CARA MEMBUAT NASI GORENG MERAH SAUS TOMAT KHAS MAKASSAR


Resep Nasi Goreng Merah Saus Tomat Khas Makassar Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi goreng sejak lama menjadi andalan menu kuliner favorit di tanah air. Menu ini, selain mudah didapatkan, juga gampang dibuat sendiri di rumah. Cita rasanya akrab di lidah berbagai kalangan orang. Dapat dikonsumsi kapan saja, juga dengan berbagai bahan tambahan tanpa mengurangi kelezatan nasi goreng. Kini nasi goreng merah telah menyebar ke Surabaya, Jawa Timur dengan resep nasi goreng merah khas Surabaya, resep nasi goreng merah kha Palembang, Sumatera Selatan, resep nasi goreng merah Chinese Food, dll. Anda juga bisa membuat aneka kreasi dan variasi lain dari olahan nasi goreng merah ini, misalnya resep nasi goreng merah putih.

Dari sekian banyak aneka kreasi variasi olahan nasi goreng, nasi goreng merah khas Makassar, Sulawesi Selatan (SULSEL) salah satu masakan yang paling populer untuk saat ini walaupun belum mengalahkan terkenalnya resep nasi goreng Jawa atau nasi goreng kampung. Seperti namanya, nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng umumnya yang berwarna kecokelatan. Warnanya merah terang. Sebenarnya ada juga warna nasi goreng putih original, nasi goreng hijau/ijo, dsb.

Foto Resep Nasi Goreng Merah Saus Tomat Khas Makassar Sederhana Spesial Sambal Pedas Asli Enak
Gambar Nasi Goreng Merah Saus Tomat Khas Makassar

Warna merah bukan karena bahannya dari beras merah. Bukan pula dari zat pewarna makanan. Nasi yang digunakan masih tetap sama yakni beras putih atau nasi putih. Warna merahnya berasal dari saus tomat dibuat dengan resep khas Makassar bila dipadu dengan sambal merah Makassar warnanya akan bertambah merah menyala.

Di kota Makassar, ada banyak warung yang menjajakan nasi goreng merah saus tomat gurih pedas ini. Salah satu yang terkenal berada di jalan Gunung Bulusaraung. Warung Nasi Goreng Oke namanya. Di tempat yang sudah buka sejak tahun 1989 ini, nasi goreng merah dengan variasinya menjadi menu unggulan disana. Kenikmatan dari resep masakan yang diwariskan turun-temurun sudah sudah terkenal ke mana-mana di Indonesia.

Nasi goreng merah menggunakan bahan bumbu seperti varian lain nasi goreng. Misalnya bawang putih, merica, garam, dan cabai merah. Yang istimewa adalah tambahan bahan saos tomat yang diracik sendiri. Jangan ngeri dengan tampilannya yang garang. Karena nasi goreng merah menawarkan cita rasa gurih dan manis yang dominan, ditambah sedikit pedas.

Seporsi nasi goreng merah disajikan dengan tambahan daging ayam, udang, dan potongan sayur. Juga dilengkapi taburan bawang goreng renyah, mentimun, dan jeruk nipis untuk tambahan sensasi rasa segar. Kombinasi semua bahan tersebut dijamin membuat Anda ketagihan.

Makan di Nasi Goreng Oke sangat pas bagi pemegang falsafah “makanan enak adalah yang porsinya banyak”. Sebab sebagian orang akan beranggapan bahwa, satu porsi atau sepiring nasi goreng di tempat ini lebih cocok jika dinikmati oleh dua orang. Dijamin bikin kenyang.

Ada tiga pilihan porsi nasi goreng. Porsi kecil seharga Rp 24 Ribu, porsi besar Rp 25 Ribu, dan Jumbo senilai Rp 38 Ribu.

Nasi Goreng Oke juga menyediakan aneka menu lain, seperti nasi goreng jakarta, nasi goreng ikan asin, dan nasi goreng seafood. Tak hanya nasi, ada pula aneka olahan mi, seperti mi goreng, mi hokkian, mi kuah, capcay kuah, dan capcay goreng.

Bagi Anda yang sedang lapar dan tergoda makan dengan porsi yang mengenyangkan, tak ada salahnya berkunjung ke Nasi Goreng Oke. Warungnya buka setiap hari, sejak petang hingga jelang tengah malam. Bagi Anda yang jauh lokasinya dan belum ada cabangnya bisa membuatnya sendiri. Berikut resepi nasi goreng merah sedap dan istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP NASI GORENG MERAH SAOS TOMAT


BAHAN :
  • 4 sdm minyak goreng
  • Nasi putih secukupnya, untuk porsi 2 orang
  • 3 butir telur ayam, kocok lepas
  • 100 gram Udang kupas mentah
  • 100 gram Daging ayam, potong dadu
  • 8 potong bakso ikan, dipotong-potong
  • 4 potong Kekean, dipotong-potong
  • Lap Chiong, jika diperlukan
  • Ca Sio, jika diperlukan
  • 2 batang Daun bawang, iris-iris
BUMBU :
  • 4 siung bawang putih, dicincang halus
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 5 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm Kecap asin
BAHAN PELENGKAP :
  • Tomat
  • Acar timun
  • Kerupuk emping
  • Sambal Makassar
CARA MEMBUAT NASI GORENG MERAH SAUS TOMAT KHAS MAKASSAR :
  1. Tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan ayam, udang, bakso ikan, kekean, lap chiong, ca sio tumis sampai setengah matang
  2. Ketuk telur, pecahkan di wajan, tumis sampai berbutir-butir. Masukkan nasi putih, aduk rata.
  3. Tambahkan dengan saus tomat, garam, merica, daun bawang aduk sampai rata, lalu tambahkan juga kecap asin aduk sampai rata sampai beraroma harum. Angkat.
  4. Sajikan bersama acar, tomat, dan kerupuk/keripik emping.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT NASI GORENG MERAH SAUS TOMAT KHAS MAKASSAR