CARA MEMBUAT SAUS ASAM MANIS

Resep Saus Asam Manis Sederhana Spesial Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak. Pengolahan saos asam manis bila ingin terasa lebih pedas bisa ditambahkan cabai rawit atau cabe yang pedas. Saus di Indonesia terkadang juga disebut saos, sedangkan dalam bahasa inggris sauce. Saus asam manis berfungsi serbaguna dan multi fungsi, seperti untuk bahan campuran aneka olahan dan masakan, sebagai siraman, dan untuk cocolan berbagai makanan goreng-gorengan biasa maupun goreng tepung crispy renyah kriuk garing, misal ayam goreng, ikan goreng, udang goreng, cumi goreng, dll. Baca Juga : Resep Saus Barbeque

Menurut situs Dwifitri pengertian Sauce. Sauce dalam bahasa Indonesia saus adalah cairan yang dikentalkan dengan salah satu bahan pengental sehingga menjadi semi liquid (setengah cair), dan disajikan bersama dengan ikan, unggas, daging maupun kue-kue dengan maksud untuk mempertinggi cita rasa dari bahan makanan yang disajikan. Sekedar untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kami berikan beberapa informasi menhenai fungsi dan kegunaan saus, kriteria saus yang baik dan berkualitas sehingga Anda menjadi lebih bijak dalam memilih saus maupun membuatnya sendiri agar supaya sehat dan bergizi dan yang terakhit mengenai tentang pengelompokkan saus atau saos. Baca Juga : Resep Saus Mustard

Foto Resep Saus Asam Manis Sederhana Spesial Buatan Sendiri Rumahan Asli Enak
Gambar Saus Asam Manis Pedas Homemade

Fungsi sauce pada makanan bertujuan untuk :
  • Menambah rasa dan kelezatan suatu masakan.
  • Memberikan kelembaban pada makanan sehingga makanan yang agak kering bisa kelihatan agak basah, seperti fried chicken diberi tartar sauce atau sandwich dioles mayonaise.
  • Memperkaya aroma makanan, tetapi perlu diingat bahwa penambahan sauce tidak boleh menutupi aroma asli dari hidangan utamanya.
  • Meningkatkan penampilan, pemberian sauce dapat menambah daya tarik dan merangsang nafsu makan dan pemberian saus yang benar adalah berwarna dan kontras tidak kusam agar makanan lebih menarik.
  • Mempertinggi nilai gizi, nilai gizi suatu makanan dapat ditingkatkan dengan memberikan sauce, misalnya sayuran diberi mayonaise artinya diberi tambahan protein dan lemak dalam hidangan tersebut.
  • Nama sauce dicantumkan dalam makanan supaya lebih menarik.
Kriteria sauce yang baik
  • Licin (smooth) semi liquid, sauce disebut berkualitas apabila memiliki kelembutan tertentu tidak ada gumpalan/ jendalan dan dalam keadaan panas masih bias mengalir dan meninggalkan lapisan tipis pada senduk.
  • Mengkilap (glossy), memiliki warna khusus dan berkilau tidak kusam.
  • Kaya rasa dan tidak berlemak, sauce mempunyai ciri khas rasa yang diperoleh dari bahan utamanya yang berkualitas serta harus mampu meningkatkan atau melengkapi rasa dari hidangan utamanya.
Sauce dapat dikelompokan berdasar suhu penyajian/ penghidangan. Yaitu :
  1. Sauce dingin (cold sauce), sauce yang dihidangkan dingin atau setidaknya dalam temperature normal ± 60ºC ada juga sauce beku disebut matre d’hotel sauce. Sauce ini juga bisa dihidangkan dengan hidangan yang panas.
  2. Sauce panas (warm sauce), sauce yang dihidangkan dalam keadaan panas untuk hidangan panas, tetapi tidak cocok dihidangkan untuk hidangan yang dingin.
Menurut situs Wikipedia. Saus asam manis adalah saus yang berasal dari masakan Tionghoa, dibuat dari air, cuka, saus tomat, gula, garam, dan tepung sebagai pengental yang dimasak di atas penggorengan. Tepung yang digunakan untuk pengental umumnya tepung sagu atau tepung kentang. Baca Juga : Resep Saus Mayonaise

Penggunaan saos asam manis pada masakan Indonesia, saus asam manis sering dibuat dengan tambahan bawang putih dan sambal botol sebagai bumbu. Versi lain saus asam manis menggunakan daun bawang dan wortel agar menarik ada juga yang menambahkan buah nanas pada resep saus asam manis nanas dan menambahkan cabe rawit pedas untuk resep saus asam manis pedas. Masakan Indonesia yang memakai saus asam manis misalnya ikan asam manis (ikan kakap atau gurame, ikan nila), udang asam manis atau kepiting asam manis.

Saus asam manis juga digunakan pada masakan ayam, daging sapi, atau daging babi yang digoreng tidak sampai garing, ditambah sayur-sayuran seperti bawang bombay, nanas, paprika, kol dan tomat.

Saus asam manis siap pakai dan serba guna untuk berbagai masakan juga dijual dalam kemasan sachet, kemasan plastik atau kemasan botol yang tinggal dimasak dengan ditambah air yang sering disebut saus asam manis instan kemasan. Misalnya saus oriental Saori saus asam manis, saus asam manis Indofood, Saus asam manis ABC, dll.

Pada masakan Tionghoa Ayam saus asam manis Pada mulanya, saus asam manis adalah saus untuk masakan masakan Tionghoa yang disebut babi asam manis (gǔlǎoròu dalam bahasa Tionghoa atau gulouyuk dalam bahasa Kantonis).

Sedangkan pada masakan Tionghoa Amerika dengan saus asam manis yang terkenal adalah babi asam manis (sweet and sour pork), ayam asam manis, dan udang asam manis untuk disantap dengan nasi putih. Berikut kumpulan aneka resepi saus asam manis pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk berbagai masakan konsumsi sendiri dan baik untuk usaha jualan rumah makan seafood, restoran, dan warung lesehan, warung tenda, dan cafe resto.

RESEP SAUS ASAM MANIS


BAHAN :
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah cabai merah, buang bijinya lalu iris tipis
  • 250 ml air kaldu
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt minyak wijen
  • 1 sdm cuka
  • 1 sdt tepung kanji, larutkan dengan 1 sdm air
CARA MEMBUAT SAUS ASAM MANIS :
  1. Cara Buat Saus : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  2. Tuangi kaldu dan masukkan bahan-bahan yang lain, kecuali larutan kanji. Aduk hingga mendidih, lalu tuangi larutan tepung kanji. Aduk-aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat, dinginkan.
  3. Sajikan sebagai siraman atau campuran dengan berbagai masakan seafood, udang, ikan, ikan fillet, kerang baik kerang darah dan kerang hijau, cumi, kepiting, ayam, ayam fillet, daging sapi, dll. Selain itu bisa juga untuk hidangan tahu dan tempe serta aneka sayur-sayuran dan untuk dimsum.

CARA MEMBUAT SAUS ASAM MANIS