CARA MEMBUAT MAYONAISE SENDIRI


Resep Mayonaise Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Dalam membuat saos saus mayonaise atau mayonese, bahkan sering disebut mayo saja pada beberapa masakan, misalnya pada makanan siomay mayo. Mayonaise sendiri bisa dibuat tanpa mustard, karena memang ada mayonaise tanpa mustard biasanya diganti dengan sari buah lemon.

Foto Resep Mayonaise Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak
Gambar Homemade Mayonnaise Putih (white)

Mayonaise, atau sering disebut mayo saja, merupakan saus yang kental, biasanya berwarna putih, krem, atau kuning muda, yang biasanya digunakan sebagai tambahan dalam makanan seperti burger, salad, kentang goreng, sandwich, takoyaki, makanan mayonaise hokben, dan masih banyak lagi.

Saya termasuk penggemar mayonaise karena rasanya yang gurih dan creamy. Makan sandwich atau burger apalagi salad buah atau salad sayur dengan banyak saus mayonaise rasanya lebih enak.

Menurut situs Wikipedia. Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus atau saos yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada salad atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

Di Amerika Utara, mayones digunakan sebagai olesan sandwich, saus untuk french fries di Eropa (terutama di Belanda, Belgia, Luxemburg dan telah meluas ke Inggris, Perancis, sebagian Kanada dan Australia). Di Perancis mayones digunakan sebagai saus makan telur rebus atau hidangan ayam dingin, sedangkan di Jepang digunakan sebagai saus berbagai macam makanan seperti okonomiyaki, yakisoba, takoyaki, ebi furai dan pizza.

Mayones termasuk saus dalam masakan Perancis, sehingga mayones dapat dijadikan berbagai bahan dasar untuk membuat beraneka ragam saus dingin dan dressing seperti :
  • Aioli: mayones dari minyak zaitun yang dicampur bawang putih
  • Saus tartar: mayones dengan asinan ketimun dalam botol dan bawang bombay, tetapi kadang-kadang juga ditambah capers, buah zaitun dan lumatan telur rebus
  • Russian dressing (Marie Rose sauce): mayones dengan saus tomat, yogurt dan krim kental
  • Saus Thousand Island: Russian dressing dengan pickles dan rempah-rempah
  • Fry sauce: campuran mayones, rempah-rempah, saus tomat dan saus berwarna merah yang lain (Tabasco atau Buffalo wing) sebagai saus untuk french fries
  • Mayonesa: mayones rasa lime, umum dijual di Amerika Utara di toko bahan makanan Meksiko atau Spanyol.
Sejarah asal usul mula namanya. Menurut Oxford English Dictionary, mayones pertama kali digunakan dalam buku masakan berbahasa Inggris pada tahun 1841. Mayones konon diciptakan oleh ahli masak (chef) Perancis yang bernama Louis François Armand du Plessis, duc de Richelieu pada tahun 1756 untuk merayakan kemenangan Perancis merebut pelabuhan Mahon (ibu kota Minorca di Kepulauan Balearic). "Mahón" merupakan ejaan Bahasa Perancis untuk pelabuhan Mahon sehingga saus yang diciptakan bernama "sauce mahónnaise" (saus dari Mahon). Sauce mahónnaise merupakan asal usul kata "mayonnaise", tetapi cerita ini konon kurang bisa dipercaya.

Sumber lain yang lebih bisa dipercaya mengatakan nama sauce Mayonnaise diambil dari nama Charles of Lorraine, Duke of Mayenne asal barat laut Perancis. Konon saus dingin yang dimakan bersama ayam oleh Charles de Lorraine, duc de Mayenne disebut "Mayennaise".

Cara pembuatan atau pengolahan mayonaise. Ada berbagai macam cara pembuatan mayones. Mayones biasanya dibuat dari campuran minyak, kuning telur, cuka, garam dapur dan mustard. Alat pengocok mayones bisa berupa handmixer, food processor, blender, atau dikocok secara manual dengan memakai pengocok telur atau garpu.

Mayones juga bisa dibuat dari putih telur saja asal dikocok dengan kecepatan tinggi menggunakan food processor. Tekstur dan rasa mayones yang dihasilkan juga mirip dengan mayones dari kuning telur.

Pada resep tradisional Perancis, minyak zaitun atau minyak safflower sebagai bahan utama pembuat mayones.

Mayones buatan sendiri mengandung kadar lemak hingga 85%, sedangkan mayones produksi pabrik mengandung kadar lemak sekitar 70-80%. Mayones rendah lemak mengandung tepung dan bahan pengisi lain untuk meniru mayones yang asli.

