CARA MEMBUAT ROTI BAGEL BREAD


Resep Roti Bagel Bread Sederhana Spesial Asli Enak. Membuat adonan dasar roti bagel mudah yang gampang-gampang susah adalah membuat kue bagel ini bertekstur mengembang, lembut dan empuk seperti donat kentang. Ini resep roti bagel original atau versi aslinya Anda bisa membuat atau memodifikasi resep dengan aneka kreasi olahan yang menarik dan unik, seperti roti bagel rainbow pelangi, roti bagel wijen atau tabur bunga matahari (poppy seed), roti bagel coklat, roti bagel keju, dll. Roti bagel berbeda dengan roti bagelen Bandung.

Foto Resep Roti Bagel Bread Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Roti Bagel Bread Keju

Menurut situs Wikipedia apa itu roti bagel atau kue bagel?. Bagel (beigel, (bahasa Yiddish: beygl) adalah salah satu jenis roti tradisional berbentuk seperti cincin seukuran telapak tangan, dibuat dari adonan dasar tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum dipanggang. Bagian dalam mempunyai tekstur yang padat dan kenyal dengan bagian luar berwarna coklat muda, keras dan garing renyah. Kini telah banyak variasi macam-macam jenis roti bagel atau kue bagel terciptalah roti bagel modern.

Bagel tradisional sering diberi perasa seperti garam, bawang bombay, bawang putih, telur, roti pumpernickel dan gandum hitam (rye) yang dicampurkan ke dalam adonan. Adonan bagel modern biasanya ditambahkan perasa seperti tomat dan rempah-rempah dill, bumbu masakan cajun, kayu manis dan kismis, keju, sejenis jintan yang disebut caraway, blueberi dan muesli. Kulit gandum (bran), adonan masam (sourdough), telur ayam, tepung gandum tanpa buang kulit (whole wheat atau whole meal), tepung multi serealia (multigrain), atau muesli juga sering ditambahkan ke dalam adonan sebagai penambah tekstur.

Bialy adalah roti khas New York yang mirip bagel tapi tidak direbus sebelum dipanggang, tidak berlubang di tengah dan bagian luar tidak garing. Bagel sama sekali berbeda dengan donat walaupun keduanya memiliki bentuk yang mirip. Berikut resep roti bagel ncc mudah dan praktis lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP ROTI BAGEL


BAHAN :
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi, ayak
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt ragi instant
  • 350 ml air hangat
  • 1,5 ltr air
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdm minyak goreng
CARA MEMBUAT ROTI BAGEL :
  1. Campur air dan soda kue, rebus hingga mendidih, sisihkan.
  2. Campur terigu, gula, ragi, minyak dan air hangat dalam kom adonan. aduk hingga tercampur rata. tambahkan garam, aduk rata.
  3. Uleni adonan diatas meja marmer yang telah ditaburi terigu selama 10 menit hingga kalis.
  4. Masukkan lagi adonan dalam kom, tutup plastik dan diamkan adonan selama 20 menit.
  5. Bagi adonan menjadi 10 buah, lalu bulatkan. diamkan selama 10 menit.
  6. Tusuk bagian tengahnya hingga berbentuk seperti donat. diamkan lagi adonan selama 20 menit hingga mengembang.
  7. Rebus adonan dalam campuran air soda selama 2 menit untuk tiap sisi kue. angkat, tiriskan dan diamkan kue selama 5 menit.
  8. Atur kue di loyang bersemir minyak, taburi wijen permukaannya. beri jarak antar kue. panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit. angkat,
  9. Sajikan dengan pelengkap selai atau mentega dan secangkir kopi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ROTI BAGEL BREAD