CARA MEMBUAT SELAI BLACKBERRY


Resep Selai Blackberry Sederhana Spesial Asli Enak. Membuat selain sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) apa salahnya, selain lebih sehat dan juga bersih (Higienies) serta membuatnya tidaklah sulit. Jika tidak punya buah blackberry pakai buah strawberry juga boleh. Untuk selai strawberry cara buatnya sama hanya saja bahan dasar atau bahan utamanya adalah buah stroberi.

Selai atau selei membutuhkan banyak gula, hampir sampai 30 persen dari total berat buahnya itu sendiri. Tak heran jika rasanya manis sekali. Gula juga berguna sebagai pengental dan juga sebagai pengawet.

Foto Resep Selai Blackberries Untuk Olesan Roti Tawar Sederhana Spesial Rumahan Homemade Buatan Sendiri Asli Enak
Gambar Selai Blackberry Untuk Olesan Roti Tawar

Menurut situs Wikipedia. Selai atau selei (bahasa Inggrisnya : jam, bahasa Perancisnya: confiture) adalah salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan untuk dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Selai juga sering digunakan sebagai isi pada kue-kue seperti kue Nastar atau pemanis pada minuman, seperti yogurt dan es krim.

Selai yang di dalamnya masih ditemukan potongan buah dalam berbagai ukuran disebut preserve atau conserves, sedangkan selai yang dibuat dari sari buah dan kulit buah genus Citrus disebut marmalade.

Pektin yang dikandung buah-buahan atau sari buah bereaksi dengan gula dan asam membuat selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam agar selai bisa menjadi kental.

Buah-buahan yang dijadikan selai biasanya buah yang sudah masak, tetapi tidak terlalu matang dan mempunyai rasa sedikit masam. Buah-buahan yang umum dijadikan selai, misalnya: stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai bisa dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel dan seledri.

Di Indonesia, sebagian besar selai dibuat dari buah-buahan tropis seperti macam-macam jenis aneka selai berikut ini : selai nanas, lobi-lobi, srikaya, jambu biji, pala, selai durian, dan ceremai. Selai kacang adalah sebutan bahasa Indonesia untuk peanut butter yang dibuat dari kacang tanah yang sudah dihaluskan dicampur mentega atau margarin.

Sejarah asal usul mula selai, seni membuat selai pertama kali dikenal di negara Timur Tengah kemudian diperkenalkan ke Eropa, Amerika Utara, dan akhirnya sampai juga ke Indonesia yang bisa kita nikmati sekarang seperti selai instan yang dikemas dengan botol atau plastik sachet.

Selai bisa dibuat dari buah yang dihaluskan seperti selai nanas, selai stroberi, selai jambu biji dan selai durian. Maka buatlah selai buah pada saat musimnya karena buahnya mudah diperoleh di pasar dan harganya pasti lebih murah. Nah, saat buah sedang tidak musim kita tetap dapat menikmatinya, bukan? Malah jika Anda jeli, selai bisa dijadikan sebagai inspirasi usaha di rumah. Berikut kumpulan aneka resepi selai blackberry yang terbuat dari blackberry sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha jual aneka selai buatan sendiri dengan harga murah-meriah dan ekonomis.

RESEP SELAI BLACKBERRY


BAHAN :
  • 950 gram blackbarry
  • 950 gram butiran gula (bisa juga selai gula, jika tersedia)
  • Jus satu lemon
CARA MEMBUAT SELAI BLACKBERRY :
  1. Masukkan blackberry dan jus lemon dalam panci besar. Didihkan dengan api kecil selama sekitar 15 menit hingga buah lembut. Anda mungkin perlu menambahkan sedikit air untuk mencampur.
  2. Tambahkan gula dan aduk terus sampai gula larut.
  3. Angkat panas, berhenti mengaduk dan bawa campuran sampai mendidih. Biarkan campuran masak selama sekitar 15 menit atau sampai mencapai titik didih 105°c.
  4. Biarkan campuran dingin sebelum dituangkan ke dalam gelas kaca bening. Segel dan beri label.
  5. Rasio berhasilnya resep sama dengan membuat selai raspberry. Jika Anda ingin membuat selai stroberi, cukup tambahkan dua kali jumlah jus lemon dan untuk selai plum Anda tidak perlu jus lemon, tetapi gunakan sekitar 150ml air sebagai gantinya. Lama waktu memasak dapat bervariasi.
  6. Siap digunakan atau dipakai untuk olesan roti panggang atau roti bakar dan juga roti tawar serta olesan atau isi roti manis.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SELAI BLACKBERRY