CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA ANTI SOBEK


Resep Kulit Lumpia Anti Sobek Sederhana Pakai Teflon Spesial Asli Enak. Membuat kulit lumpia agar supaya tidak mudah sobek atau robek merupakan tantangan. Ada bahan dan teknik membuatnya dan tentu ada tips dan trik nya agar tak mudah robek atau sobek bahkan pecah, koyak dan retak. Sebenarnya kita tak perlu repot membuat sendiri karena di pasar-pasar tradisional dan supermarket besar lengkap banyak yang menjual kulit lumpia instan atau kulit lumpiah bahasa Sunda nya yang telah siap pakai atau siap untuk digunakan pada berbagai aneka kreasi olahan dan variasi lumpia.

Foto Resep Kulit Lumpia Anti Robek Sederhana Pakai Teflon Spesial Asli Enak
Gambar Kulit Lumpia Anti Robek

Macam-macam dan jenis-jenis kudapan kue lumpia di jaman sekarang sudah bervariasi dan berinovasi, apalagi dipadupadankan dengan berbagai resep lumpia modern, sehingga kue lumpia telah menjadi kudapan favorit yang disukai bagi semua kalangan di Indonesia. Menurut bahasa boga Internasional, lumpia terkenal dengan sebutan spring roll dalam bahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri, kita mengenal berbagai macam jenis lumpia tradisional berdasarkan jenis isiannya karena di Indonesia lumpia lebih cocok dikategorikan sebagai makanan selingan atau cemilan atau makanan jajanan kalau di Sunda, Bandung sering disebut lumpiah. Kunci sukses pembuatan lumpia terletak pada kualitas kulit anti gagal serta padu padan bahan isiannya. Baca Juga : Resep Lumpia Semarang

Jenis-jenis lumpia :
Cara membuat Lumpia basah :
  1. Lumpia ini adalah produk yang pertama kali kita buat.
  2. Lumpia basah ini yang dimasak hanya isinya saja dan setelah itu isinya dimasukin ke dalam kulit kemudian dilipat dan digoreng.
Cara membuat lumpia kering :
  1. Hampir sama dengan lumpia basah namun bedanya dalam lumpia basah kulit lumpia yang digunakan tidak dimasak terlebih dulu yang dimasak adalah bahan isinya.
  2. Kalau lumpia kering baik kulit dan isinya harus dimasak dulu.
Cara membuat lumpia bakar :
  1. Ini dia satu lagi teman minum teh atau kopi hangat, yaitu lumpia bakar atau lumpia panggang.
  2. Jika biasanya lumpia digoreng sehingga menyerap banyak minyak goreng, Cara membuat lumpia yang digoreng tanpa minyak alias dipanggang atau dibakar. Bagi yang sedang ingin menurunkan kolesterol kudapan ini cocok bisa dijadikan alternatif kuliner sehat.
Apa sih beda lumpiah dan risoles? Perbedaannya secara kasat mata sebenarnya hampir-hampir mirip alias serupa tapi tak sama. Pertama risoles berbentuk sedikit lebih lebar dari lumpia dan lebih pipih alias tipis. Sedangkan lumpia cenderung lebih panjang (lonjong) dan lebih berisi.

Kedua kulit risoles berbeda dengan kulit lumpia. Kulit risoles terlihat lebih tebal, lembut dan empuk dibandingkan kulit lumpia yang lebih tipis dan mudah robek atau sobek. Selain itu, kulit lumpia juga terlihat lebih tipis dan garing dibandingkan dengan kulit risoles yang cenderung lebih terlihat empuk dan lembut. Alasan mengapa kulit lumpia lebih tipis adalah karena tidak mencampur adukkan bahan dasar susu dan campuran tepung beras ketika membuat adonan kulit lumpia tersebut seperti adonan kulit risoles.

Sedangkan yang ketiga dilihat dari aneka isiannya. Bahan isian dari risoles dan lumpia pun berbeda-beda. Biasanya, isian atau filling dari lumpia adalah rebung, daging ayam serta udang dan terkadang suka juga disertakan bihun. Sedangkan isian risoles terdiri dari potongan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan lain-lain. Namun, sekarang isian risoles semakin bervariasi termasuk risoles isi telur mayonaise dan risoles isi smoked beef atau daging asap. Nah, bagaimana dengan kroket dan pisang aroma? kalau kedua makanan ini sudah hasil kreasi makanan olahan kulit lumpia modern, yang jelas persamaan ketiga makanan tersebut sama-sama ada kulit dan ada isian. Berikut tips rahasia resepi kulit lumpia anti robek atau agar tahan sobek alias tidak mudah sobek ketika diolah, diberi isi dan dimasak, baik itu dikukus, digoreng, ditumis, bahkan dibakar atau dipanggang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk jualan usaha bisnis aneka makanan dari kulit lumpia yang tahan lama. Sedangkan untuk cara membuat kulit risoles dan cara membuat kulit kroket akan dibahas pada artikel selanjutnya hanya di blog carabuatresep.blogspot.com CBR!.





RESEP KULIT LUMPIA


BAHAN :
  • 500 gram tepung terigu Cakra
  • 3 butir telur
  • 250 ml susu cair (susu kotak uht)
  • 700 ml air ( bila kurang bisa tambah lagi )
  • 2 sdm margarin cair
  • Garam secukupnya
  • Merica (lada bubuk instan) secukupnya
CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA ANTI ROBEK :
  1. Siapkan wadah, campur semua bahan dan aduk sampai rata, kemudian saring.
  2. Panaskan wajan teflon atau wajan kuali. Tuang satu centong sayur adonan ke dalam wajan.
  3. Tunggu sampai bagian pinggirnya mengering. lalu angkat. Kalau pas ditaruh kulit berlipat, jangan langsung dibetulkan. Tunggu agak dingin dulu, baru dibetulkan. Ketika sudah dingin kulit tidak mudah robek.
  4. Siap dipakai.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA ANTI SOBEK