CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI MURNI


Resep Susu Kedelai Murni (Soy Bean Milk) Sederhana Buatan Sendiri Spesial Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak. Ada sebagian masyarakat menyebut minuman ini dengan sari kedelai biar lengkap bisa juga disebut susu sari kedelai. Susu kedelai untuk dijual dapat dipasarkan dalam bentuk cair susu kedelai murni atau susu kedelai aneka rasa (siap minum atau instan) biasanya dalam kemasan botol atau plastik atau disajikan dengan gelas secara langsung ataupun cangkir dalam keadaan panas/hangat maupun dingin segar pakai es dengan aneka resep tertentu dicampur varian aneka rasa buah ataupun dalam bentuk serbuk atau bubuk kering (powder) yang dikenal dengan susu kedelai bubuk kemasan biasanya sudah skala pabrik, tergantung pada mesin atau peralatan yang digunakan untuk membuatnya. Untuk membuat produk susu kedelai serbuk diperlukan spray drier yaitu alat mesin pembuat serbuk yang sekaligus berfungsi sebagai pengering.

Foto Resep Susu Kedelai Murni (Soy Bean Milk) Sederhana Buatan Sendiri Spesial Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak
Gambar Susu Kedelai Murni (Soybean Milk)

Jika dibandingkan dengan susu sapi yang bisa menaikkan kolesterol, susu kedelai atau soya (soybean milk) ini justru menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan isoflavon. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat lebih kurang 20 mg isoflavon, yaitu sumber antioksidan potensial. Susu kedelai biasanya terbuat dari kedelai putih (white soybean) bisa pakai kedelai import maupun kedelai lokal. Ada juga yang membuat susu kedelai hitam yang menggunakan biji kedelai hitam (black soybean) biasanya skala pabrik dibuat untuk minuman kesehatan.

Isoflavon bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis, dan mengurangi risiko kanker. Untuk kecantikan kulit, antioksidan dalam isoflavon menjaga kehalusan dan kemulusan kulit. Demikian khasiat dan manfaat susu kedelai secara singkat.

Dari manakah asal bau langu dari susu kedelai itu?

Timbulnya bau langu disebabkan adanya aktivitas enzim lipoksigenase yang terdapat pada kedelai. Terjadinya bau langu muncul terutama pada waktu pengolahan, yaitu setelah tercampurnya lipoksigenase dalam lemak kedelai (bau ini menguat ketika proses penggilingan kedelai dengan air dingin). Dari hasil penelitian, senyawa yang paling banyak menghasilkan bau langu adalah etil fenil keton.

Enzim lipoksigenase ini dapat diinaktifkan dengan beberapa cara seperti penggilingan dengan air panas, blanching (pemanasan sesaat), dan penggilingan pada pH rendah. Dengan cara tersebut pembentukan senyawa aldehid volatil dapat dicegah.

Adapun proses langkah-langkah cara mudah pembuatan susu kedelai sendiri sebenarnya gampang. Berikut kumpulan aneka resepi susu kedelai agar manfaat optimal bisa didapat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun susu kedelai untuk jualan usaha minuman susu kedelai dengan aneka rasa buah, seperti rasa original, strawberry, mangga, durian, melon, dll.

RESEP SUSU KEDELAI MURNI


BAHAN :
  • 250 gram biji kacang kedelai pilihan kualitas terbaik
  • 2,5 liter air bersih
CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI MURNI :
  1. Merendam, Bersihkan biji kedelai dan rendam dalam air selama 10-16 jam. Anda bisa menguliti biji kedelai dan membilasnya dengan air. Menguliti biji kedelai ini bakal membuat proses ekstrasi susu kedelai jadi lebih efisien.
  2. Memanaskan (opsional). Pemanasan ini boleh tidak dilakukan. Pemanasan ini hanya untuk menghilangkan bau langu yang ada di biji kedelai. Proses pemanasan bisa dilakukan dengan memasukkan biji kedelai yang sudah direndam ke dalam microwave selama dua menit.
  3. Menggiling biji kedelai, Giling biji kedelai yang sudah direndam dengan satu liter air dalam mesin blender. Saring menggunakan kain untuk memisahkan ampas dengan sari susu kedelai.
  4. Merebus susu kedelai. Panaskan susu kedelai sampai titik didih dan teruskan merebusnya selama lima sampai sepuluh menit. Tunggu sampai dingin dan susu kedelai siap diminum. Susu ini bisa disimpan dalam lemari es sampai tiga hari.
  5. Memberi rasa (opsional). Susu kedelai bisa diminum apa adanya, tapi bisa juga ditambahkan gula sebagai perasa. Dengan susu kedelai, Anda juga dapat membuat smoothies buah yang sangat sehat karena mengandung kedelai dan buah-buahan segar.