Mayones dibuat dari kuning telur mentah sehingga bisa menyebabkan sumber infeksi salmonela. Pastikan telur sudah dicuci bersih dan gunakan telur yang masih segar jika ingin membuat mayones sendiri. Mayones buatan sendiri hanya tahan beberapa hari di dalam lemari es.

Sejarah mayonese produksi pabrik. Toko makanan segar (delicattesen) Richard Hellmann di New York merupakan toko pertama yang menjual mayones dalam toples pada tahun 1905. Mayones buatan Nyonya Hellmann dipasarkan secara besar-besaran pada tahun 1912 dengan merek Hellmann's Blue Ribbon Mayonnaise.

Pada saat yang hampir bersamaan, Best Foods mulai menjual mayones di pantai barat Amerika sebagai saingan Hellmann's Mayonnaise yang berjaya di pantai timur. Best Foods membeli merek Hellman pada tahun 1932 dan kedua merek menjadi tetap menjadi penguasa pangsa pasar mayones di pantai barat dan pantai timur Amerika Serikat hingga sekarang.

Di bagian tenggara Amerika Serikat, Nyonya Eugenia Duke dari Greenville, South Carolina pada tahun 1917 mendirikan perusahaan bernama Duke's Product Company yang menjual sandwich. Mayones buatan Nyonya Eugenia Duke menjadi sangat terkenal sehingga menjadi satu-satunya produk andalan yang dijual perusahaan. Mayones Nyonya Eugenia Duke dibeli oleh perusahaan C.F. Sauer pada tahun 1929. Sampai sekarang Duke's Mayonnaise tetap merupakan mayones lokal yang tidak dijual di wilayah lain di Amerika dan satu-satunya mayones Amerika yang tidak mengandung gula.

Mayones Jepang dibuat dari cuka beras dan mempunyai rasa yang berbeda dibandingkan dari mayones barat yang dibuat dari cuka hasil distilasi. Mayones Jepang bukan dijual di dalam toples, melainkan di dalam botol plastik tipis tembus pandang yang bisa dipencet. Mayones merupakan salah satu bumbu dalam masakan Jepang. Pure Select produksi Ajinomoto dan Kewpie adalah dua merek mayones yang menguasai pangsa pasar dalam negeri Jepang. Dalam bahasa Jepang, penggemar berat mayones yang selalu menambahkan mayones ke dalam semua makanan yang dimakan disebut mayora. Berikut kumpulan aneka resepi mayonnaise sauce sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis.

RESEP MAYONAISE SEDERHANA TANPA MUSTARD


BAHAN :
  • 2 btr kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 290 ml minyak zaitun/minyak jagung, bisa diganti dengan minyak kelapa/kelapa sawit
  • 1 sdm air jeruk lemon/nipis
  • 1 sdt saus mustard atau tanpa mustard
CARA MEMBUAT MAYONAISE SEDERHANA TANPA MUSTARD :
  1. Kocok kuning telur, garam, serta mustard denagn mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan minyak zaitun atau minyak jagung setetes demi setetes, biarkan setetes tersebut tercampur rata, lalu masukkan setetes lagi. (lakukan setetes demi setetes).
  3. Bila adonan telah mengembang atau kaku, masukkan perasan air jeruk lemon dan kocok hingga tercampur rata. Anda tidak perlu khawatir karena setelah air jeruk dicampurkan, maka adonan akan turun.
  4. Bila terlalu kental mayonaisenya, tambahkan saja 1-2 sdm air mendidik dan kocok lagi hingga rata.
  5. Sajikan bersama salad atau makanan lain.
TIPS & TRICKS :
  • Tips agar sukses dalam pembuatan mayonaise inilah rahasianya yang harus diperhatikan yaitu pada saat percampuran minyak zaitun atau minyak jagung nya, harus dilakukan setetes demi setetes sampai tetes terakhir. Cara yang paling mudah yaitu dengan memasukkan minyak tersebut kedalam botol cuka atau kecap yang ujungnya berlubang kecil.
  • Selain itu perlu juga diperhatikan pada kecepatan mikser (mixer) yang harus konstan sampai mayonnaise selesai dibuat.
  • Satu lagi yang perlu diperhatikan dan tak kalah pentingnya dalam cara membuat mayonaise ini atau mayo ini adalah kocokan kuning telur juga harus mengembang sebelum memasukkan minyak zaitun atau minyak jagung tersebut.
Saat ini, aneka kreasi olahan dan variasi mayonaise instan sachet atau kemasan botolan memang sudah banyak sekali tersedia di pasaran dengan berbagai merk dan cita rasa macam-macam. Namun bagi Anda yang ragu-ragu dengan kualitasnya, dan memilih untuk membuat sendiri di rumah krim pencelup beragam makanan lezat ini! Caranya pun gampang banget bahan-bahannya pun ekonomis dan murah meriah karena bisa dibuat mayonaise tanpa mustard dan tanpa telur (eggless), bahkan Anda bisa membuat sesukanya dengan berkreasi, misalnya membuat mayonaise alpukat, mayonaise kuning, mayonasie putih, mayonaise pedas, dan aneka rasa mayonaise lainnya. Anda bahkan bisa memilih bahan-bahan paling berkualitas jika mau, sehingga tak takut bila Si Kecil turut mencicipi mayonaise sehat dan higienis tanpa pengawet buatan tangan Anda sendiri.

