CARA MEMBUAT GAJAR KA HALWA INDIA


Resep Halwa Wortel (Carrot Halwa) ( Gajar Ka Halwa) Khas India Sederhana Spesial Asli Enak. Menu dessert khas India berbeda dengan dessert-dessert atau hidangan penutup dari Eropa, Amerika atau Asia yang banyak mengunggulkan sajian bercita rasa manis dengan penyajian yang dingin segar dengan penampilan yang cantik, unik dan menarik. Tentu banyak aneka kreasi dengan variasi olahan resep halwa atau gajar ka halwa ini selain halwa wortel (carrot) atau puding wortel parut yang manis ala Hindi ini.

Foto Resep Halwa Wortel (Carrot Halwa) ( Gajar Ka Halwa) Khas India Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Halwa Wortel ( Gajar Ka Halwa) India

Gajar Ka Halwa atau Puding Wortel Parut (Carrot Halwa) adalah sejenis makanan populer asal India Utara yang banyak dikonsumsi saat Idul Fitri sebagai sajian menu lebaran. Citarasa dari kapulaga hijau (Cardamom) terasa dominan di dessert manis yang hangat ini. Apalagi dengan tambahan taburan kismis dan kacang almond semakin mantap dan nikmat untuk dikonsumsi oleh lidah orang Indonesia. Ada banyak kuliner India (Indian Cuisine) resep masakan khas India atau resep makanan India diantaranya ada Jalebi, Samosa, manisan Ladoo, dll. Baca Juga : Ladoo

Hidangan penutup India juga bercita rasa manis namun memiliki perbedaan yang terlihat jelas dari bahan-bahan yang dipakai dan bentuk serta tekstur kue atau puding ini, selain halwa khas India Bollywood ini juga ada resep halwa khas Arab, resep halwa khas Puri, resep halwa khas Pakistan, dan halwa khas Timur Tengah lainnya. Berikut resepi halwa India (Gaajar Ka Halwa) atau puding wortel parut atau serut sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP HALWA INDIA (GAJAR KA HALWA)


BAHAN :
  • 1 kg wortel, cuci, kupas dan parut
  • 10 gram bubuk cardamom atau kapulaga hijau
  • 1 liter susu cair
  • 50 gram kismis
  • 50 gram kacang almond slice
  • Gula secukupnya
  • 30 gram ghee atau minyak samin atau mentega dari lemak hewani
CARA MEMBUAT GAJAR KA HALWA KHAS INDIA :
  1. Campurkan wortel dengan susu cair. Rebus dengan menggunakan api kecil selama 20 hingga 25 menit. Aduk secara perlahan hingga agak mengering. Angkat dan sisihkan.
  2. Lelehkan ghee, masukkan kacang almond dan masak hingga berwarna kuning keemasan. Masukkan wortel dan kismis. Masak hingga semua bahan tercampur rata dan cairan mulai mengering, Angkat.
  3. Sajikan puding wortel parut dengan taburan bubuk cardamom hijau.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT GAJAR KA HALWA INDIA