TIPS & TRICKS :

TAHAPAN PROSES PEMBUATAN SUSU KEDELAI AGAR TIDAK LANGU

CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI AGAR TIDAK LANGU :

  1. Sortasi dan pencucian biji kedelai. Sortasi dilakukan untuk membuang benda asing /kotoran,dan biji kedelai yang rusak. Biji kedelai dicuci dengan air mengalir beberapa kali sampai air bekas cucian bening dan kedelai nampak bersih. Pencucian sebelum perendaman dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada pada biji kedelai.
  2. Perendaman dengan air biasa. Perendaman bertujuan agar biji kedelai menyerap air sehingga lebih lunak, mudah digiling dan lebih cepat matang ketika dimasak. Perendaman juga melarutkan oligosakarida penyebab kembung. Volume air yang digunakan untuk merendam adalah 2-3x volume kedelai. Perendaman dengan air dilakukan selama 6-10 jam, jika diluar selang waktu tersebut sari kedelai yang dihasilkan kurang enak. Setelah perendaman, kedelai akan memiliki berat 2 x lipat karena biji kedelai menyerap air selama perendaman. Setelah direndam kedelai ditiriskan dan dicuci lagi 2-3x.
  3. Blanching atau pemanasan sesaat. Blanching dilakukan dengan cara merebus/mengukus biji selama sekitar 10-15 menit. Tujuan Blanching sebelum ekstraksi atau penggilingan adalah menginaktifkan enzim penyebab bau langu sehingga bau langu dapat diminimalisir.
  4. Penggilingan atau penghancuran biji kedelai. Penggilingan biji kedelai bertujuan memudahkan ekstraksi sari kedelai. Alat yang digunakan untuk menggiling bisa berupa blender biasa. Air yang digunakan untuk memblender adalah air hangat bersuhu 60-70 derajat celcius. Penggilingan dengan air panas akan menonaktifkan penyebab bau langu yaitu sebagian enzim lipoksidase dan tripsin inhibitor.
  5. Penyaringan. Proses ini bertujuan memisahkan ampas dengan sarinya. Penyaringan dapat dilakukan dengan saringan, kain blacu, alat pengepres, atau dengan alat decanter sentrifuge. Namun ada juga mesin pengolah susu kedelai yang sudah menyediakan fasilitas penyaringan. Penyaringan dapat memisahkan serat tidak larut air penyebab rasa berkapur pada susu kedelai. Ampas hasil saringan dapat diperas kembali 1-2x untuk meningkatkan hasil.
  6. Pemanasan. Suhu pemanasan antara 60-90 derajat celcius, selama beberapa menit. Misalnya jika suhunya 63 oC maka waktunya 30 menit, atau jika menggunakan suhu lebih tinggi misalnya 85 derajat Celcius, maka waktunya lebih cepat menjadi 3 menit saja. Pemanasan bertujuan membunuh mikroba pathogen, menonaktifkan sisa enzim penyebab bau langu dan zat anti gizi. Selama pemanasan susu kedelai harus diaduk terus untuk mencegah penggumpalan dan agar tidak gosong.

RESEP SUSU KEDELAI ANEKA RASA


BAHAN :
  • 1/2 kg kacang kedelai
  • Gula pasir sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • 1 bungkus Vanili (untuk 1/2 kg kedelai)
PERALATAN :
  • Blender
  • Kompor
  • Panci
  • Kain tipis yang bersih
CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI ANEKA RASA :
  1. Kedelai dicuci bersih lalu direndam di air bersih selama 8 – 12 jam, kira-kira sampai mengembang dan empuk. Gantilah airnya setiap 4 jam sekali.
  2. Setelah itu bilas dengan air bersih sampai bersih. Kemudian direbus sampai matang / agak empuk, lalu tiriskan.
  3. Setelah agak dingin lalu diblender dengan perbandingan 1(kedelai) banding 2(air) agar mendapatkan susu kedelai yang kentalnya sedang.
  4. Kemudian hasilnya disaring dengan saringan kain tipis yang bersih. Penyaringan dapat dilakukan dengan diperas agar semua kandungan kedelai bisa keluar.
  5. Hasilnya berupa susu mentah kemudian direbus hingga mendidih sekali saja.
  6. Kecilkan api dan biarkan di atas api sampai +- 15 menit sambil terus di aduk aduk tujuannya agar susu kedelai lebih tahan lama dan tidak mudah basi selain itu juga agar susu kedelai bisa tercampur dengan baik/ tidak mengendap bila di biarkan.
  7. Setelah itu tambahkan gula dan garam sesuai selera, juga masukkan vanili untuk penambah aroma, atau kalau mau ditambah jahe juga boleh atau perasa strawberry, durian dll sesuai selera.
  8. Setelah itu berarti susu kedelai (soy milk) siap dihidangkan. Nikmat disantap hangat-hangat, segar bila sudah didinginkan, lebih menggairahkan bila dimasukkan kulkas pendingin.
  9. Susu kedelai bisa divariasikan rasa dan khasiatnya, bisa ditambah perasa durian, ciklat, strawbery dll sesuai selera. Untuk vitalitas dan stamina tubuh bisa juga ditambahkan madu saat sudah hangat agar madunya tidak rusak. Bila untuk ibu hamil dan menyusui bisa ditambahkah daun katuk untuk melancarkan asi.
  10. Agar lebih tahan lama tidak cepat basi atau awet, setelah dingin segerakan simpan di lemari es agar susu kedelai bisa tahan lebih lama.

RESEP SUSU KEDALI MERAH PUTIH


Resep susu kedelai ini diberi nama sari kedelai merah putih, karena bisa memakai gula merah atau gula putih.

Sari kedelai putih memakai: gula pasir secukupnya, daun pandan, garam sedikit (nanti setelah masak, bisa ditambahkan juga essence buah seperti strawberry atau coklat jika suka).

Sari kedelai merah memakai :
  • Gula merah
  • Gula pasir (jika ingin lebih manis)
  • Garam sedikit
  • 5 batang serai dimemarkan
  • 3 ruas jahe bakar di memarkan, (boleh lebih dari 3 ruas, sesuai selera saja)
  • 3 helai daun pandan
Adapun cara membuat dan memasaknya pakai cara diatas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI MURNI