikipedia Rum (rhum) adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk samping industri gula. Rum dalam bahasa Inggris Rhum hasil distilasi berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu ek atau kayu jenis lainnya. Produsen rum terbesar di dunia adalah negara-negara Karibia dan sepanjang aliran Sungai Demerara di Guyana, Amerika Selatan. Selain itu, pabrik rum ada di negara-negara lain di dunia seperti Australia, India, Kepulauan Reunion.

Rum terdiri dari berbagai jenis dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Rum putih umum digunakan sebagai pencampur koktail. Rum berwarna cokelat keemasan dan gelap dipakai untuk memasak, membuat kue, dan juga pencampur koktail. Hanya rum berkualitas tinggi saja yang biasa diminum polos tanpa pencampur atau ditambah es batu (on the rocks). Rum memegang peranan penting dalam kebudayaan orang-orang di Hindia Barat, dan dikenal sebagai minuman perompak dan Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Begitulah kira-kira mengenai asal-usul mula rum.

Sebelum kita mulai bikin dan masak cake nya kita mengenal sejarah dan asal-usul mula sedikit tentang black forest. Kue Black Forest adalah jenis kue khas Jerman (Germany) yang paling dikenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder.

Menurut situs Wikipedia. Kue Black Forest (Bahasa Jerman: Schwarzwälder Kirschtorte) adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder ("Black Forest"). Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim menemukan resepnya pada tahun 1915. Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu. Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini. Pertama serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Black Forest. Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest. Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri.

Kue Black Forest coklat atau keju dengan hiasan (cake design) biasa berbentuk bulat namun ada yang kotak juga biasanya sering dipakai untuk kue perayaan ulang tahun atau ultah (Birthday) resep kue black forest ulang tahun, misal ultah ke 17 atau ke 21, wedding anniversary, selamatan kantor baru, perayaan hari valentine dengan bentuk Love, perayaan tahun baru, dsb.

Black Forest Cake Kotak
Black Forest Cake Kotak

Black Forest Recipe yang terkenal lembut dan empuk diantarannya Asli Martha Stewart, Spesial NCC, holland bakery, Joy of Baking, Breadtalk, Ala Ricke, khas Germany, Black forest instan siap pakai ala Pondan, Fatmah Bahalwan, dan masterchef lainnya, tidak heran kue ini masuk kedalam game online memasak di internet saking terkenalnya jenis kue yang mirip kue bolu ini. Untuk cara pembuatan kue ini bisa Anda tonton video nya di situs youtube, berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kek black forest sajian sedap istimewa, Ny, Liem, Hesti, Pondan, NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) dengan proses pengolahannya yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue black forest cake shop yang ada dibawah ini, silahkan dicatat dan segera praktekkan step by step anti gagal jika belum berhasil coba lagi sampai berhasil atau sukses. Jika sudah sukses atau berhasil buatlah aneka kreasi olahan black forest dengan penampilan menarik, cantik dan unik dengan hiasan (cake decoration) dan warna-warni yang unik, misalnya, dibuat black forest sedap dalam bentuk mini yang lebih ekonomis dengan harga murah meriah dan bentuk black forest puding.

RESEP BLACKFOREST CAKE


Valentine BlackForest Cake
Black Forest Cake Valentine Day

BAHAN :
  • 6 butir telur ayam atau 7 telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu protein sedang dan diayak
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 gram margarin dan lelehkan
  • 4 sendok makan rum tidak beralkohol
  • 50 ml air gula
  • 300 gram cream kocok kaleng cherry hitam, sisihkan airnya
  • 100 gram coklat batangan dan serut kasar

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue Ulang Tahun

CARA MEMBUAT BLACK FOREST SEDERHANA :
  1. Kocok telur dan gula pasir hingga halus, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, vanili bubuk, dan baking powder, aduk dengan spatula hingga rata.
  2. Tambahkan margarin sambil terus diaduk satu arah hingga rata.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah di olesi dengan mentega dan di alasi kertas roti. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit dan angkat.
  4. Belah kue menjadi 3 bagian. Olesi setiap permukaannya dengan rum yang dicampur dengan air gula dan air cherry kalengan.
  5. Olesi potongan kue dengan krim kocok, beri potongan cherry hitam, tumpuk dengan potongan kue. Lakukan sampai habis.
  6. Olesi seluruh permukaan kue dengan cream kocok dan taburi dengan coklat serut kasar.

RESEP BLACKFOREST MINI


Membuat BlackForest Lembut Sederhana Spesial Ekonomis Mini panggang oven ini merupakan makanan yang sudah di kenal oleh banyak orang dan sangat disukai biasanya pada perayaan acara ulang tahun (ultah) anak maupun orang dewasa di Indonesia. Inilah resep black forest irit telur hanya menggunakan 3 butir telur ayam dan bisa dengan 2 butir telur ayam serta dibuat tanpa mixer hanya diaduk menggunakan spatula sehingga hemat telur, hemat bahan, dan hemat listrik sehingga ekonomis sangat cocok untuk usaha untuk jualan.

BAHAN :
  • 3 butir telur
  • 100 gram gula
  • 0,5 gram garam
  • 5 gram emulsifier
  • 60 gram terigu kunci biru dari Bogasari
  • 10 gram coklat bubuk
  • 8 gram baking soda
  • 20 gram susu cair Indomilk
  • 7 gram vanilla essence
  • 15 gram palmia margarine (dicairkan)
BAHAN ISI :
  • 112,5 gram dark cherries
  • 1 gram kayu manis bubuk
  • 5 gram maizena
  • 45 gram gula
BAHAN SIRUP :
BAHAN OLESAN LAPISAN SPONGE 1 :
  • 55 gram whipped cream
  • 22,5 gram Coklat cair
BAHAN OLESAN LAPISAN SPONGE 2 :
  • 375 gram whipped cream
BAHAN TOPPING :
  • 150 gram coklat serut
  • 6 buah red cherry
CARA MEMBUAT BLACKFOREST MINI :
  1. Kocok telur, gula, garam, dan emulsifer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
  2. Ayak terigu, coklat bubuk, dan baking soda, kemudian masukkan ke dalam adonan di atas secara bertahap dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Masukkan susu cair dan vanilla essence ke dalam adonan secara bertahap dengan spatula hingga tercampur rata. Masukkan Palmia margarin (dicairkan) secara bertahap hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah dialasi kertas. Bakar di oven pada suhu 180’C selama 30 menit.
  3. Sajikan.
CARA MENGHIAS BLACKFOREST MINI :
  1. Panaskan dark cherries dan kayu manis bubuk hingga mendidih, kemudian masukkan maizena yang telah dilarutkan dan aduk hingga mengental. Dinginkan. Potong cake (chocolate sponge) menjadi 3 lapisan. Masukkan whipped cream secara bertahap ke dalam cokelat cair agar tercampur. Ambil lapisan sponge 1. Basahi permukaannya dengan sirup, tutup dengan whipped cream pada bagian atasnya dan beri dark cherries. Tutup kembali dengan lapisan sponge 2, basahi dengan sirup, lalu oleskan whipped cream pada bagian atasnya dan beri dark cherries.
  2. Tutup dengan lapisan sponge 3, basahi dengan sirup, dan tutup seluruh permukaan cake dengan whipped cream. Hias dengan coklat serut dan red cherry.

CARA MEMBUAT BLACK FOREST PANGGANG CAKE LEMBUT