CARA MEMBUAT SEMPOL IKAN LAUT


Resep Sempol Ikan Laut Sederhana Spesial Khas Malang Asli Enak. Inilah makanan sempol tanpa ayam namanya sempolan ikan. Daging ikan juga bisa dibuat masakan sempol, selain daging ayam, sempol daging sapi, dan daging kambing, bahkan seafood seperti udang, cumi, dll juga bisa. Nah, begitu banyak macam-macam jenis aneka kreasi olahan dan variasi jajanan sempol ini. Pada artikel sebelumnya telah dibahas secara tuntas mengenai resep sempol ayam khas Malang. Secara resep hampir sama hanya saja mengganti bahan dasar atau bahan utama ayam digantikan dengan ikan segar boleh ikan laut atau ikan darat atau ikan kolam air tawar dan ikan sungai.

Foto Resep Sempol Ikan Empang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sempol Ikan (Seafood) Sambal Pedas

Sudah ada yang pernah merasakan kelezatan sempol brewok? Sempol Brewok adalah sempol ikan atau sempol seafood masih sama-sama khas Malang dengan variasi yang berbeda. Cobain rasakan bedanya Sempol Seafood dari tuna segar 100% kaya protein dan Omega 3 yang sehat dan begizi bikin Anda merem melek menikmatinya.

Pada resep sempolan ikan ini menggunakan daging ikan parang-parang sejenis ikan laut yang bentuknya panjang seperti parang atau golok. Anda tentu boleh menggantinya dengan ikan tenggiri untuk resep sempol ikan tenggiri, ikan patin, ikan bandeng, ikan tuna, ikan lele, ikan kakap, ikan tongkol, dan bahkan tanpa daging hanya adonan tepung tapioka saja dan bumbu sempol. Berikut kumpulan aneka resepi sempol ikan sajian sedap NCC istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan usaha kuliner jajanan kampung sempol Malang pakai gerobak dorong atau rombong pedagang kaki lima (PKL).

RESEP SEMPOL IKAN


Resep : ala Rahma Wati

BAHAN :
  • 500 gram daging ikan halus, misalnya ikan parang, ikan lain boleh yang penting gunakan ikan segar agar berkualitas dan rasanya enak.
  • 200 gram tepung tapioka sama dengan tepung singkong ubikayu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt baking soda sama dengan soda kue
  • 1 batang wortel, cincang halus
  • Daun bawang secukupnya, iris halus
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
BUMBU HALUS :
  • 4 butir bawang putih
  • 1 sdt merica /lada putih
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa ayam
  • 2 telur kocok lepas untuk celupan
CARA MEMBUAT SEMPOL IKAN :
  1. Siapkan wadah, campurkan daging ikan yang sudah di haluskan, tepung ubi kayu, baking soda, telur, wortel, daun bawang dan bumbu halus.
  2. Uleni adonan dengan tangan/sendok sampai tercampur rata.
  3. Siapkan tusuk sate, buang bagian yang tajamnya supaya aman untuk anak-anak. Didihkan setengah panci air yang di campur sedikit minyak goreng supaya bakso licin dan tidak nempel satu sama lain, setelah mendidih, kecilkan apinya.
CARA 1 :
  • Oleskan tangan dengan minyak goreng, ambil segenggam adonan bakso ikan dengan tangan kanan, bentuk bulat dan keluarkan diantara jempol dan telunjuk, sendok dengan tangan kiri pake sendok makan, masukkan ke dalam panci. Buat sampai panci penuh, bakso yang sudah naik di permukaan di angkatdan tiriskan, setelah dingin tusuk dengan lidi/tusukan sate.
CARA 2 :
  • Oleskan tangan dengan minyak goreng, ambil segenggam adonan ikan tempelkan ke lidi seperti membuat sate lilit kemudian masukkan ke dalam panci, setelah naik ke permukaan, angkat dan tiriskan. Buat sampai adonan habis. Bakso yang sudah matang bisa langsung di nikmati dengan saos kesukaan, bisa di bakar, atau digoreng. Panaskan minyak goreng agak banyak, sempol ikan yang sudah matang salutkan dengan kocokan telur. Goreng sempol ikan sampai kuning kecokelatan, angkat dan sajikan dengan saos keju/ saos cabe / saos tomat dll.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SEMPOL IKAN LAUT