RESEP MAYONAISE RUMAHAN


BAHAN BAKU :
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm mustard
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • Minyak zaitun/sayur atau minyak jagung
PERALATAN :
  • Pengocok telur
  • Mangkuk
CARA MEMBUAT MAYONAISE RUMAHAN :
  1. Kocok kuning telur perlahan dan campurkan bahan-bahan bumbu sembari terus mengocok.
  2. Kocok rata semua bahan dasar sebelum mulai menambahkan minyak.
  3. Setelah rata, tambahkan setetes demi setetes minyak zaitun ke dalam adonan kuning telur.
  4. Kocok terus hingga adonan mulai mengental dan sedikit naik.
  5. Setelah telur cukup mengental, tambahkan minyak lebih cepat dari sebelumnya. Terakhir, setelah mayonaise kira-kira mulai terbentuk seperti yang diharapkan, dapat ditambahkan air perasan lemon atau cuka sekitar 1 sendok makan.
TIPS & TRICKS :
  • Pilih minyak zaitun ringan atau light olive oil, minyak kacang tanah, atau minyak sayur saat membuat mayones. Hindari menggunakan minyak zaitun berjenis extra virgin karena rasanya terlalu kuat.

RESEP MAYONAISE ALA IRENESKITCHENBWI


By : Ireneskitchenbwi

BAHAN :
  • 2 butir kuning telur
  • 30-40 gram gula pasir atau sesuaikan selera
  • Garam sejumput
  • 240 gram minyak, minyak yang digunakan bisa minyak goreng biasa, minyak kedelai, minyak jagung, atau olive oil minyak zaitun
  • 1/2 - 1 sdt cuka masak atau sesuaikan selera
  • 1 sdt mustard (jika ada) bila tidak ada bisa buat mayonese tanpa mustard
  • 3-4 sdm air panas (siapkan terakhir saja jika memang diperlukan)
CARA MEMBUAT MAYONAISE ALA IRENES :
  1. Kocok kuning telur bersama gula pasir dan garam sampai mengental dengan mixer kecepatan rendah.
  2. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit ke dalam kocokan kuning telur. Lebih baik minyak sudah disiapkan dalam wadah seperti gelas ukur atau botol, jadi sembari tangan kanan menjalankan mixer, tangan kiri menuangkan sedikit minyak.
  3. Menuangkan minyaknya sedikit saja ya. kira-kira 1/2 sendok teh. Kocok dulu sampai rata benar, baru tambahkan lagi 1/2 sendok teh, demikian seterusnya.
  4. Lama kelamaan akan terbentuk adonan yang kental. Ketika minyak sudah tinggal kira-kira separuh dari jumlah awal, baru bisa dituangkan agak lebih banyak.
  5. Setelah minyak habis, akan terbentuk adonan yang sangat kental. Tambahkan cuka secukupnya. Cicipi rasanya sampai didapatkan rasa yang pas sesuai selera.
  6. Tambahkan 1 sendok teh mustard jika ada atau punya. Pada saat membuat kemarin, saya belum mempunyai mustard, jadi tidak menggunakannya. padahal hasilnya bagus jika pakai mustard.
  7. Pada saat ini, mayonaise akan sangat kental. Karena saya akan menggunakan sebagai saus yang bisa dituang, bagi saya adonan masih terlalu kental. Karena itu siapkan air panas di gelas. Kocok lagi adonan dengan mixer, sambil tambahkan air panas kira-kira 1 sendok makan saja. Adonan akan mengencer. Jika masih kurang encer, bisa ditambahkan lagi air panas, sampai diperoleh kekentalan yang diinginkan. Kemarin saya menggunakan sekitar 3 sendok makan air panas untuk mencapai mayonaise yang kekentalannya pas.
  8. Hasil cukup untuk memenuhi 1 botol saus ukuran sedang.
TIPS & TRICKS :
  • Jika bisa, diusahakan menggunakan mustard. Ternyata pengaruhnya cukup besar dengan adanya mustard ini. Sebelum mustard dimasukkan, adonannya kental sekali.
  • Kemarin waktu membuat kedua kali, setelah ditambahkan mustard ternyata langsung mengubah teksturnya jadi lembut dan pas kekentalannya.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MAYONAISE SENDIRI