CARA MEMBUAT ONDE ONDE KACANG HIJAU


Resep Onde Onde Kacang Hijau Sederhana Spesial Asli Enak. Untuk kue onde -onde kacang merah tinggal Bunda mengganti isi kacang ijo menjadi isi kacang merah. Tentu tidak menggunakan trik sulap ataupun sihir, cukup mengganti bahan kacang hijau dengan kacang merah. Ciri khas onde-onde itu bentuknya bulat seperti bola pingpong, kulitnya bertabur wijen dan ada isinya untuk onde-onde basah yang bertekstur lembut dan empuk, sedangkan untuk kue onde onde kering biasanya ukurannya kecil tanpa isi dengan tekstur garing crispy dan renyah. Onde onde masih termasuk golongan kue basah tradisional. Onde onde klasik itu isi kacang hijau atau kacang ijo, onde onde pandan hijau/ijo, onde onde kentang, dll. Namun kini telah muncul aneka kreasi dan variasi onde onde dengan macam jenis dari onde onde mini atau ukuran kecil hingga olahan aneka isi dari bahan tradisional hingga modern, seperti isi keju, isi coklat, dll

Foto Resep Onde Onde Ijo Pandan Kacang Hijau Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Onde Onde Pandan Hijau Isi Kacang Hijau

Menurut situs Wikipedia. Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Sejarah asal usul mula onde-onde dapat ditelusuri di Tiongkok saat zaman dinasti Tang, di mana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui (碌堆). Makanan ini kemudian dibawa oleh pendatang sana menuju ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia timur dan tenggara.

Tiongkok
Onde-onde/jin deui di daerah Cina utara disebut matuan (麻糰), di daerah timur laut Cina disebut ma yuan (麻圆), dan di Hainan disebut zhen dai (珍袋). Zhen dai terkadang dapat disebut sebagai zhimaqiu (芝麻球) yang diartikan sebagai bola wijen dalam bahasa Inggris. Di Hong Kong, makanan ini dapat ditemui di hampir seluruh toko kue.

Malaysia
Di Malaysia, onde-onde disebut sebagai kuih bom. Kuih bom biasanya diisi dengan parutan kelapa manis atau kacang, namun ada juga yang diisi dengan pasta kacang merah.

Indonesia
Di Indonesia onde-onde berbentuk bulat,berwarna coklat dan berlapis wijen. Di dalamnya terdapat kacang hijau atau ketan hitam. Sedangkan di Padang onde-onde disajikan dalam bentuk bulat,berwarna hijau,kenyal,ditaburi kelapa,dan di dalamnya ada gula merah cair.

Vietnam
Di Vietnam, makanan ini dikenal sebagai bánh cam di daerah Vietnam selatan dan bánh rán di daerah Vietnam utara. Bánh rán diberi pengharum bunga melati. Isinya biasanya lebih kering dari onde-onde pada umumnya berupa pasta kacang hijau manis. Selain itu, bisa juga diisi dengan daging cincang, bihun dan ubi, jamur, dan berbagai bahan makan khas Vietnam lainnya. Penganan ini biasa dihidangkan bersama sayuran dan saus celup.

Filipina
Di Filipina, onde-onde disebut butsi.

Berikut resepi onde onde isi kacang hijau atau kuih bom sajian sedap istimewah lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis.

RESEP ONDE ONDE KACANG HIJAU


BAHAN KULIT :
  • 250 gram tepung ketan
  • 25 gram tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 15 gram gula pasir
  • 1 btr telur
  • 150 ml air hangat
  • 100 gram wijen
  • Minyak goreng
BAHAN ISI :
  • 100 gram kacang hijau kupas
  • 75 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 50 ml santan
CARA MEMBUAT ONDE ONDE KACANG HIJAU :
  1. Cara Membuat Isi Onde Onde Kacang Ijo : kukus kacang hijau hingga matang dan empuk. Angkat, lalu haluskan selagi panas. Campur kacang hijau bersama gula pasir, daun pandan, garam, vanili dan santan, aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sampai adonan isi bisa dipulung. Dinginkan. Ambil adonan isi 10 gr, lalu bulatkan. Sisihkan.
  2. Cara Membuat Kulit Onde Onde Kacang Ijo : campur tepung ketan, tepung sagu, garam, vanili, gula pasir dan telur aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit, sambil diuleni sampai kalis dan dapat dipulung, sisihkan.
  3. Ambil 15 gram adonan kulit, pipihkan. Taruh adonan isi, bentuk bulat hingga kacang hijau tertutup.
  4. Celupkan sebentar ke dalam air, lalu gulingkan dalam wijen.
  5. Goreng onde-onde dengan api kecil. Setelah onde-onde mengapung, besarkan sedikit apinya, goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan untuk 20 buah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ONDE ONDE KACANG HIJAU