CARA MEMBUAT SHABU SHABU JEPANG HALAL


Resep Shabu Shabu Halal Khas Jepang Rumahan Sederhana Spesial Asli Enak. Shabu-shabu memiliki 4 varian rasa kuah, diantaranya rasa original kuah tawar, kuah tom yam asin, asam pedas, kuah miso bumbu khas Jepang rasanya asin gurih seperti kuah baso/bakso tapi beda, dan yang terakhir kuah kaldu seafood atau kaldu daging sapi dan kaldu ayam seperti resep shabu shabu Hanamasa di bawah ini menggunakan kaldu ayam.

Menurut situs Wikipedia. Shabu-shabu (しゃぶしゃぶ?) atau shabu shabu adalah makanan Jepang (Japanese Food) jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu tofu Jepang, atau kuzukiri.

Foto Resep Shabu Shabu Halal Khas Jepang Rumahan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Shabu Shabu 2 Rasa Kuah

Selain irisan sangat tipis daging sapi, daging lain yang bisa dimakan secara shabu-shabu halal misalnya daging ayam, daging domba, ikan fugu, gurita dan ikan kakap. Gyūshabu adalah sebutan untuk shabu-shabu daging sapi. Di Hokkaido, shabu-shabu daging domba disebut Ramushabu. Shabu-shabu daging babi haram disebut Tonshabu atau Butashabu. Di Nagoya dikenal shabu shabu dengan ayam Nagoya Kōchin yang disebut Niwatorishabu.

Foto Sukiyaki, Irisan Tipis Daging Sapi
Sukiyaki, Irisan Tipis Daging Sapi

Foto Bahan-Bahan Shabu Shabu Japan
Bahan-Bahan Shabu Shabu Japan

Sejarah asal usul mula. Di Beijing dan bagian timur laut Tiongkok dikenal masakan bernama shuan yang rou (Hanzi:涮羊肉) berupa irisan tipis daging domba yang dimasak di panci berisi air mendidih dan biasa dinikmati di musim dingin. Masakan ini kemudian dibawa masuk ke Jepang oleh orang Jepang yang pernah tinggal di Manchuria.

Pemilik rumah makan Jūnidanya yang menjual Ochazuke dan Mizutaki di Kyoto mendengar tentang kebiasaan makan di Tiongkok dari orang yang pernah tinggal di sana. Pemilik rumah makan lalu mendapat ide untuk meletakkan irisan tipis daging sapi di atas nasi dan dimakan secara Ochazuke dengan cara menyiramkan teh hijau panas di atasnya.

Pada tahun 1952, restoran Suehiro di Osaka mulai menghidangkan masakan dari irisan tipis yang diberi nama Shabu-shabu dan berhasil mendapatkan merek dagang untuk masakan ini pada tahun 1955.

Pada zaman dulu, shabu-shabu dimasak di atas kompor arang, sehingga di tengah-tengah panci shabu-shabu sengaja dibuat lubang seperti cerobong untuk memasukkan arang. Di Tiongkok, panci semacam ini disebut huo guo zi (Hanzi:火鍋子). Berikut resepi shabu shabu (steamboat) Japan simple mudah dan praktis sajian sedap istimewa NCC, Hanamasa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang sedap untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha restoran jepang seperti hoka hoka bento.





RESEP SHABU SHABU JEPANG


BAHAN :
  • 2 liter kaldu ayam
  • 8 ekor udang bago
  • 8 slice sukiyaki
  • 10 potong tofu tahu jepang yang sangat lembut
  • 100 gram mie udon
  • 3 tangkai pokcoy
  • Sawi putih secukupnya
  • 1/2 batang wortel, opsional boleh tidak pakai
  • 1 batang daun bawang
BAHAN SAUS PENCELUP :
  • 60 cc soy sauce
  • Lime concentrate secukupnya
  • Wijen tumbuk secukupnya
  • Bawang bombai secukupnya
BAHAN PELENGKAP :
  • Acar jahe merah
  • Wasabi
  • Shoyu (kecap asin jepang sedikit lebih cari dari kecap asin kedelai)
CARA MEMBUAT SHABU SHABU :
  1. Cuci semua sayuran, lalu potong semua bahan agak lebar.
  2. Untuk wortel, bentuk seperti korek api, sedangkan daun bawang memanjang saja.
  3. Bersihkan udang dan kerat pada bagian punggungnya. Untuk tofu, cukup di potong bulat saja.
  4. Rebus mie udon dan tiriskan. Iris tipis sukiyaki.
  5. Tata semua sayuran dalam satu tempat dan atur rai, letakkan tofu, sukiyaki, udang, dan semua dalam satu plate atau piring besar.
  6. Cara Membuat Saus : campurkan semua bahan dan cicipi.
  7. Rebus kaldu sampai mendidih, lalu mulai rebus wortel, pokcoy, sawi putih, bawang bombai, udang sukiyaki, dan tofu.
  8. Letakkan pada mangkuk dan nikmati dengan saus pencelup.
  9. Sajikan selagi panas dengan pelengkap.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SHABU SHABU JEPANG HALAL