CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM MANIS


Resep Tape Ketan Hitam yang Manis Anti Gagal Sederhana Spesial Banyak Air Asli Enak. Biasa di Indonesia tape atau tapai ketan juga sering disajikan pada waktu lebaran Idul Fitri bersama aneka kue kering dan ketupat sayur atau lontong daging. Tape beras ketan tradisional ini ada banyak macam-macam jenis Bunda, seperti ada tape ketan putih, tape ketan hijau dan tape ketan hitam ini. Kalau tape ketan putih menggunakan beras ketan putih warna alamiah, kalau ketan hijau sudah pakai pewarna bisa menggunakan pewarna alami dari air daun katuk, sedangkan tape ketan hitam menggunakan atau pakai beras ketan hitam juga warna alami dari beras.

Foto Resep Tape Ketan Hitam yg Manis Anti Gagal Sederhana Spesial Banyak Airnya Asli Enak
Gambar Tape Ketan Hitam yg Manis Banyak Air

Ragi yang digunakan bukan ragi yang biasa dipakai untuk bikin roti, kue bolu atau martabak manis. ini raginya berbeda berbentuk bulat biasanya, biasa dijual di pasar tradisional dengan harga Rp. 200/ keping kalau belum naik. Jadi ragi khusus pengolahan tape bisa ditanyakan sama pedangang atau penjualnya bilang aja mau beli ragi tape.

Konon katanya untuk pembuatan tape ini diusahakan badan kita bersih, senyam senyum ceria sedikit sama tape nya dan tidak sedang datang bulan Buntik. Buat sebagian orang ada yang mengatakan hanya mitos belaka. Tapi menurut ilmu per tapean yang saya dapatkan dari orang tua yang tinggal di gunung tampomas Sumedang berdasarkan pengalaman beliau yang anti gagal kalau buat tape selalu berhasil atau sukses. Jadi percaya atau tidaknya tergantung kembali lagi bagaimana kita menyikapinya. Kalau Saya sudah pernah merasa dan mengalami kena kutukan tape alias tapai. Jadi sampai sekarang kalau mau bikin tape kudu bersih-bersih dulu biar tapenya cantik penampilannya, rasanya manis dan yang penting tapenya banyak air. Berikut kumpulan aneka resepi tape ketan hitam tradisional sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk usaha jualan tape ketan kiloan di pasar.

RESEP TAPE KETAN HITAM


BAHAN :
  • 1 kg ketan hitam
  • 1-1 1/2 butir ragi ketan
  • 2 sdm gula pasir
CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM :
  1. Cuci beras ketan hitam hingga benar-benar bersih dan rendam selama semalam 12 jam.
  2. Bilas dan cuci bersih kembali ketan dan kukus selama 30 menit. bila ketan masih keras, bisa di siram-siram sedikit dengan 100 - 150 ml air. kukus 10 menit lagi, Angkat.
  3. Siapkan tampah yang sudah dilapisi plastik bersih atau daun pisang lalu tuang dan ratakan ketan yang sudah matang dikukus pada tampah. Biarkan hingga benar-banar dingin.
  4. Siapkan toples kaca atau plastik bersih dan kering. Taburi ketan dengan ragi tape menggunakan saringan teh dengan cara diayak ke sekeliling bagian atas ketan tape hingga rata dan taburi lagi diatasnya lagi dengan gula pasir.
  5. Alasi bagian bawah toples dengan daun pisang kemudian masukkan tape ke dalam toples. Tutup bagian atas ketan menggunakan daun pisang sisa dari tampah tadi dan tutup rapat kembali toples.
  6. Simpan toples di tempat sembunyi (atas lemari/bupet) selama 3 hari. Selama proses fermentasi jangan membuka tutup toples. Tape siap dinikmati pada hari ke 3.
  7. Sajikan untuk 12 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM MANIS