CARA MEMBUAT JENANG WALUH BANYUWANGI


Resep Jenang Waluh Kuning Banyuwangi Sederhana Spesial Asli Enak. Buah waluh kuning atau buah labu kuning selain dibuat bubur juga bisa dibuat makanan atau jajanan misalkan labunya dibuat jenang atau dodol manis tradisional atau dodol waluh. Hasilnya, enak dan kenyal tapi tidak terlalu manis karena gula bisa Anda sesuaikan atau kurangi tergantung selera. Ternyata tidak hanya tepung beras, tepung ketan, buah nangka, jagung yang bisa dibuat jenang jagung, waluh pun bisa dibuat jenang, siapa tahu Anda bisa membuka usaha jualan jenang yang Anda bikin sendiri dan akan mendapatkan income tambahan membantu ekonomi keluarga ditengah badai krisis ekonomi seperti sekarang dan ini adalah peluang usaha bagi Anda.

Foto Resep Jenang Waluh Kuning Banyuwangi Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Jenang Waluh Plastik Kemasan Jualan

Jenang waluh khas Banyuwangi, Jawa Timur juga ada khas Jember. Jenang bisa dibungkus pakai plastik wrap agar supaya tahan lama atau awet bisa juga dibungkus plastik atau kertas minyak ukuran kecil-kecil untuk dijual, selain itu lebih elastis dan praktis tentunya. Sebagai ibu rumah tangga modern, Bunda bisa mengandalkan wajan anti lengket dan pengaduk atau spatula silicone, selain cepat buatnya juga tidak susah dibersihkan dengan cara dicuci. Berikut resep jenang waluh istimewa khas Banyuwangi lengkap dengan cara bikin sendiri dengan mudah dan simple di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP JENANG WALUH


BAHAN :
  • 600 gram labu kuning, dikukus
  • 300 gram gula jawa, serut kasar
  • 250 ml santan instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram tepung sagu tani
  • 200 gram tepung ketan putih
  • 2 lembar daun pandan, cincang kasar
CARA MEMBUAT JENANG WALUH :
  1. Haluskan labu kuning, campur dengan tepung kanji dan tepung ketan putih. Sisihkan.
  2. Masak santan, daun pandan dan gula merah hingga gula larut (bisa di tambah gula pasir jika ingin lebih manis). Saring dan sisihkan.
  3. Tuang larutan santan dalam wajan, masukan campuran tepung dan labu.
  4. Aduk hingga rata dengan api sedang. Teruskan mengaduk hingga mengental dan kalis kira-kira selama 2 jam. Atau sampai jenang tidak lengket jika di sentuh dengan jari tangan.
  5. Tuang jenang dalam dalan loyang datar yang telah di alas plastik/daun. Atau (seperti yang aku lakuin) ambil adonan sesendok (harus dengan sendok plastik, agar tidak lengket) letakan diatas plastik wrap yang sudah di potong persegi. Bulatkan dan plintir/putar hingga tertutup.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT JENANG WALUH BANYUWANGI